Pesona Desa Wisata Pujon Kidul : Contoh Sukses Desa Wisata di Malang

PalingMales.com - Wisata Pujon Kidul, Malang. Berkunjung ke Kota Malang kurang lengkap rasa nya jika tidak mengunjungi spot spot wisata ciamik di kota berjuluk paris van east ini. Sebut saja Wisata Kebun Teh Wonosari, Waduk Selorejo, Wisata Pantai Sendiki, Wisata Coban Pelangi, Wisata Candi Singosari dan yang baru baru ini sedang booming di sosmed apa lagi kalau bukan Desa Wisata Pujon Kidul.
Desa Wisata Pujon Kidul Terletak di dataran tinggi seluas 145,3 km2, Malang merupakan salah satu kota terbesar kedua setelah Surabaya dan masuk urutan terbesar ke 12 di Indonesia ini sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai daya tarik wisata nya baik untuk dalam negeri maupun mancanegara.
Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Pesona Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Seperti dikutip di situs simbahgugel.com :

‘’Berkunjung ke tempat tempat wisata yang berhubungan dengan alam, saat ini sudah menjadi kecenderungan masyarakat perkotaan guna melepaskan penat setelah menjalani rutinitas melelahkan di kantor dan bising nya kendaraan yang mereka temui setiap hari’’

Buat sobat traveler yang mungkin hendak mengunjungi kota malang, penulis sarankan untuk jangan sampai tidak memasukan Wisata Pujon Kidul ini ke dalam list tempat tempat wisata yang akan sobat kunjungi. Dengan mengambil background pedesan yang secara langsung dikelola warga desa, menjadikan Desa Wisata Pujon Kidul ini sangat istimewa. Terkhusus nih buat sobat traveler yang doyan selfie - selfie atau melakukan kegiatan kegiatan seru lainnya.

Tidak hanya  menyuguhkan  pemandangan alam eksotis ala pedesaan, Wisata Pujon Kidul juga menawarkan beberapa kegiatan menarik diantara nya memetik sayur, berternak, pelatihan membuat biogas dari kotoran ternak, outbond, pengolahan susu dan masih banyak kegiatan lainnya yang tentu nya tidak pernah sobat traveler temui di tempat tempat wisata dimanapun.

Apa saja spot spot menarik yang bisa kita nikmati di desa wisata pujon kidul ini? Yuk simak ulasan berikut :

1. Lokasi Dan Rute Ke Desa Pujon Kidul
Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Jika sobat traveler berfikir kalau rute menuju Desa Wisata Pujon Kidul ini sulit dan susah dijangkau, maka anda salah. Sebab akses jalan ke tempat wisata pedesaan satu ini cukup mudah dijangkau. Terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur berjarak 30 km dari pusat kota malang. Kira kira 1,5 sampai 2 jam perjalanan dengan kendaraan.

Untuk menuju ke desa pujon kidul ini ada beberapa rute yang bisa sobat gunakan, diantara nya :
  • Dengan mengunakan rute awal melalui Jalan Raya Lawang – Malang jarak tempuh 36,6 KM dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam 40 menit.
  • Rute awal Melalui Jl. Raya Ir. Soekarno : Jarak tempuh 38,4 KM dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam 40 menit. Kurang recommended karena ada beberapa lokasi jalan yang berlubang,berkelok kelok dan bertebing.
  • Rute awal melalui Jl. Trunojoyo dengan jarak tempuh 36 KM dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam 10 menit.

2. Taman Bunga Yang Eksotis Menyegarkan Mata
Taman Bunga Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Taman Bunga Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Hamparan beranekaragam bunga di sebuah gundukan tanah  yang penulis anggap malah lebih mirip dengan pegunungan mini, sangat cocok sekali buat sobat traveler yang suka berselfie ria. Ditambah lagi adanya background Pegunungan Dorowati di kanan kiri nya, Sungguh mengejukan mata.

Oh iya, disini sobat hanya boleh selfie ya. Cukup kalian nikmati dengan mata atau camera nya, jangan sampai metik bunga karena ga boleh, kalau sobat pengen bunga buat di bawa pulang beli saja sama penjual bunga banyak kok ditemui di sekitaran Desa Pujon Kidul .

3. Play Ground Di Tengah - Tengah Sawah Untuk Si Kecil
Playground Tengah Sawah Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Playground Tengah Sawah Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Setelah menjalani aktifitas melelahkan selama hampir satu minggu, ngajakin keluarga buat liburan tentu bisa menjadi salah satu alternative untuk melepaskan penat.

Nah sobat traveler, biasanya problem yang sering dihadapi oleh wisatawan saat mengajak keluarga untuk berlibur adalah tidak tersedianya play ground untuk anak anak sehingga kawatir anak nya kenapa napa. Di Desa Wisata Pujon Kidul ini anda tidak perlu mencemaskan hal itu lagi, sebab sudah tersedia taman bermain khusus untuk buah hati.

Tidak hanya sebatas taman bermain, play ground yang berlokasi di tengah tengah sawah ini juga menyajikan tempat khusus buat buah hati member makan ikan,berlari larian,mencari kodok atau bahkan menangkap belalang sehingga dapat menjadi pengalaman super seru buat bauh hati.

4. Romansa Makan Ditengah Tengah Sawah
Makan di Tengah Sawah Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Makan di Tengah Sawah Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Pernah denger?  Selain saat sedang lapar lapar nya, tidak ada makan yang lebih nikmat ketimbang makan di tengah tengah sawah! Ga percaya? coba aja …

Dengan hamparan hijau nya padi di kanan kiri serta view ikan emas berenang di kolam tentu nya akan semakin membuat kita lahap menyantap makanan disana.

Untuk harga jangan kawatir sob, sangat sangat terjangkau :
  • Ada beberapa menu special ala pujon kidul yang bisa sobat traveler cicipi seperti bakso, nasi goring, ayam bumbu pedas manis, ayam crispy mayo, lalapan mujaer, jagung bakar dll. Harga mulai dari Rp.10.000 an saja.
  • Untuk minuman disini hanya menyediakan jenis minuman sachet siap saji dengan harga tentu sangat murah.

5. Sensasi Gila - Gilaan Of Road 
Off Road Adventure Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Off Road Adventure Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Sobat traveler suka berpetualang? Ingin menikmati sensasi menjelajahi sekitaran gunung dorowati  yang masih sangat alami ini?

Desa wisata pujon kidul sudah siapin armada of road yang bisa sobat sewa untuk keliling keliling sampai capek dan lapar, jika sudah lapar ya silahkan balik lagi buat makan di café sawah.

6. Air Terjun Coban Sumber Pitu Yang Super Unik
Air Terjun Coba Sumber Pitu Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Photo : Air Terjun Coba Sumber Pitu Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Berwisata kealam tentunya akan terasa kurang kalau tidak ditutup dengan scenary air terjun, suara khas gemericik air jatuh, pemandangan bertingkat yang ada pada air terjun tentu dapat menjadi wahana wisatawan melepaskan kejenuhan selama hampir seminggu dijejali urusan kerjaan.

Di Desa Wisata Pujon Kidul ini sobat juga bakal disuguhi pemandangan air terjun bertingkat super keren yang tentu nya sedang hits saat ini. Air terjun coban sumber pitu nama nya, sesuai dengan nama nya jika kita perhatikan secara seksama air terjun ini seolah olah memiliki 7 sumber berbeda. Untuk menikmati nya sobat traveler cukup siapkan budged Rp. 10.000 saja buat tiket masuk.
ARTIKEL TERKAIT - Wisata Indonesia
Previous
Next Post »