12 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta Yang Unik, Lezat dan Bikin Ketagihan

PalingMales.com - Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelah selatan kabupaten Bantul ini berbatasan dengan Samudera Hindia dengan Pantai Prangtritis, sebagai salah satu icon destinasi pariwisata terfavorit di Bantul, Yogyakarta.

Selain wisata alamnya yang memanjakan mata ditambah dengan banyaknya sentra kerajinan tangan atau home industry di Bantul. Kuliner Makanan khas Bantul ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner. Mengapa??? Tentu karena variasinya cukup beragam, mempunyai cita rasa yang nikmat, gurih, unik, bikin ketagihan dan tentunya membuat kita menjadi semakin rindu dengan Yogyakarta.

Nah, biar ga makin penasaran PalingMales.com akan mencoba merangkumnya ke dalam 12 Kuliner Khas Bantul, Yogyakarta, yang wajib anda santap ketika berada di kota ini, berikut ulasan selengkapnya :

1. Sate Klatak
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Sate Kalatak Pak Pong Bantul
Photo : Sate Klatak Bantul (tribunnewswiki.com)

Jalan - jalan ke Bantul tak lengkap rasanya bila belum berkunjung ke destinasi kuliner yang cukup fenomenal dan legendaris satu ini. Sate Klatak merupakan salah satu sajian makanan khas bantul sate yang berbahan dasar daging kambing muda. Diolah dengan cara dibakar diatas bara api arang. Keunikan sate klatak adalah ada pada cara penyajian makanan ini yakni menggunakan jeruji sepeda onthel sebagai tusuk satenya.

Selain sate kambing muda yang diberi bumbu - bumbu rempah yang cukup menggungah selera, Sate Klatak disajikan menggunakan sambal kecap dengan campuran irisan bawang dan cabai mentah untuk penambah rasa pedas. Sate klatak juga cocok disajikan menggunakan kuah gulai. Jadi kembali lagi ke selera masing - masing. Satu porsi sate Klatak berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000. Sate Klatak mudah kita jumpai di sekitar wilayah Plered, Bantul.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Sate Klatak di Bantul, Yogyakarta :
  • Sate Klathak Pak Pong. Alamat : Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0811-2645-251.
  • Sate Klathak Pak Bari Pasar Wonokromo. Alamat :  Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0813-2880-0165.
  • Warung Sate Klatak Pak Jam. Alamat : Jl. Imogiri Tim. No.km 9, Jati, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0899-5798-045.

2. Bakmi Jawa : Bakmi Godog / Bakmi Nyemek
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Bakmi Godog Bantul
Photo : Bakmi Godog Bantul (Instagram:@darsehsri)

Bakmi Godog merupakan salah satu kuliner khas Bantul yang cukup populer. Bakmi godog merupakan kuliner yang yang berbahan dasar bakmi kuning basah kemudian diolah dengan cara di rebus atau di godog diatas tungku tanah liat atau anglo yang dengan bara arang sebagai, menggunakan kuah kaldu ayam dan campuran rempah - rempah khas Jawa. Selain bakmi kuning umumnya kuliner ini ditambahkan pula bebeberapa item makanan seperti bakmi bihun putih, suwiran ayam kampung, telur ayam, sayuran seperti daun bawang, sawi maupun daun kol.
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Bakmi Nyemek Bantul
Photo : Bakmi Nyemek Bantul (bukalapak.com)

Sedangkan Bakmi Nyemek adalah saudara kandung dari kuliner bakmi godog. Bedanya dengan bakmi godog ialah kandungan kuah kaldu yang lebih sedikit. Walau lebih sedikit namun rasa rempah dari kuah bakmi nyemek menjadi lebih kental dan merasuk. Karena proses memasaknya lebih lama daripada bakmi godog. Umumnya para pembeli tinggal meminta ke penjual bakmi godog untuk dibuatkan bakmi kuah nyemek. Para pedagangpun sudah paham akan hal ini.

Seporsi bakmi godog atau bakmi nyemek umumnya berkisar antara Rp. 10.000 sd Rp. 15.000. Ciri khas pedagang baik bakmi godog atau bakmi nyemek ini adalah pedagang menggunakan semacam  gerobak dorong kemudian terdapat display bakmi kuning, sayur kol dan ayam kampung utuh yang digantung. Hampir di semua wilayah Bantul mudah dijumpai penjual bakmi godog atau nyemek ini.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Bakmi Godog / Bakmi Nyemek di Bantul, Yogyakarta :
  • Bakmi Jawa Mbah Mo. Alamat : Jl. Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 418676.
  • Bakmi Jawa Pak Tris Manding. Alamat : Jl. Parangtritis, Jl. Manding Kidul No.KM.12, Manding, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0813-2809-3177.
  • Bakmi Jawa Yu Jilah. Alamat : Dukuh, Sabdodadi, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0857-4377-7724.

3. Mie Lethek / Bakmi Lethek
11 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Bakmi Lethek Bantul
Photo : Bakmi Lethek Bantul (travelingyuk.com)

Mie Lethek atau Bakmi Lethek merupakan salah satu dari beberapa olahan mie yang berasal dari Srandakan, Bantul. Mie lethek berbahan dasar tepung tapioka dan gaplak atau singkong. Disebut lethek (kotor) dikarenakan tampilan penyajian dari bakmi ini bisa dikatakan kurang begitu menarik dan terkesan kusam. Dengan identitas warna bakmi terkesan kecoklatan.

Namun siapa sangka justru kenikmatan tiada tara akan terasa sesudah gigitan pertama mie lethek masuk ke dalam mulut anda. Rasanya yang gurih, mie yg kenyal dan lembut membuat para penikmat kuliner menjadi ketagihan. Untuk pengolahan dan penyajian hampir serupa dengan bakmi godog. Yakni selain rempah - rempah khas dipadukan dengan tambahan, potongan sayuran, suwiran ayam dan telur ayam. Seporti mie lethek bisa anda nikmati berkisar antara Rp. 10.000 sd Rp. 15.000,-

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Mie Lethek di Bantul, Yogyakarta :
  • Mie Lung Mbah Sur. Alamat : RT/RW 06/10, Caturharjo, Pandak, Tegal Layang Wetan, Caturharjo, Kec. Pandak, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0813-2810-9765.
  • Warung Mie Lethek Sudimoro. Alamat : Bandung, Nengahan, Mengahan, Trimurti, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0851-0726-8630.
  • Mie Lethek Bantul mBah Mendes Sorobayan. Alamat: Jl. Murtigading, Sorobayan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0852-9313-7649.

4. Mie Pentil
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Mie Pentil
Photo : Mie Pentil (Instagram:@riderkulineran)

Dari namanya juga terkesan agak sedikit gimana yakni menyebut bagian tubuh dari wanita. Tapi begitulah orang Bantul familiar menyebutnya dengan istilah Mie Pentil. Bakmi pentil merupakan salah satu olahan bakmi yang berbahan dasar dari pati ketela atau pati ganyong. Memliki tekstur yang kenyal layaknya karet. Mie pentil umumnya berwarna khas putih dan kuning. Jajanan bakmi yang satu ini bisa dengan mudah kita temukan di Wilayah Pundong, Bantul.

Mie Pentil Bantul juga bisa disajikan bersama sambal tomat pedas atau sambal kacang untuk menambah cita rasa gurih dan pedas. Harga seporsi mie pentil berkisar antara Rp. 5.000 - Rp. 10.000 per porsinya. Cukup terjangkau bukan?

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Mie Pentil di Bantul, Yogyakarta :
  • Di Beberapa Pasar Tradisional di Bantul, Yogyakarta. 

5. Mie Des / Bakmi Pedes
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Mie Des Bantul
Photo : Mie Des Bantul (Instagram:@belangaindonesia)

Kuliner khas selanjut yang berasal dari Bantul ialah Mie Des atau Bakmi Pedes. Sepintas mie des hampir mirip dengan bakmi jawa dari segi pengolahannya. Jika bakmi jawa berbahan dasar tepung terigu, mie des menggunakan tepung ketela atau tapioka sebagi bahan dasar. Teksturnya cukup padat dan kenyal. Bentuknya lebih tebal dari mie terigu. ⁣Penjual Mie des ini bisa mudah kita temukan di sekitar wilayah Pundong, Bantul. Harga mie des ini umumnya dijual Rp. 7.000 - Rp. 10.000 per porsinya.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Mie Des di Bantul, Yogyakarta :
  • Mides Bu Yanti. Alamat : Monggang, Srihardono, Pundong, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Mie Des Khas Pundong "Yono". Alamat : Jalan Mangun Negoro, Srihardono, Pundong, Srihardono, Kec. Pundong, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0818-0260-9559.
  • Mie Des Mbak Anik Patalan. Patalan, Jetis, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0813-9284-8855.

6. Mangut Lele
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Mangut Lele Bantul
Photo : Mangut Lele Bantul (reservasiku.com)

Tak lengkap rasanya bila ke Bantul belum mencicipi sajian kuliner Mangut Lele yang khas. Seperti namanya berbahan dasar ikan Lele segar kemudian berpadu pedas gurihnya bumbu rempah - rempah yang eksotis. Mampu menciptakan sensasi hangat bila masuk ke dalam badan anda.

Kuliner Mangut Lele cocok disajikan sebagai santapan utama bersama nasi hangat ketika cuaca dingin atau hujan atau ketika anda habis berbasah - basahan sesudah berwisata dari Pantai Parangtritis. Tempat favorit mencicipi hidangan ini adalah Mangut lele Mbah Marto yang terletak di belakang Kampus Institut Kesenian Indonesia (ISI), Sewon, Bantul. Anda bisa menikmati Mangut Lele ini dengan harga Rp. 20.000 per porsi

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Mangut Lele di Bantul, Yogyakarta : 
  • Mangut Lele Mbah Marto. Alamat : Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0821-3737-3477. 
  • Mangut Lele Bu Is. Alamat : Jl. Imogiri Barat No.12, Turi, Sumberagung, Kec. Jetis, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0878-3924-6490. 

7. Pecel Welut / Pecel Welut
12 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Pecul welut khas Bantul
Photo : Pecul welut khas Bantul (indonesia-feature.blogspot.com)

Jika di kawasan Godean, Sleman kita bisa menemukan Pepes Belut.


Maka di daerah Kasihan, Bantul kita bisa menemukan salah satu kuliner legendaris namanya Pecel Sambal Belut. Salah satu yang terkenal ialah Pecel welut Mbah Warno.

Pecel Belut terdiri dari sayur mayur mentah seperti touge, kacang panjang, dan bayam yang disiram kuah kacang khas Mbah Warno. Tentu saja sepiring nasi putih hangat & seporsi belut goreng beserta sambal akan melengkapi makan siang anda. Sayuran yang segar, ditambah cita rasa kaus kacang kuat, gurih namun tidak terlalu pedas, ditambah potongan sepiring belut goreng nan krispi membuat siapapun yang datang akan menjadi ketagihan untuk melahap dan melahapnya lagi. Untuk seporsi nasi pecel umumnya dihargai Rp 7.000 sd Rp. 10.000. Sedangkan satu porsi belut goreng berkisar antara Rp. 20.000 - Rp. 25.000.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Pecel Belut di Bantul, Yogyakarta :
  • Pecel Belut & Mangut Lele Mbah Warno. Alamat : Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0856-4353-0005.
  • Warung Makan Mitra Baru. Alamat : Jl. Raya Bantul Km 8.5, Cepit, Sawahan, Pendowoharjo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0877-3806-7432.

8. Olahan Ikan Sidat : Tongseng, Sate & Pepes Sidat
12 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Olahan Ikan Sidat : Sate, Tongseng Ikan Sidat
Photo : Olahan Ikan Sidat : Sate, Tongseng Ikan Sidat (aji.rahmat.id & netz.id)

Bagi yang tidak suka daging kambing olahan daging ikan sidat bisa menjadi solusi. Olahan daging sidat cukup langka, membuat Makanan khas Bantul yang ini bikin penasaran para pecinta kuliner. Tekstur daging sidat yang empuk dan kenyal semakin menambah lezatnya cita rasa olahan sidat. Kandungan gizi ikan sidat cukup tinggi karena kaya akan protein namun rendah kolesterol. Seporsi olahan daging sidat bisa anda peroleh dengan harga Rp. 20.000 - Rp. 25.000.

Butuh keburuntungan untuk bisa menikmati sajian kuliner yang satu. Karena jumlah populasi ikan sidat yang tidak begitu banyak. Membuat anda harus dtaang lebih awal menikmati sajian kuliner yang satu ini, jika tidak maka anda akan kehabisan.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Olahan Ikan Sidat di Bantul, Yogyakarta :
  • Warung Sate "Mbok Sabar". Alamat: Jl. Parangtritis, Bakulan Wetan, Patalan, Kec. Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 7164660.

9. Kue Tolpit / Kue Adrem
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Kue Tolpit / Kue Adrem
Photo : Kue Tolpit / Kue Adrem (Instagram:@eatventure.inc)

Kue Tolpit mungkin terasa asing di telinga kita. Nama makanan ini boleh dikatakan unik sekaligus terkesan agak jorok. Tolpit yang merupakan singkatan dari maaf K*nth*l Kejepit (Alat kelamin laki - laki) merupakan salah satu kue khas dari Bantul. Orang Bantul dan sekitarnya juga sering menyebutnya dengan Kue Adrem.

Sajian kue tolpit dibuat menggunakan tepung beras berpadu dengan gula jawa yang terkadang terdapat lumeran gula jawa dalamnya kemudian diolah dengan cara digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan gurih. Cocok disajikan dalam keadaan hangat. Warna makanan yang coklat kehitamanan menandakan tingkat kematangan kue tolpit ini yang sempurna. Kue ini bisa dengan mudah kita temukan di wilayah Sanden, Bantul. Harga kue tolpit berkisar antara Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000 per item nya.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Kue Tolpit / Kue Adrem di Bantul, Yogyakarta :
  • Adrem Aneka Rasa Mbak Dewi. Alamat : Piring II, Murtigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0877-3920-1010 
  • Adrem Mbak Kis. Alamat : Piring, Kurahan II, Murtigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0821-3740-0550.
  • Omah Adrem Mbak Tini. Alamat : Piring I, Murtigading, Kec. Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0877-3825-4828.
  • Di Beberapa Pasar Tradisional di Bantul, Yogyakarta. 

10. Cenil Bantul
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Cenil Bantul
Photo : Cenil Bantul (Instagram:@aniktriwina)

Cenil merupakan salah satu kuliner tradisional khas Bantul mudah dijumpai di sudut - sudut pasar tradisional. Cenil terbuat dari terbuat dari pati singkong atau ketela pohon. Jajanan pasar yang satu ini mempunyai tekstur yang kenyal jika digigit namun manus ketika dikunyah.

Sering dipadukan dengan kelapa parut, gula pasir atau adonan juruh gula jawa untuk penambah rasa nikmat dalam penyajiannya. Umumnya Cenil tersedia dalam variasi warna yang beragam dan menarik seperti merah, putih, kuning maupun hijau. Harga cenil bantul berkisar antara Rp. 2.000 - Rp. 5.000 per porsinya. Murah kan?

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Cenil Bantul di Bantul, Yogyakarta :
  • Di Beberapa Pasar Tradisional di Bantul, Yogyakarta.  

11. Geplak Bantul
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Geplak Bantul
Photo : Geplak Bantul (tokopedia.com)

Geplak merupakan salah satu jajanan khas Bantul yang sering dijadikan buah tangan atau oleh - oleh. Geplak terbuat dari kelapa parut dan gula pasir atau gula jawa.

Geplak mempunyai ciri khas yakni berbentuk bulat dan warnanya yang berwarna warni. Rasa manisnya gula dan parutan kelapa menciptakan sensasi kuliner yang manis, gurih dan khas pada makanan yang satu ini. Geplak umumnya tersedia dan mudah dijumpai di pusat oleh - oleh skeitar Bantul, Yogyakarta. Geplak Bantul bisa anda jadikan buah tangan dengan merogoh kocek saku anda di kisaran harga Rp. 30.000 - 40.000 per pack (500 gram).

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Peyek Tumpuk di Bantul, Yogyakarta : 
  • Geplak Mbok Tumpuk. Alamat : Sumuran, Palbapang, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 367751.
  • GEPLAK SUPER Ngudi Raos. Jl. Samas, Taruban, Palbapang, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 367955.
  • Pusat Geplak Peyek Tumpuk Bantul. Alamat : Jl. Parangtritis KM. 14.5, Patalan, Kec. Jetis, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0818-0267-7130.
  • Di Beberapa Pusat Oleh - Oleh di Bantul, Yogyakarta.  

12. Peyek Tumpuk
10 Kuliner Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Peyek Tumpuk Bantul
Photo : Peyek Tumpuk Bantul (tokopedia.com)

Peyek Tumpuk merupakan kuliner camilan berbahan dasar kacang tanah dan digoreng bersama adonan tepung terigu, telur dan tepung kanji. Kacang tanah yang ditumpuk - tumpuk inilah terciptanya asal muasal kata peyek tumpuk. Walaupun secara fisik teksturnya tidak beraturan karena bertumpuk - tumpuk. Namun dari segi rasanya jelas renyah dan gurih. Peyek tumpuk cocok dijadikan hidangan camilan atau pelengkap nasi atau bakmi godog. Satu pack oleh - oleh Peyek Tumbuk bisa anda dapatkan di kisaran harga Rp. 25.000 - 35.000 (500 gram).

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Peyek Tumpuk di Bantul, Yogyakarta : 
    • Pusat Geplak Peyek Tumpuk Bantul. Alamat : Jl. Parangtritis KM. 14.5, Patalan, Kec. Jetis, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0818-0267-7130.
    • Di Beberapa Pusat Oleh - Oleh di Bantul, Yogyakarta.  

    Nah gimana sobat? Ternyata Bantul, Yogyakarta memiliki kekayaan kuliner makanan khas yang cukup unik, beragam dan tentunya menggugah selera bukan?

    Supaya tidak menyesal di kemudian hari, maka sempatkanlah untuk menikmati beberapa sajian kuliner khas Bantul diatas. Baik ketika anda berlibur menikmati romantis nya Pantai dan Gumuk Pasir Parangtritis, Yogyakarta maupun sejuknya wisata alam hutan pinus Mangunan maupun Hutan Pinus Dlingo, Bantul. Semoga bermanfaat dan selamat berburu kuliner di Kabupaten Bantul.
    ARTIKEL TERKAIT - Wisata Kuliner
    Previous
    Next Post »