15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa, Jangan Sampe Tertinggal Ya!!

PalingMales.com - Salah satu tempat ataupun tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi ataupun didatangi adalah Pantai. Dimana dipantai ini, semua kalangan  mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua pun bisa menikmati dengan nyaman suasana pantai tersebut.
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa, Jangan Sampai Ketinggalan Ya!!!
Photo : Berwisata di Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, Yogyakarta (travelingyuk.com)

Dan pantai juga merupakan salah satu objek wisata yang terbilang cukup murah serta terjangkau sekali.  Sehingga tak mengherankan kalau sampai saat ini pun pantai masih menjadi salah satu tempat favorit tujuan liburan bagi kebanyakan orang. Apalagi di indonesia ini banyak sekali berbagai macam pantai-pantai indah yang wajib untuk dikunjungi.

Sebelum anda memutuskan pantai adalah tujuan destinasi wisata anda, 10 perlengkapan wisata pantai wajib ini perlu kamu siapkan supaya liburanmu di pantai menjadi lebih bermakana dan menyenangkan, berikut ulasannya :

1. Siapkan Uang yang Cukup
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Uang Yang Cukup
Photo : Siapkan Uang Yang Cukup (Shutterstock)

Perlengkapan wisata pantai yang pertama adalah uang. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di sutau tempat wisata termasuk pantai. Selain tiket masuk dan parkir. Terkadang kita juga ingin menikmati suasana pantai dengan meneguk satu buah kelapa muda, makanan khasnya maupun cindera mata yang dijual oleh para pedagang yang berjualan di sekitar destinasi pantai. Untuk itu, persiapkan uang yang cukup untuk sebelum mengunjungi wisata pantai pantai.

2. Gunakan Kacamata Hitam
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Kacamata Hitam
Photo : Gunakan Kacamata Hitam (youworkforthem.com)

Tidak hanya bagus dan terlihat keren ketika digunakan untuk berfoto, namun kacamata hitam juga berfungsi melindungi mata kamu dari silaunya paparan cahaya matahari di pantai. Cahaya matahari yang terlalu silau tidak baik bagi kesehatan mata kita. Terkadang di Pantai arah angin sulit diprediksi. Kacamata hitam juga mampu melindungi mata kamu dari debu pasir pantai yang berterbangan.

3. Kenakan Topi Pantai
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Kacamata Hitam
Photo : Kenakan Topi Pantai (pixabay.com)

Topi adalah salah satu alat yang dikenakan di bagian kepala kita. Penggunaan topi di pantai sangat disarankan mengingat cuaca dipantai cenderung lembab dan panas. Hal ini dimaksudnya agar kepala anda tidak merasa terlalu gerah dan mengeluarkan keringat berlebih. Sehingga wisata anda selama di Pantai akan terasa lebih nyaman. Selain itu juga topi bisa digunakan untuk pemanis dokumentasi foto anda.

4. Pakaian Pantai yang Nyaman
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Pakaian Pantai Yang Nyaman
Photo : Pakaian Pantai Yang Nyaman (lapakterpecaya.com)

Pakaian pantai identikan dengan dresscode yang santai dan casual. Ciri khas pakaian pantai ini adalah mendayu - dayu berbahan tipis dan jika dilihat seperti longgar. Jika ke pantai menggunakan kemeja lengan panjang atau baju batik jelas kam usalah kostum. Umumnya sering kita jumpai juag banyak diantara kita mengenakan celana jeans padahal itu bukan merupakan kostum yang tepat.

Alternatif yang lain kamu juga cukup menggunaan kaos kasual biasa dengan perpaduan celana pendek jika aktivitas hanya ingin duduk - duduk atau sekedar berjalan di tepian pantai saja. Karena itu akan membuatmu nyaman ketika berada di Pantai.  

5. Siapkan Pakaian Baju Ganti Lebih
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Pakaian Baju Ganti Lebih
Photo : Siapkan Pakaian Baju Ganti Lebih (pexels.com)

Usahakan membawa pakain lebih dari satu (baju ganti), untuk berjaga jaga jika anda ingin bermain air di pantai. Walaupun terkdang niat kita hanya sekedar berjalan - jalan di pinggiran pantai saja, namun namanya di tempat yang banyak air bisa saja kita terkena resiko cipratan ombak maupun orang - orang di sekitar yang sedang bermain air.

6. Bawa Peralatan Mandi & Handuk
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Membawa Peralatan Mandi
Photo : Membawa Peralatan Mandi (pixabay.com)

Ke pantai tak lengkap bila tak nyemplung ke laut. Akan terasa nyesel bilaman maen ke pantai kok tidak menikmati segarnya dan asinya air laut. Otomatis itu akan membuat badan kita akan jadi basah kuyup.

Untuk itu jangan pernah lupa untuk menyiapkan perlengkapan mandi kita seperti Sabun, Sampo, Sikat dan pasta gigi maupun pembersih muka. Tak lupa handuk untuk membersihkan seluruh badan kita dari air. Namun semisal kamu tidak mau berbasah - basahan kita sarankan untuk tetaplah menggunakan handuk. Bawalah handuk yang berjenis cepat kering supaya membuat anda lebih mudah untuk mengemasnya di dalam tas anda

7.  Siapkan Bekal Makanan dan Minuman
Photo : Siapkan Bekal Minuman (fitnessformen.co.id)

Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat anda pergi berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman, supaya saat anda sedang asyik bermain dipantai tak akan menguras isi dompet anda. Karena biasanya harga makanan di tempat – tempat wisata jauh lebih mahal daripada di tempat makan biasanya.

Selain alasan tersebut, membawa minuman juga menghindarai tubuh kita dari dehidrasi. Kita sarankan untuk membawa air mineral atau bisa isotonik yang mampu menggantikan cairan tubuhmu ketika berkeringat di pantai. Kekurangan cairan ini bisa mengaikbatkan tubuhmu lemas dan tidak bertenaga.

8. Gunakan SunBlock / Tabir Surya
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Gunakan Sunblock / Tabir Surya
Photo : Gunakan Sunblock / Tabir Surya (tvm.com)

Kesehatan kulitmu juga harus diperhatikan ketika berlibur di pantai. Panas dan teriknya matahari pantai bisa saja membuat kulit eksotismu terbakar. Karena suhu udara yang cukup panas di pantai.

Gunakan sunblock dengan cara mengoleskan ke bagian tubuh tertentu yang tidak terlindungi seperti tangan, kaki, leher, paha dan wajah. Gunakan sunblock dengan tingkat SPF yang tinggi untuk hasil terlindungi yang maksimal.

9. Membawa Perangkat Smartphone atau Kamera DSLR
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Membawa Kamera DSLR di Pantai
Photo : Membawa Kamera DSLR di Pantai (pixabay.com)

Tanpa kita beritahu melalui tulisan ini, smartphone atau kamera merupakan merupakan perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika berlibur di pantai. Update Post di Instagram, Publish di Facebook, Update story di Whatsapp adalah tak mungkin kita pisahkan dari era milleneal seperti saat ini.

Tak lengkap rasanya bila indahnya panorama pantai hanya dinikmati sendiri. Siapkan perangkat smartphone atau kamera DSLR dengan kapasitas memory yang memadai. Tak mungkin kamu ke pantai hanya foto sekali dua kali saja. Hayoo ngakuu???

10. Gunakan Waterproof / Pelindung Anti Air
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Waterproof / Pelindung Anti Air
Photo : Gunakan Waterproof / Pelindung Anti Air (aliexpress.com)

Bermain di pantai identik dengan basah - basahan. Kamu pastinya tidak mau melewatkan moment - moent spesial bersama keluarga dan teman. Dibutuhkan suatu perangkat atau gadged tertentu untuk melakukan itu semua. Namun keamanan perangkatmu juga tidak boleh dilupakan. Jangan sampai perangkatmu ini rusak terkena cipratan air ombak laut.

Untuk itu gunakan kamera anti air atau sejenis pelindung air supaya gadget anda tidak rusak apabila terkena air ketika digunakan di pantai.

11. Gunakan Sandal
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Gunakan Sandal
Photo : Gunakan Sandal (pexels.com)

Ketika berada di pantai kita merekomendasikan anda untuk menggunakan sandal. Berjalan di atas pasir pantai tentu akan lebih mudah jika kita mengenakan sandal. Semisal kita ingin bermain air sandal pun bisa dengan mudah kita lepas dan kita tinggalkan begitu saja.

Berbeda dengan sepatu. Kita masih memikirkan dimana tempat menaruh sepatu yang aman. Belum lagi. Sepatu pastinya akan menjadi kotor dengan banyaknya pasir pantai yang terselip di dalam rongga - rongga sepatu. 

12. Sediakan Kantong Plastik Kresek
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Kantong Plastis kresek
Photo : Kantong Plastis kresek (smartbisnis.com)

Barang yang satu ini sepele namun sering terlupakan. Kantong plastik atau bisa kiat menyebutnya kresek akan sangat berfungsi untuk membawa pakaian kita yang basah setelah nyemplung di air laut. Daripada kamu repot - repot mencari datau membeli kantong plastik kresek di para pedagang di kawasan pantai, ad abaiknya kamu siapkan ini sejak dari rumah.

13. Sediakan Obat - Obatan atau Vitamin
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Obat - Obatan atau Vitamin
Photo : Sediakan Obat - Obatan atau Vitamin (pexels.com)

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan obat - obatan karena kita tak tau kondisi ataupun sesuatu yang nantinya bisa saja menimpa ataupun terjadi pada kamu selama di pantai. Konsumsi vitamin supaya badanmu lebih fit dan bergairah mengexplore indahnya wisata pantai yang kamu tuju. Buah - buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, apel, anggur juga bisa kamu konsumsi untuk penambah daya tahan tubuh kamu selama berwisata di pantai.

14. Siapkan Tas Ukuran Sedang atau Kecil
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Tas Ukuran Sedang atau Kecil
Photo : Tas Ukuran Sedang atau Kecil (bukalapak.com)

Tas adalah barang yang wajib kamu bawa ketika berlibur dipantai. Bagaimana tidak, seluruh barang - barang diatas wajib hukumnya ditaruh di dalam tas. Tidak mungkin kamu membawanya satu persatu - satunya bukan. Jangan membawa tas koper ke pantai jika kamu tidak ingin ditertawakan oleh pengunjuung lainnya. Tas koper baiknya kamu tinggal di penginapan atau hotel, sedangkan tas berukuran sedang kecil atau sedang ini yang kamu bawa.


15. Membawa Pasangan dan Kerabat Keluarga Tercinta
15 Perlengkapan Wisata Pantai Yang Wajib Kamu Bawa - Membawa Pasangan di Pantai
Photo : Membawa Pasangan di Pantai (pixabay.com)

Ke pantai sendirian aja, kalau orang jawa bilangnya "ngenes" atau kasihan. Becanda lho ya, jangan dimasukin ke hati. Wkwkwkwkwk. Ya, seperti yang kita tahu pantai adalah tempat yang pas untuk menikmati liburan bersama orang - orang terdekat tercinta kita. Ajak mereka semua supaya juga turut merasakan kebahagian yang kita rasakan selama berada di pantai. Karena momment selama liburan di pantai tidak bisa kamu lakukan setiap hari, terkecuali jika kamu merupakan seseorang yang hidup dan tinggal di wilayah pantai.

Selain bisa menikmati keindahan dari pantai tersebut tentunya kamu beserta keluarga bisa bermain-main disana seperti mencoba olah raga air atau, menyelam, menaiki perahu nelayan memancing. Jika fasilitas tempat wisata pantai yang anda kunjungi menyediakan layanan tersebut.


Demikianlah ulasan mengenai beberapa perlengkapan wisata pantai yang wajib untuk kamu bawa supaya wisatamu menjadi lebih menyenangkan sekaligus mengasyikkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana wisata Kamu semuanya. Selamat liburan ke pantai ya gaesss. . . .
ARTIKEL TERKAIT - Travel Tips
Previous
Next Post »