6 Manfaat dan Pentingnya Penggunaan Colocation Server

PalingMales.com - Collocation atau lebih dikenal sebagai colocation server menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia teknologi informasi. Secara harfiah, istilah ini merujuk kepada penempatan server atau mesin komputer pada suatu lokasi pihak ketiga, serta terkoneksi dengan bandwidth atau jaringan distribusi yang tersedia. Berikut manfaat dan pentingnya collocation yang perlu Anda ketahui sebelum memilih sebuah layanan provider collocation server.

6 Manfaat dan Pentingnya Penggunaan Colocation Server
Ilustrasi : Colocation Server

6 Manfaat dan Pentingnya Penggunaan Colocation Server

1. Tingkat Produktivitas yang Tinggi

Colocation secara mudahnya adalah layanan penyewaan tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server klien pada sebuah data center atau pusat data. Keberadaan collocation memberikan keuntungan berupa meningkatnya produktivitas.

Hal ini dikarenakan pihak perusahaan tidak harus terbebani berkaitan dengan permasalahan IT, sehingga bisa lebih memfokuskan kinerja pada produktivitas lain. Persoalan IT telah dikerjakan oleh pihak ahli yang mumpuni.

2. Tingkat Keamanan yang Tidak Perlu Diragukan Lagi

Manfaat paling penting yang dijanjikan dengan penggunaan collocation yaitu keamanan penyimpanan data tingkat tinggi yang tidak diragukan lagi. Sebuah data center tentu telah memperkirakan segala potensi masalah berkaitan dengan penyimpanan dan keamanan data.

Sebagai contoh NEX yang menyediakan server collocation kelas dunia dengan layanan premium, mulai dari half-rack space, cages, hingga cabinets yang bisa dikostumisasi guna mengoptimalkan pusat data Anda sekaligus menambah nilai bisnis.

3. Sistem dan Teknologi Terstruktur dengan Baik

Colocation yang diberikan oleh provider berkredibilitas tentu telah menggunakan teknologi paling mutakhir dengan update rutin secara berkala.

Baik dari segi fitur fisik maupun anti virus, akan selalu diperbarui sehingga performa sistem lebih handal dan terlindungi dari berbagai virus yang kemungkinan bisa menyerang penyimpanan data. Anda juga tidak perlu khawatir perihal upgrade system, karena provider collocation senantiasa melakukan upgrade setiap ada pembaruan.

4. Tidak Bergantung kepada Penyedia Hosting

Manfaat lain yang ditawarkan oleh collocation antara lain tidak perlu bergantung kepada penyedia hosting meskipun status klien adalah sebagai penyewa.

Dengan menyewa collocation sekalipun, Anda tetap bisa melakukan hal-hal lain seperti instalasi software apapun sesuai kebutuhan secara mandiri, tanpa perlu bergantung pada penyedia hosting.

5. Efisiensi Waktu dan Efektivitas Budget

Colocation sangat berperan penting dalam efisiensi waktu. Ketika Anda telah memilih sebuah layanan penyedia collocation, secara otomatis semua hal yang berkaitan dengan data center akan diurus oleh pihak provider.

Termasuk pemeliharaan dan maintenance data tidak perlu Anda lakukan sendiri karena telah dihandle oleh provider. Selain waktu, penggunaan collocation juga memungkinkan efektivitas budget karena biaya yang dikeluarkan tidak sebesar saat Anda harus membangun data center sendiri. Oleh karena itu bisa menekan anggaran operasional yang harus dikeluarkan sehingga lebih hemat.

6. Layanan Server Selalu Tersedia

Colocation menyediakan server yang berjalan secara mandiri dan otomatis, tanpa harus ditunggu selama 24 jam per 7 hari. Meskipun ditinggalkan, server akan tetap bekerja.

Jika suatu waktu terjadi kejanggalan pada server, sistem yang terdapat pada pusat data center akan menginformasikan dengan segera sehingga cepat diatasi masalah yang muncul. Provider ini umumnya juga mempunyai tim ahli sendiri untuk mengontrol kerja sistem, berupa pengelolaan, perawatan, dan pemeliharaan server collocation.

Itulah 6 manfaat dan pentingnya colocation yang perlu Anda ketahui. Untuk keperluan perusahaan maupun korporasi, tentu diperlukan penyimpanan data penting dengan tingkat keamanan dan teknologi yang canggih. Dengan mengetahui manfaat beserta pentingnya penggunaan collocation server, Anda bisa mempertimbangkannya guna kebutuhan penyimpanan data berskala besar yang aman dan terjamin.

Share this

Add Comments