10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan

PalingMales.com - Musim hujan adalah musim di mana turunnya air di permukaan bumi. Saat musim penghujan bukan merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan treveling. Namun bagi traveler sejati biasanya tidak memandang entah itu musim panas ataupun musim hujan mereka akan tetap berkelana melakukan perjalanan, menjelajahi spot - spot destinasi wisata di penjuru belahan muka bumi, untuk menikmati hal dan nuansa baru yang menyegarkan pikiran.
10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan
Photo : Traveling di saat hujan (Pinterest:)

Nah namun tidak seperti di musim panas, musim semi maupun musim kemarau, berwisata ketika musim penghujan dibutuhkan beberapa peralatan atau barang yang kudu traveller siapkan, supaya tidak mengacaukan perjalanan wisatamu. Nah berikut ini kita mau bagiini beberapa perakan akan berbagi beberapa tips bertreveler yang aman di musim hujan :

1. Kenakan Jas Hujan
10 Perlengkapan Yang Harus Traveller Siapkan Saat Wisata Di Musim Hujan - Kenakan Jas Hujan
Photo : Kenakan Jas Hujan (id.theprintablecoupon.com)

Jas hujan berfungsi untuk menghindarkan tubuh kamu dari air hujan. Jas hujan bisa kamu siapkan dari rumah maupun membelinya ketika berada di kota tempat tujuan wisata. Usahakan mengenakan jas hujan bertipe tipis. Agar praktis dan mudah untuk di bawa kemana - mana selama traveling.

Harga jas hujan tipis ini tidak begitu mahal kok berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per pcs. Dengan memakai jas hujan setidaknya agar kamu tidak terlalu basah kuyup serta juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit akibat air hujan, seperti meriang, demam, pusing, flu dan sebagainya.

2. Bawalah Payung
10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan - Bawalah Payung
Photo : Bawalah Payung (indiatimes.com)
Bagi sebagian besar orang, mengenakan jas hujan dianggap kurang prestige atau mengurangi wibawa seseorang. Maka solusi alternatifnya dengan menggunakan payung. Gunakan payung yang ringan dan mudah dilipat sehingga bisa ditempatkan di sudut - sudut kendaraan anda maupun mudah ditaruh di dalam ruangan tempat anda menginap atau di homestay anda.

Jangan lupa membawa pembungkus payung supaya ketika sudah selesai dipakai air hujan tidak menetes kemana - kemana. Namun ada baiknya menaruh payung diluar ruang sehabis dipakai supaya kering terlebih dahulu.

3. Gunakan Cover Bag
10 Perlengkapan Yang Harus Traveller Siapkan Saat Wisata Di Musim Hujan - Siapkan Cover Bag
Photo : Siapkan Cover Bag (spotsewa.com)

Cover bag atau penutup tas berfungsi untuk melindungi tas beserta isinya dari air. Sehingga saat hujan datang barang yang ada di dalam tas bisa terlindungi aman dari yang namanya kebasahan. Ketika pergi bertraveling di musim hujan, usahakan menggunakan tas ransel atau daypack yang sudah include cover bag di dalamnya. Namun jika tidak memiliki cover bag, usahakan membelinya terlebih dahulu. Sesuaikan cover bag dengan ukuran tas ketika sudah berisi barang - barang packing. 

4. Pakailah Sendal Jepit
10 Perlengkapan Yang Harus Traveller Siapkan Saat Wisata Di Musim Hujan - Sandal Jepit
Photo : Sandal Jepit (blibli.com)

Sendal jepit berfungsi untuk alas kaki sebagai pengganti sepatu anda agar tidak basah. Harganya yang murah dan mudah dikenakan di segala medan cuaca maupun genangan, membuat sandal jepit salah stau pilihan favorit para traveller di kala musim penghujan tiba. Cocok dipakai juga ketika kita ingin pergi keluar dari homestay atau hotel untuk sekedar membeli snack atau makanan di sekitar penginapan.

5. Gunakan Sandal Gunung
10 Perlengkapan Yang Harus Traveller Siapkan Saat Wisata Di Musim Hujan - Sandal Gunung
Photo : Gunakan Sandal Gunung (indivisualism.com)

Keutamaan sandal jepit adalah praktis dan mudah dipakai di segala medan. Namun dalam kondisi tertentu sandal jepit menjadi terlalu licin jika terlalu lama dikenakan. Solusinya ialah dnegan mengenakan sandal gunung. Keutamaan sandal gunung ialah ada pada tali sepatunya yang kokoh kuat sehingga tidak licin jiak terlalu lama dikenakan. Inilah yang membuat sandal gunung bisa juga dipakai di semua medan. Walaupun harganya jauh lebih mahal dari sandal jepit.

6. Membawa Handuk Kecil
10 Perlengkapan Yang Harus Traveller Siapkan Saat Wisata Di Musim Hujan - Membawa Handuk Kecil
Photo : Membawa Handuk Kecil (tokopedia.com)

Tidak ada salahnya kamu membawa handuk ketika berwisata di musim hujan. Handuk kecil berfungsi membersih sisa air hujan yang mengenai tubuh kamu. Umumnya tubuh akan terasa lengket sehabis terkena air hujan jiak tidak segera dibersihkan. Lengket timbul karena sifat air hujan yang berkadar asam. Penggunaan handuk kecil sangat bermanfaat untuk kondisi tertentu kamu sulit menemukan air tawar untuk membasuh bagian tubuh ketika hujan tiba.

7. Mengenakan Jaket Tahan Air
10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan - Jaket Anti Air
Photo : Jaket Anti Air (tokopedia.com)

Musim hujan tidak dipungkiri lagi membuat cuaca di sekitar terkadang suhunya menjadi turun drastis. Jaket berfungsi untuk menghangatkan badan anda. Badan yang hangat akan menghindarkan diri dari segala serangan penyakit. Selain itu mengenakan jaket tahan air juga disarankan agar bagian pakaian dalam tubuh anda tidak basah ketika terkena hujan turun dalam instensitas yang ringan atau sedang.

8. Siapkan Kantung Plastik Kresek
10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan - Siapkan Kantung Plastik Kresek
Photo : Siapkan Kantung Plastik Kresek (food.detik.com)

Barang yang satu ini sepele namun sering terlupakan. Kantong plastik atau bisa kita menyebutnya kresek akan sangat berfungsi untuk membawa alat - alat liburan kita seperti uang, dompet, jam tangan, smartphone agar tidak basah terkena air. Baju yang basah terkena air hujan atau baju yang kotor selama liburan bisa kamu masukan ke dalam kantong kresek.

9. Membawa Pelindung Anti Air / Smartphone Waterproof
Membawa Pelindung Anti Air Waterproof untuk Smartphone -  Pelindung Anti Air Smartphone
Photo : Membawa Pelindung Anti Air Smartphone (tokopedia.com)

Kamu pastinya tidak mau smartphone atau gadged kesayanganmu rusak gara - gara kemasukan air hujan. Sedangkan disatu sisi kamu tidak ingin melewatkan moment - moment liburanmu yang terkadag boleh dikatan begitu singkat. Untuk itu penggunaan waterproof sangat direkomendasikan supaya kamu tetap bisa mengabadikan moment liburan walau cuaca sedang hujan.

10. Konsumsi Buah dan Multivitamin Vitamin
10 Perlengkapan Wisata di Musim Hujan Yang Harus Traveller Siapkan - Konsumsi Buah dan Multivitamin
Photo : Konsumsi Buah dan Multivitamin (khoe.online)

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan obat - obatan karena kita tak tau kondisi ataupun sesuatu yang nantinya bisa saja menimpa ataupun terjadi pada kamu selama musim hujan. Konsumsi vitamin supaya badanmu lebih fit dan bergairah mengexplore indahnya wisata pantai yang kamu tuju. Buah - buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, apel, anggur juga bisa kamu konsumsi untuk penambah daya tahan tubuh kamu selama berwisata di musim hujan.

Nah itu tadi beberapa tips untuk anda para treveler yang mau melakukan perjalanan ketika musim hujan datang. Persiapkan semuanya itu dari sekarang, sebelum hari H keberangkata menuju destinasi pilihanmu. Supaya rencana liburanmu yang sudah kamu rinci sejak lama tidak menjadi berantakan gara - gara musim hujan sudah tiba. Selamat packing dan selamat berwisata kawan :)
ARTIKEL TERKAIT - Travel Tips
Previous
Next Post »