Pengertian BMI, Manfaat dan Cara Menghitung BMI (Body Mass Index )

PalingMales.com - Masalah obesitas merupakan salah satu masalah yang banyak terjadi di Indonesia. Bahkan bukan hanya di Indonesia saja, rupanya hampir di seluruh dunia ada banyak orang yang mengalami masalah dengan hal tersebut.

Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitung Body Mass Index (BMI)
Obesitas / Kegemukan

Padahal obesitas ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan. Oleh sebab itu melakukan pengukuran BMI merupakan salah satu hal penting yang bisa membantu seseorang menjaga nilai berat badannya secara lebih baik.

Dengan menggunakan indekst tersebut, dapat diketahui dengan cepat apakah berat badan yang kita miliki kurang, normal, atau bahkan berlebih dan mengalami obesitas tadi.

Pengertian Body Mass Index (BMI)

Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitung Body Mass Index (BMI)
Klasifikasi Berat Badan Berdasarkan BMI

Sebagian orang tentu sudah mengetahui apa itu BMI. Tetapi sebagian lagi yang masih awam dengan istilah tersebut bisa jadi belum paham apakah yang dimaksud dengan BMI tersebut.

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. Atau dengan kata lain merupakan indeks berat badan seseorang. Dimana untuk melakukan pengukuran maka harus memperhitungkan berat badan orang tersebut saat itu dan tinggi badan yang dimilikinya.

Dari perbandingan kedua nilai ini akan muncul sebuah angka indeks. Angka indeks inilah yang dijadikan patokan untuk mengetahui apakah berat badan tersebut nilainya normal atau tidak.

Manfaat Menghitung BMI

Tabel Grafik Perhitungan BMI

Tentu saja banyak yang mungkin belum paham apa saja manfaat dari menghitung BMI secara berkala. Bahkan beberapa orang sering kali menghiraukan hal tersebut. Padahal melakukan perhitungan BMI secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat, misalnya yaitu sebagai berikut:

1. Mengetahui Nilai Indeks

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, menghitung nilai indeks BMI artinya membantu mengetahui nilai yang dimiliki oleh badan kita secara berkala. Sehingga bisa melihat apakah berat badan kita termasuk normal atau tidak.

2. Memantau Berat Badan

Nilai indeks yang dipantau secara berkala merupakan salah satu sarana paling baik untuk memantau sejauh mana perkembangan berat badan seseorang.

Bila makin meningkat dari waktu ke waktu, artinya berat badan mengalami kenaikan secara berkala. Disini otomatis seseorang bisa merencanakan pola makan dan aktivitas yang sesuai supaya dapat terus berada di angka indeks yang normal.

3. Menjaga Kesehatan Badan


Menjaga nilai indeks BMI secara langsung artinya menjaga kesehatan badan juga. Terlalu kurus tentu kurang baik, demikian juga bila indeks terlalu tinggi atau gemuk. Dengan demikian maka resiko sakit penyakit juga bisa lebih kecil.

4. Menghindari Obesitas

Melalui pemantauan nilai indeks secara berkala tersebut, maka secara tidak langsung ada sistem yang membantu memperingatkan seseorang jika tubuhnya hendak mengalami obesitas.

Otomatis di sini saat melakukan penilaian maka membantu menyusun pola makan yang tepat supaya tidak mengalami obesitas. Apalagi karena hal tersebut memicu banyak penyakit yang tidak sehat.

Cara Menghitung BMI

Perhitungan Kalkulator Manual BMI
Perhitungan Kalkulator Manual BMI

Melakukan pengukuran BMI secara berkala sangat disarankan. Terutama bagi yang ingin menjaga berat badan atau sedang dalam program untuk mengurangi obesitas. Dengan melakukan hal tersebut maka akan lebih mudah memantau kesehatan badan yang lainnya secara tidak langsung.

Sayangnya bisa jadi banyak yang kurang paham bagaimana cara yang paling tepat untuk mengukurnya. Nah, salah satu yang bisa digunakan dan dimanfaatkan yaitu melalui penggunaan fitur BMI yang tersedia secara gratis di berbagai situs dunia maya.

Jika ingin mencoba fitur kalkulator BMI gratis, coba saja gunakan fasilitas yang diberikan oleh Klikdokter.com. Disini terdapat fitur kalkulator untuk menghitung indeks berat badan tersebut yang dapat memberikan perkiraan berapa nilai dari indeks berat badan yang normal setiap orang. Selamat mencobanya.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon