Resep Masakan Ikan Yang Bisa Kamu Coba Masak Dengan Mudah, Yuk Coba!!!

PalingMales.com - Selera setiap orang tentu berbeda-beda tak terkecuali selera masakan. Tetapi apakah kamu tidak menyukai masakan ikan?

Sangat rugi sekali sebab, negara kita Indonesia memiliki banyak kekayaan alam di sektor lautan salah satunya adalah ikan. Bahkan salah satu mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yaitu Susi Pudjiastuti mengajak warganya untuk memakan ikan.

Tentu saja ikan merupakan makanan yang kaya akan gizi, maka dari itu kamu harus mencobanya. Jika kamu bosan membeli makanan di luar khususnya masakan ikan, maka kamu dapat membuatnya sendiri dirumah.

Jangan khawatir karena kami akan memberikan informasi seputar resep masakan ikan yang bisa kamu coba dengan mudah, berikut simak ulasannya.

Resep Sambal Ikan Sarden

Resep Sambal Ikan Sarden
Foto : Olahan Masakan Sambal Ikan Sarden

Mungkin kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah, tetapi beda cerita jika kita memasaknya sendiri yaitu sambal ikan sarden, berikut resepnya.

Bahan - Bahan :

1 kaleng sarden dalam saus cabai ukuran 425 gram
5 butir bawang merah, iris hingga halus
1 buah tomat iris halus
1 ruas ibu jari lengkuas
1 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun salam
1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon
Minyak goreng sesuai kebutuhan

Bumbu Halus :

4 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit merah
1 ruas jari kunyit
½ sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama yaitu pisahkan ikan sarden dari kaldunya, kemudian goreng sebentar menggunakan sedikit minyak. Ketika permukannya sudah sedikit kering, angkat lalu tiriskan.
  2. Langkah kedua panaskan minyak sekitar satu sendok, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, tomat, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan salam hingga aroma wangi.
  3. Langkah ketiga masukkan kuah sarden ke dalam bumbu yang sudah ditumis, lalu beri perasan jeruk lemon atau nipis dan aduk hingga merata.
  4. Cicipi masakan, jika sudah pas maka masukkan ikan sarden yang sudah digoreng ke dalam bumbu hingga benar-benar merasap.

Langkah terakhir angkan sarden lalu tuang ke dalam piring, dan masakan siap disantap.

Resep Sambal Bajak Teri

Resep Sambal Bajak Teri
Foto : Resep Sambal Bajak Teri

Berikutnya ada resep sambal bajak teri yang tentunya merupakan salah satu jenis makanan favorit di Indonesia. Nah berikut ini kami akan memberikan resepnya.

Bahan - Bahan :


100 gram teri kering
15 buah cabai rawit
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar, buang isinya
1 ruas jahe, memarkan
1 buah tomat
1 sdt terasi bakar
Gula pasir sesuai kebutuhan
Garam sesuai kebutuhan
Minyak goreng sesuai kebutuhan

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama rendam ikan teri terlebih dahulu ke dalam air hangat, lakukan sekitar 15 menit supaya teri menjadi empuk.
  2. Langkah selanjutnya panaskan minyak lalu tumis cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe dan tomat. Haluskan semua terkecuali jahe.
  3. Langkah berikutnya tambahkan garam, terasi, dan gula ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan tadi, setelah itu aduk hingga merata.
  4. Jika sudah, tumis teri dengan menggunakan minyak sampai mengeluarkan aroma harum, lalu tambahkan bumbu halus.
  5. Setelah itu cicipi rasa sembari matang, jika sudah pas dan matang maka masakan siap disantap.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa resep masakan ikan yang dapat kamu buat dirumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon