10 Kuliner Makanan Khas Boyolali, Yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

PalingMales.com - Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah Timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Umumnya orang luar mengenal Boyolali sebagai kota penghasil susu sapi maupun kota pemasok daging sapi terbesar ke seluruh kota di Indonesia. Wajar jika berbagai macam olahan kuliner berbahan dasar susu dan daging sapi dapat dengan mudah kita jumpai di Boyolali.

Nah untuk semakin melengkapi khasanah wawasan kuliner anda, terlebih jika anda sedang berkunjung di Kabupaten Boyolali. PalingMales.com menghidangkan referensi beberapa sajian kuliner atau makanan khas dari kota tersebut. Pastinya akan rugi rasanya bilamana berkunjung ke sana tanpa menikmati sajian makanan khas atau jajanan kulinernya. Mau tau apa sajakah itu, berikut ulasan selengkapnya :

1. Susu Sapi Segar Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali -  Susu Segar Khas Boyolali
Photo : Susu Segar Khas Boyolali

Sesuai dengan julukannya, jika berkunjung ke Boyolali maka tak lengkap rasanya bila kita tidak menikmati susu segarnya. Segar disini dalam artian susu murni alias masih mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Namun jangan kuatir, umumnya para penjual susu sapi di Boyolali pastinya akan menawarkan ke kita terlebih dahulu, mau minum susu sapi original maupun yang sudah dimasak / diolah.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Susu Sapi Segar di Boyolali, Jawa Tengah : 
  • Warung susu Murni SAPI NDEKEM. Alamat : Jl. Pandanaran No.18, Ngrancah, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0852-9369-0280.
  • Milk Moo "Susu Sapi murni Boyolali". Alamat : Jl. Raya Boyolali - Semarang No.141, Dusun 2, Kaligentong, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 
  • W-dangan Kandang Sapi. Alamat : Jl. Pandanaran No.243, Pusung, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

2. Dodol Susu Sapi Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Dodol Susu Sapi Boyolali
Photo : Dodol Susu Sapi Boyolali

Kalau di Jawa Barat kita familiar dengan Dodol Garut. Kalau di Boyolali Dodol Susu merupakan buah tangan yang wajib anda gondol. Bahan dasar dodol sapi ni serupa dengan dodol di tempat lain yakni menggunakan tepung ketan dan gula. Namun karena campuran susu sapi segar di dalamnya membuat tektur dan kelezatan dodol susu ini membuat para penikmat kuliner ingin nambah dan nambah lagi.

Kuliner ini bisa dengan mudah kita jumpai di pusat oleh - oleh sekitar Boyolali terutama di sekitar wilayah sekitar Agro Wisata Selo. Umumnya untuk 1 box kotak berisi 8 - 10 dodol susu kita hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Dodol Susu Sapi di Boyolali, Jawa Tengah : 
  • Sekitar Agro Wisata Selopass Resort. Jl. Muntilan-Boyolali, Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.
  • Pusat Oleh - Oleh Khas Boyolali Berkah Boyolali. Alamat : Alamat : Jl. Raya Boyolali-Semarang Km. 01,  Penggung, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0857-9963-3225.
  • Toko Pojok Oleh-oleh Khas Boyolali. Alamat : Dusun 3, Kiringan, Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. (0276) 321643.  
  • Di Beberapa Pusat Oleh - Oleh di Boyolali, Jawa Tengah.

3. Bubur Jenang Pecel Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali  - Jenang Pecel Boyolali
Photo : Jenang Pecel Boyolali (kabarkuliner.com)

Pecel umumnya terdiri dari sayuran rebus yang diatasnya disiram dengan kuah kacang kemudian disajikan dengan nasi putih. Di Boyolali kita akan bisa menemukan kuliner yang sama namun disajikan dengan jenang putih (bubur sumsum).

Pedas gurihnya sambal kacang ditambah segarnya sayuran rebus, dipadukan dengan tektur lembut dari bumbur sumsum maka akan tercipta rasa unik, mengenyangkan dan pastinya menyehatkan bagi siapa saya yang menikmatinya. Harga satu porsi jenang pecel umumnya berkisar antara Rp. 5.000 - Rp. 10.000,-. Jenang pecel bisa dengan mudah kita dapatkan karena menjadi street food atau jajanan pedagang kaki lima di Boyolali dan umumnya juga di beberapa pasar tradisional Boyolali tersedia menu ini.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Bubur Jenang Pecel di Boyolali, Jawa Tengah :
  • Bubur & Nasi Tumpang "Mak Sagi". Alamat : Jl. Anggrek, Surowedana, Pulisen, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0857-4002-7604.
  • Pasar Sunggingan Baru. Alamat : Jl. Raya Boyolali - Semarang No.323, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 
  • Di Beberapa Pasar Tradisional di Boyolali, Jawa Tengah. 

4. Nasi Tumpang Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Nasi Tumpang Boyolali
Photo : Nasi Tumpang Boyolali
 
Disebut nasi tumpang karena dalam penyajiannya dilakukan dengan cara meletakkan sambal Lethok diletakkan dan dicampurkan diatas nasi.

Umumnya kuliner ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu dengan santan hingga matang. Cita rasa dan aroma tempe busuk inilah yang nantinya menjadi cita rasa tersendiri.

Bumbu - bumbu ini biasanya akan dipadukan dengan sayuran segar sehingga kandungan gizi dari kuliner yang satu ini cukup baik dan sudah pasti menyehatkan. Terlebih jika disajikan menggunakan alas daun pisang maka akan menambah kenikmatan tersendiri bagi siapa saja yang memakannya.

Soal harga dijamin tidak akan membuat kantong anda mengempis, karena hanya dengan menyiapkan kurang lebih antara Rp. 5.000 - Rp. 10.000 per porsinya, kita sudah bisa membuat lidah anda merasakan gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Nasi Tumpang di Boyolali, Jawa Tengah :
  • Bubur Tumpang & Nasi Jagung Mbah Darmi. Alamat : Jl. Tentara Pelajar, Dusun 2, Kiringan, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0856-2817-662. 
  • Susu Segar & Nasi Tumpang Pak Suprih. Alamat : Jl. Tentara Pelajar No. 107, Kiringan, Dusun 2, Kiringan, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0856-4229-5055.
  • Nasi Tumpang Mbok Nah. Alamat : Jl. Raya Ampel No. 145 Kalitengah, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 085-741-875-511
  • Di Beberapa Pasar Tradisional di Boyolali, Jawa Tengah. 

5. Soto Seger Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Soto Seger Boyolali
Photo : Soto Seger Boyolali

Di musim hujan yang dingin memang paling nikmat menikmati sajian yang segar dan membuat keringat kita berucucuran. Iya Soto Boyolali, di tempat ini ada bisa menemukan berbagai aneka soto. Bagi yang tinggal di Boyolali mungkin sudah tak asing lagi dengan warung Soto Mbok Giyem, Soto Ndelik, Soto Seger maupun Soto Rumput.

Masalah harga tak perlu kawatir cukup sisihkan uang Rp. 10.000 - Rp. 15.000 per porsi anda sudah bisa membuat kening anda mengeluarkan keringat tanpa henti, ditambah pula dengan sajian pelengkapnya seperti sate telur puyuh, tahu tempe bacem maupun krupuk rambak.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Soto Seger di Boyolali, Jawa Tengah :
  • Soto Segeer Mbok Giyem. Alamat : Jl. Pandanaran No.293, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0815-4865-5655.
  • Soto Seger Hj. Fatimah. Alamat : Jl. Raya Boyolali-Semarang No.261, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. (0276) 325456.
  • RM Soto Rumput Khas Boyolali. Alamat : Jl. Profesor Soeharso No.14, Dusun 2, Kiringan, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0857-0231-2236.

6. Iga Bakar Sapi Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Iga Sapi Bakar Boyolali
Photo : Iga Sapi Bakar Boyolali

Kalau kuliner yang satu memang cocok sekali dengan kearifan budaya lokal di Boyolali. Namanya Iga Bakar Sapi. Kuliner berbahan dasar daging sapi ini disajikan dnegan cara diberi bumbu - bumbu rempah yang menggoda kemudian baru di bakar menggunakan api kecil.

Perpaduan rasa daging yang empuk dan lezat gurihnya bumbu tradisional yang meresap, membuat siapapun ingin menghabiskan kuliner yang stau ini hingga ke tulang - tulangnya. Kuliner iga sapi bakar ini bisa kita jumpai di kawasan Jl. Merapi, kecamatan Boyolali. Mau Mencoba?

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Iga Bakar Sapi di Boyolali, Jawa Tengah : 
  • Waroeng Iga Pak Wid. Alamat : Jalan Merapi No. 1, Pulisen, Siswodipuran, Bayanan, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0819-0458-7105.

7. Tahu Susu Sapi Khas Boyolali
10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Tahu Susu Boyolali
Photo : Tahu Susu Boyolali

Olahan kuliner Boyolai lainnya yang berbahan dasar susu sapi ialah Tahu Susu Sapi. Tekstur kedelai yang lembut, dipadukan dengan gurihnya tahu kedelai.
 
Menghasilan tekstur kuliner yang cukup lembut ketika menyentuh pori - pori lidah anda. Tentu makanan ini sangat menyehatkan. Karena kandungan proteinnya cukup tinggi. Sebungkus tahu susu sapi ini umumnya berkisar Rp. 5.000 per pack nya.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Tahu Susu Sapi di Boyolali, Jawa Tengah :  
  • Tahu Susu Boyolali. Alamat : Perum tiara ardi mojosongo No. 19, Pendekan, Mojosongo, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0822-1818-7500.

8. Marning Jagung Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Marning jagung Boyolali
Photo : Marning jagung Boyolali

Di Boyolali banyak dijumpai olahan makanan yang disebut marning. Karena rata - rata makanan ringan yang satu ini dijadikan sebagai olahan home industry di Boyolali. Marning terbuat dari jagung yang diolah menjadi camilan yang gurih dan renyah. Variasi rasa dari marning inipun beragam, ada yang manis, pedas, asin, balado hingga keju.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Marning Jagung di Boyolali, Jawa Tengah :  
  • Marning Asli. Alamat : Jl. Pendanaran No.211 A, Recosari, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0813-9347-4535. 
  • Oleh - Oleh Marning Banaran. Alamat : Jl. Pandanaran No. 297B, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. (0276) 325533. 
  • Marning Jagung Bu Warni. Alamat : Ngasemrejo, RT 03 / RW 08, Ngargosari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0857-2556-9615.
  • Di Beberapa Pusat Oleh - Oleh di Boyolali, Jawa Tengah.

9. Abon Lele Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Abon Lele Boyolali
Photo : Abon Lele Boyolali

Di salah satu kampung di kecamatan Sawit, Boyolali terdapat sentra pengolahan ikan lele. Dan abon lele menjadi salah satu hasil olahan dari tempat tersebut.
 
Rasa abon yang gurih terlebih berbahan dasar ikan lele yang jarang kita jumpai di tempat lain akan menjadi cita rasa tersendiri dalam menemani sajian makan utama Anda. Selain Abon lele, buah tangan kuliner seperti kripik berbahan dasar ikan lelepun bisa anda dapatkan di tempat tersebut.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Abon Lele di Boyolali, Jawa Tengah :  
  • Wisata Kampung Lele. Alamat : Jl. Kp. Lele, Mangkubumen, Tegalrejo, Kec. Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

10. Dendeng Sapi & Keripik Paru Khas Boyolali

10 Kuliner Makanan Khas Boyolali - Dendeng Kulit Sapi & Keripik Paru
Photo : Dendeng Sapi Boyolali (dapuronlinequ.blogspot.com)

Rekomendasi kuliner di Boyolali terakhir ialah Dendeng Kulit Sapi dan Keripik Paru. Olahan berbahan dasar daging sapi ini sering digunakan sebagai buah tangan setelah seharian berkeliling di sekitar Boyolali. 
 
Olahan camilan yang satu ini cocok dijadikan sebagai teman makan bersama nasi hangat. Umumnya sudah diberikan bumbu tertentu untuk menambah cita rasa gurih dan renyah. Sering dijumpai dalam kemasan plastik di beberapa toko oleh - oleh di Boyolali.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Dendeng Sapi dan Keripik Paru di Boyolali, Jawa Tengah :  
  • Pusat Abon dan Dendeng Sapi Cap ELANG. Alamat : Jl. Raya Boyolali-Semarang, Dusun 2, Kaligentong, Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 
  • Dendeng Sapi Cap Burung. Alamat : Jl. Raya Boyolali-Semarang, Karang Kopek, Gladagsari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 0815-4233-2754.
  • Di Beberapa Pusat Oleh - Oleh di Boyolali, Jawa Tengah.

Nah itulah beberapa referensi kuliner makanan khas dari Kabupaten Boyolali yang bisa. Jika anda sedang berkunjung di Boyolali sempatkan untuk mehadirkan salah satu kuliner ditas sebagai menu makan anda. Tak lupa siapkan dana yang cukup supaya anda tidak menyesal bilamana hanya bisa membawa sedikit buah tangan dari sana. Sekian dan selamat berburu kuliner di Boyolali.

Note : 
- Artikel ini pertama kali dipublikasikan penulis pada 30 November 2015.
- Dilakukan update kedua oleh penulis pada 18 Agustus 2019 dengan penambahan materi konten kuliner dan rekomendasi destinasi lokasi wisata kuliner.

Share this

Add Comments