6 Fungsi dan Kegunaan Oli Mesin pada Kendaraan Mobil

PalingMales.com - Oli mesin merupakan salah salah satu komponen yang berperan penting guna menunjang kinerja dan performa kendaraan bermotor. Oli ini umumnya terbuat dari bahan dasar oli mineral, full sintetik, dan semi sintetik.

 6 Fungsi dan Kegunaan Oli Mesin pada Kendaraan Mobil
Ilustrasi : Oli Untuk Mesin Mobil

Oli jenis ini memang dirancang agar melindungi komponen mesin yang beroperasi di tengah kondisi berat, sehingga memberikan performa kerja mesin yang maksimal. Berikut fungsi dan kegunaan oli pada mesin mobil yang perlu Anda ketahui.

6 Fungsi dan Kegunaan Oli Mesin pada Kendaraan Mobil

1. Sebagai Pelumas Mesin Mobil

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas. Oli ini berperan untuk mempermudah komponen-komponen yang ada di mesin mobil bergerak.

Oli pada mesin disirkulasikan menuju tiap komponen melalui pompa oli ketika mesin dihidupkan. Setelah oli bergerak melewati bagian mesin akan terbentuk lapisan film yang berfungsi melumasi komponen tersebut, sehingga mesin terjaga dari keausan dan kerusakan.

2. Meningkatkan Performa Mesin Kendaraan

Pemilihan dan perawatan oli yang tepat bisa meningkatkan performa mesin kendaraan, sehingga energi yang dihasilkan maksimal.

Komponen mesin kendaraan bisa berfungsi dengan baik sesuai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu penting memilih oli dengan kualitas bagus seperti Mobil, agar performa mesin kendaraan selalu terjaga dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

3. Memperpanjang Usia Komponen Mesin Mobil

Oli mesin mempunyai kandungan zat kimia yang berfungsi mengurangi korosi dalam mesin kendaraan. Selain itu, oli juga mengurangi gesekan antara komponen di dalam mesin.

Jika kedua fungsi tersebut bisa terpenuhi, mesin komponen mesin mobil bisa terjaga dalam kondisi baik untuk waktu lama. Tentunya dengan dibarengi perawatan oli secara rutin dan teratur, agar mesin bisa bekerja secara optimal.

4. Sebagai Pembersih Mesin Mobil

Oli yang terdapat pada mesin mobil mempunyai kemampuan untuk melarutkan kotoran. Debu yang masuk ke dalam mesin melalui seal bisa menimbulkan kotoran yang jika dibiarkan lama bisa mengganggu kinerja komponen mesin.

Kotoran dalam mesin juga bisa muncul akibat gesekan antarkomponen yang menghasilkan serpihan logam halus. Oli berfungsi melarutkan kotoran ini dengan cara mengalirkannya sehingga tidak terjadi endapan partikel logam maupun karbon.

5. Melindungi Komponen Mesin dari Karat

Fungsi penting lain dari oli mesin ialah untuk mencegah terjadinya karat utamanya pada permukaan logam. Cara kerjanya ialah, oli tersebut menutup permukaan metal, sehingga terbebas dari oksidasi yang menjadi penyebab timbulnya karat.

Zat pada oli juga bisa mereduksi proses kimiawi dalam komponen mesin yang memiliki potensi penyebab karat. Hal ini bisa dibuktikan dengan penggunaan oli pada mesin dari bahan metal atau logam akan relatif lebih terlindungi dari karat.

6. Menyerap Panas pada Mesin Kendaraan

Ketika mesin kendaraan dihidupkan, akan terjadi proses pembakaran. Hasil dari pembakaran ini adalah panas yang kemudian diubah menjadi tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Ketika oli melewati bagian mesin yang bertemperatur tinggi, panas dari komponen tersebut akan diserap. Proses penyerapan panas inilah yang bisa menjaga temperatur dalam mesin tetap stabil serta mencegah keausan berlebihan pada komponen mesin.

Itulah 6 fungsi dan kegunaan oli mesin bagi mobil. Agar performa kendaraan Anda selalu prima perlu ditunjang oli berkualitas. Mobil merupakan salah satu merk yang memiliki berbagai produk unggulan, mulai dari pelumas sintesis, oli diesel sintesis dan lain-lain. Anda bisa mengunjungi laman mobil.co.id untuk mendapatkan informasi seputar otomotif dan produk pelumas berkualitas untuk kendaraan.

Share this

Add Comments