6 Manfaat Buah Durian Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

PalingMales.com - Salah satu cara agar hidup lebih sehat adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.
 
Dari sekian banyak buah-buahan, buah durian merupakan pilihan yang tepat untuk anda konsumsi karena mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang cocok untuk kesehatan tubuh.

6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Buah Durian Untuk Ksehatan

Lalu apa manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah durian yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya di dunia yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba mengonsumsi durian. Karena buah durian ini mengandung serat yang mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari tubuh.

Selain itu, kandungan organusulfur pada durian ini membantunya untuk mengatur enzim inflamasi. Maka dari itu, buah durian ini berpotensi menjauhkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Bukan hanya itu, beberapa senyawa dalam durian ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis.

2. Membuat Gula Darah Stabil

Perlu diketahui bahwa buah durian ini memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah dibandingkan buah tropis lainnya.

Jadi, semakin kecil angka indeks glikemik, maka akan semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Selain itu, durian ini juga mengandung mangan yang cukup untuk membanti dalam pengaturan serta pemeliharaan kadar gula di dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah durian selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Soalnya buah durian ini mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk asam folat yang tinggi, yang merupakan elemen penting dalam memproduksi sel darah merah.

Jika kekurangan folat maka sejumlah sel darah merah yang dihasilkan pun akan menurun.

Selain itu, durian merupakan sumber folat yang baik, ditambah dengan zat besi dan tembaga. Maka dari itu, buah durian ini sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang menderita anemia untuk mengatasi kondisinya.

4. Mengatasi Insomnia

Buah durian adalah ternyata dapat mengatasi insomnia. Sebab buah durian mengandung asam amino esensial triptofan.

Lalu triptofan ini diubah menjadi melatoin, merupakan sebuah hormon yang berfungsi untuk mengendalikan siklus tidur. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa triptofan ini berpotensi membantu dalam mengurangi gangguan tidur jangka pendek.

5. Mencegah Depresi

Manfaat durian lainnya adalah bertindak sebagai anti-depresi alami. Hal ini dikarenakan pada durian kaya akan vitamin B6 yang sangat penting untuk memproduksi serotononin.

Perlu diketahui bahwa kadar serotonin yang rendah bisa memicu depresi. Nah, dengan mengonsumsi durian maka kadar serotonin bisa meningkat agar dapat mengatasi depresi.

Bukan hanya itu, buah durian juga mengandung troptofan. Dimana, saat triptofan memasuki otak itu akan dikonversi menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan relaksasi dan kebahagiaan.

Kelebihan serotonin ini kemudian akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang bisa menyebabkan tubuh anda menjadi lebih rileks.

6. Mencegah Penuaan Dini

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah durian juga bermanfat untuk kecantikan, seperti mencegah penuaan dini.

Sebab, buah durian ini kaya akan vitamin C. Yang mana, vitamin C ini merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Jadi, semakin rendah tingkat stres oksidatif, maka akan semakin lambat pula proses penuaan.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon