10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau

PalingMales.com - Traveling yang menyenangkan pasti menjadi impian semua orang. Apalagi bila kita sudah lama tidak pergi traveling. Itulah sebabnya kita harus mempersiapkan rencana traveling secara matang. Persiapan yang mtang setidaknya mampu meminimalisir hal - hal yang tidak kita inginkan selama traveling.

Photo : Traveling di Kepualauan Karimunjawa (sukawisata.com)

Agar hal-hal tak terduga yang mengacaukan traveling dapat diminimalkan. Jangan sampai beberapa hal berikut ini malah merusak rencana traveling yang sudah kita siapkan. Untuk itu PalingMales.com share mengenai 10 hal yang bisa membuat rencana perjalanan wisatamu kacau, berikut ulasan selengkapnya :

1. Lupa Mengurus Asuransi Perjalanan
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Lupa Mengurus Asuransi Perjalanan
Ilustasi : Asuransi Wisata (realtravelmom.com)

Asuransi perjalanan adalah hal penting yang tak boleh kamu abaikan ketika traveling. Kepemilikan asuransi perjalanan akan memproteksi kamu dan barang bawaan selama traveling. Jangan sampai kamu mengalami gangguan kondisi finansial akibat kecelakaan atau hal-hal tak terduga. Bahkan asuransi perjalanan juga menjadi syarat mutlak bagi kamu yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri seperti ke Eropa.

Sekarang, mengurus asuransi perjalanan semakin mudah dan hemat waktu sejak ada Futuready. Karena Futuready menyiapkan berbagai asuransi perjalanan berkualitas yang bisa dipesan secara online. Supermarket asuransi terbesar se-Indonesia ini bisa menjadi andalan kamu untuk mendapatkan asuransi berkualitas sesuai kebutuhan.

2. Tempat Wisata yang Terlalu Ramai
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Tempat Wisata yang Terlalu Ramai
Photo : Ramainya Pantai Kuta, Bali (travelingyuk.com)

Sebaiknya kamu tidak disarankan untuk traveling pada akhir pekan atau tanggal merah. Karena biasanya destinasi wisata jadi terlalu ramai dan dipadati banyak pengunjung. Hal ini akan membuat kamu merasa kurang nyaman. Kita pun akan kesulitan bila ingin mengabadikan foto-foto di tempat wisata tersebut. Jika kamu menginginkan ketenangan ketika traveling, hindari high season seperti musim liburan akhir tahun.

3. Lupa Membawa Charger atau Powerbank
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Lupa Membawa Charger atau Powerbank
Photo : Membawa Powerbank saat Traveling (123rf.com)

Kita pasti panik bila lupa membawa charger atau powerbank saat traveling. Terutama jika kamu  bepergian ke luar negeri dan sulit menemukan penjual charger. Jangan sampai gadget kamu jadi low bat dan tidak bisa digunakan karena tidak membawa charger. Pastikan kalau charger atau powerbank tersebut sudah tersedia di tas sebelum berangkat traveling.

Untuk powerbank perhatikan juga kapasitasnya. Di beberapa maskapai pesawat terbang tertentu memberlakukan peraturan mengenai ambang batas kapasitas yang boleh dibawa di dalam pesawat terbang per orangnya. Jadi jangan sampai perangkat pengisi dayamu tersita oleh pihak bandara atau maskapai gara - gara hal ini.

4. Tidak Memperkirakan Uang Cash
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Tidak Memperkirakan Uang Cash
Photo : Memperkirakan Uang Cash (Shutterstock)

Memang betul di era yang serba mudah ini meisn ATM bisa dengan kita temukan keberadaanya. Namun semisal kita sedang berwisata di tempat seperti pedesaan, pegunungan atau hutan masihkan kita mengandalkan mesin ATM. Untuk itu perkirakan baik - baik jumlah uang cash yang akan kamu bawa.

Hal ini dimasukan supaya ketika terjadi hal - hal yang tak diinginkan seperti ban mobil bocor, kehabisan bahan bakar kita sudah siap sedia dengan uang cash yang kita bawa.

5. Tidak Memperkirakan Jumlah Baju Ganti
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Tidak Memperkirakan Jumlah Baju Ganti
Photo : Bawalah Baju Ganti yang Cukup (Shutterstock)

Sebelum kamu pergi berlibur pastikan jika baju ganti seperti celana, kaos, sweater cukup digunakan sesuai dengan estimasi liburanmu. Memang betul, di tempat wisata yang bakal kamu kunjungi pastinya banyak penjual toko pakaian.

Tapi alangkah baiknya jika kamu sudah perkiraan berapa banyak jumalah pakaian yang harus dibawa, daripada harus membeli pakaian di tempat wisata. Karena uang untuk membeli pakaian tersebut bisa dialokasikan untuk keperluan wisata lainnya. 

6. Harga Makanan yang Terlalu Mahal
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Harga Makanan yang Terlalu Mahal
Photo : Contoh Daftar Harga Makanan (entrepreneurstart.pw)

Tak dapat dipungkiri kalau makanan yang terlalu mahal juga bisa mengacaukan traveling. Kemungkinan besar budget yang kita siapkan akan habis begitu saja karena makanan yang mahal. Alangkah lebih baik jika kita menanyakan harga makanan terlebih dahulu sebelum membelinya. Sehingga kita bisa menyesuaikan makanan pilihan tersebut dengan budget yang kita miliki.

Terkadang karena kita merasa gengsi sehingga kita bisa kena getok oleh para pedagang yang nakal. Usahakan membaca saksama daftar menu dan harga yang tertera. Supaya kegiatan wisatamu kamu tidak menjadi kacau gara - gara hal ini.

7. Lokasi Hotel yang Jauh dari Destinasi Wisata
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Lokasi Hotel yang Jauh dari Destinasi Wisata
Ilustrasi : Bali Dynasty Resort Hotel (tripadvisor.com)

Alangkah baiknya kamu cermat dan teliti lagi sebelum melakukan reservasi untuk tidur di sebuah kamar hotel. Gunakan maps dan gunakan review - review hotel sebagai pedoman kamu melakukan reservasi hotel. Jarak yang terlalu jauh dengan lokasi wisata membuat tingkat resiko kamu tersesat bisa saja terjadi. Karena ketidaktahuan kita akan lokasi wisata.


8. Membeli Paket Wisata atau Transportasi Via Calo
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Membeli Paket Wisata atau Transportasi Via Calo
Photo : Transaksi Dengan Calo Tiket (liputan6.com)

Terkadang karena kita saking ngebetnya ingin berwisata di suatu lokasi tersebut kita akan mengupayakan dengan berbagai cara. Walupun terkadang tiket masuk tempat wisata tersebut sudah ludes terjual, semisal kita ingin menikmati pagelaran tarian kecak di Pura Uluwatu di Bali, kita akan tetap membelinya. Dengan membeli dari calo maka harga yang kamu peroleh bisa dua hingga tiga kali harga normal.

Solusinya persiapkan jauh - jauh hari atau alngkah baiknya melakukan reservasi online jika penyedia tempat wisata tersebut memfasilitasi hal tersebut. Hal ini juga berlaku untuk pemesanan tiket transportasi seperti bus, kapal atau kereta api. Usahakan membelinya secara online atau melalui agen jangan melalui calo.

9. Reservasi Tiket Transportasi Terlalu Mepet
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Reservasi Tiket Transportasi Terlalu Mepet
Photo : Pemesanan tiket pesawat Online (satgurutravel.com)

Aktivitas Booking transportasi seperti tiket pesawat, kereta api, bus, maupun hotel memang harus melalui sumber - sumber resmi yang terpecaya. Namun perlu diperhatikan ialah jangan terlalu mempet dengan Hari H jadwal keberangkatan rencana liburanmu.

Dari sisi harga jelas reservasi dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan jauh lebih murah daripada reservasi satu minggu sebelum keberangkatan. Selain itu reservasi yang terlalu mepet dikhawatirkan kamu tidak kebagian tempat duduk atau kamar hotel untuk melakukan perjalanan travelingmu.

10. Tidak Memperkirakan Musim dan Cuaca
10 Hal Yang Bisa Membuat Rencana Perjalanan Wisatamu Kacau - Tidak Memperkirakan Musim dan Cuaca
Photo : Mengenakan Sweater ketika Bermain Salju blog.cheapism.com

Jika kamu berlibur dengan tujuan domestik seperti di Indonesia kamu tidak akan terlalu dipusingkan dengan masalah cuaca atau musim. Namun jika kamu berlibur ke luar negeri yang notabene mempunyai 4 musim berbeda dalam satu tahun semisal di Eropa yang memiliki musim salju, musim dingin, musim panas, maupun musim semi.

Jangan sampai kamu tidak membawa sweater di tempat yang bersalju. Begitu pula jangan membawa terlalu banyak sweater jika negara tujuan destinasi wisatamu sedang mengalami musim panas. Update informasimu dengan cara mengunjungi beberapa website atau sosial media terkait kejadian aktual yang terjadi di negara atau tempat wisata tujuanmu.

Itulah 10 hal yang bisa membuat rencana perjalanan wisatamu kacau yang bisa PalingMales.com share. Jika kita bisa mengatasi keempat hal tersebut, niscaya rencana traveling akan berlangsung lancar. Pengalaman traveling yang menyenangkan pasti membuat kita tergugah untuk merencanakan perjalanan berikutnya. Selamat berlibur semuanya :)

Note : 
- Artikel ini pertama kali dipublikasikan penulis pada 12 April 2018.
- Dilakukan update kedua oleh penulis pada 20 Agustus 2019 dengan penambahan materi konten dan gambar ilustrasi pendukung.
ARTIKEL TERKAIT - Travel Tips
Previous
Next Post »