4 Rahasia Hujan yang Mungkin Belum Kalian Ketahui Sebagai Umat Muslim

PalingMales.com - Hujan adalah fenomena alam yang sudah beberapa kali dijelaskan dalam Al-Quran. Hujan sendiri dipercaya merupakan rahmat yang diberikan dari Allah kepada makhluk di bumi. Walaupun kadang datang sebagai bencana, tetapi lebih banyak kebaikan yang akan kita dapatkan dari hujan ini.

4 Rahasia Hujan yang Mungkin Belum Kalian Ketahui Sebagai Umat Muslim
Ilustrasi : Hujan dalam Prespektif Islam

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa hal mengenai hujan yang mungkin belum kalian ketahui sebagai umat muslim. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Hujan Bisa Turun Hanya Karena Kuasa Dari Allah SWT

Seperti yang kita ketahui, hujan merupakan fenomena alam yang bisa terjadi dengan sendirinya. Hujan ini tentu saja bisa terjadi karena Allah yang memberikannya, tidak bisa dibuat oleh manusia dan tidak bisa dicegah. Walaupun sudah ada beberapa penelitian mengenai hujan buatan, sama sekali tak ada tandingannya dengan yang asli.

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

"Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya. Dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Fathir: 2)

2. Tiada Yang Bisa tahu Kapan Turun Hujan
Walaupun kini sudah ada ramalan cuaca yang bisa menebak potensi turun hujan, tetapi tiada seorangpun yang benar-benar tahu kapan hujan akan turun. Semua hal yang disebutkan dalam ramalan cuaca tak lain dan tak bukan hanyalah perkiraan, tentu saja bisa meleset pada akhirnya. 

Allah telah berfirman: 

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

"Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat, dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Luqman: 34)

3. Ada Malaikat Yang Bertugas Menurunkan Hujan
Mungkin kalian mengetahui bahwa malaikat Mikail memiliki tugas untuk memberikan rezeki, tetapi ternyata ia juga memiliki tugas lain yang cukup berkaitan. Dalam Al Mu'jam Al-Kabir, Imam Ath-Thabrani meriwayatkan tentang percakapan Rasulullaah SAW dengan Malaikat Jibril, di antaranya:

قُلْتُ: عَلَى أَيِّ شَيْءٍ مِيكَائِيلُ؟ قَالَ: عَلَى النَّبَاتِ وَالْقَطْرِ

"Aku (Rasulullaah shallallaahu 'laihi wa Sallam) bertanya, 'Tentang apakah Mikail itu ditugaskan? Ia (yaitu Jibril) menjawab, 'Ia ditugaskan mengurus tanaman dan hujan."

4. Suara Petir Adalah Malaikat Yang Membawa Api
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan dalam Hadits Marfu' (sampai kepada Nabi Muhammad SAW) pada Riwayat At-Tirmidzi dan selainnya, Nabi Muhammad SAW ditanya tentang Ar-Ra'du, lalu Nabi Beliau SAW menjawab :

مَلَكٌ مِنْ الْمَلَائِكَةِ مُوَكَّلٌ بِالسَّحَابِ مَعَهُ مخاريق مِنْ نَارٍ يَسُوقُ بِهَا السَّحَابَ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ

"Ar-Ra'du adalah Malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah." (HR. Tirmidzi)
Disebutkan dalam Makarimil Akhlaq milik Al-Khara-ithi, 'Ali pernah ditanya mengenai Ar-Ra'du. Beliau menjawab, "Ar-Ra'du adalah Malaikat". Beliau ditanya pula mengenai Al-Barq. Beliau menjawab, "Al-Barq (kilatan petir) itu adalah pengoyak di tangannya." Dan dalam riwayat lain dari Ali juga, "Al-Narq itu adalah pengoyak dari besi di tangannya".

Doa Ketika Turun Hujan Ketika turun hujan, dianjurkan membaca doa agar setiap tetes air hujan yang turun ke bumi tersebut menjadi manfaat bagi kita semua. Berikut adalah doa ketika turun hujan :

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat."

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan untuk saat ini, mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua!

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon