Bagaimana Cara Membedakan Margarin dan Mentega?

PalingMales.com - Membicarakan bahan - bahan kue rasanya tak lengkap jika tidak membahas tentang margarin dan mentega. Kedua bahan makanan ini memang selalu jadi pelengkap aneka hidangan kue. Meski sekilas tampak sama, sebenarnya margarin dan mentega benar-benar berbeda lho.

Banyak yang mengatakan kalau mentega jauh lebih sedap sehingga harganya lebih mahal daripada margarin. Tetapi sebenarnya apa perbedaan mendasar dari margarin dan mentega?

Bagaimana Cara Membedakan Margarin dan Mentega?
Komposisi Bahan Baku
Bahan baku margarin terbuat dari lemak tumbuh-tumbuhan (lemak nabati) yang diolah dengan bahan-bahan pelengkap lainnya. Sementara mentega atau dikenal dengan sebutan butter terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan beberapa tambahan bahan seperti garam dan air. Karena merupakan produk turunan susu, mentega memiliki aroma yang lebih sedap daripada margarin.
Perbedaan Tekstur dan Rasa
Margarin memiliki tekstur yang lebih padat dan warna yang lebih kuning daripada mentega. Rasa margarin cukup gurih karena sudah ditambahkan dengan bahan pelengkap. Sementara Mentega justru memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah meleleh pada temperatur yang hangat. Mentega memiliki aroma khas menyerupai aroma susu sehingga menjadi favorit untuk bahan utama pada kue kering.
Jenis - Jenis Mentega
Mentega dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu mentega tawar dan mentega asin. Mentega asin umumnya lebih tahan lama daripada mentega tawar karena kandungan garamnya berfungsi sebagai pengawet alami. Mentega asin juga cocok dijadikan bahan olesan roti karena bisa membuat roti lebih empuk dan sedap.
Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Margarin dan Mentega
Mentega lebih cocok digunakan sebagai bahan baku kue kering karena aromanya yang sedap dan teksturnya yang lembut. Hasilnya, kue kering pasti menjadi lebih lembut dan tidak terasa keras.

Sedangkan Margarin justru cocok digunakan untuk membuat cake agar cake bisa mengembang dengan sempurna.Kini ada pula produk margarin yang memiliki aroma dan rasa khas mentega sehingga membuat kue yang dihasilkan jadi lebih sedap. Selain itu, margarin juga bisa digunakan untuk membuat aneka tumisan dan sebagai bahan olesan roti. 

Berdasarkan perbedaan margarin dan mentega tersebut, manakah yang lebih Anda butuhkan?

Produk Mentega dan Margarin Terbaik Tersedia di www.mataharimall.com

Ingin menggunakan mentega atau margarin, keduanya bisa Anda dapatkan di MatahariMall. Kunjungi saja https://www.mataharimall.com/ untuk memesan bahan makanan yang Anda butuhkan. Belanja di MatahariMall memang praktis dan cepat sehingga bisa menjadi andalan bagi Anda yang tak sempat berbelanja ke luar rumah.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »