5 Bahaya Membunyikan Persendian Jari, Leher & Punggung Terlalu Sering

PalingMales.com - Apakah sampai saat ini anda sering membunyikan bagian persendian tulang? Terutama di bagian jari - jari tangan, jari - jari kaki, leher, dan punggung? Mungkin mulai sekarang kebiasaan tersebut harus dikurangi sedikit demi sedikit. Memang rasanya melegakan dan nikmat jika sesudah beraktivitas seharian penuh badan terasa pegal - pegal lalu menggerakan anggota badan hingga berbunyi "kreeeekkk".

Dalam medis hal tersebut tidak dibenarkan. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari. Selain itu ada banyak bahaya yang mengintai tubuh anda dibalik kegiatan membunyikan persendian tulang ini diantaranya adalah sebagai berikut :
5 Bahaya Membunyikan Persendian Jari / Leher Terlalu Sering
Ilustrasi : Membunyikan Persendian Tulang Ternyata Membawa Dampak Kurang Baik Jika Dilakukan Terlalu Sering

1. Hilangnya Kontrol Persendian

Membunyikan persendian bisa mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Untuk mampu bergerak ruas jari kita tentunya membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Jika ini gagal dilakukan otak, persendian anda akan susah digerakan dan akan nampak seperti robot yang kaku.

2. Rapuhnya Tulang Rawan

Menurut Edmund Edelma, ketua German Rheumatologists Association (BDRh), Suara bunyi "kreek" berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Membunyikan bagain ruas jari dapat merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan. 

Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus - menerus itu tidak baik karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat merapuhkan hingga menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya.

3. Bergesernya Bantalan Sendi Tulang Belakang

Menurut dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus, Dengan anda membunyikan persendian tulang punggung anda dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan Syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Sehingga akan terjadi pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis). 

4. Persendian Menjadi Aus

Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan misalnya 5 menit sekali, maka bisa berpotensi menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi kronis di kemudian hari.

5. Kekuatan Tangan Menjadi Lemah

Efek Lainnya adalah persendian kita akan membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan. Dengan besaran pelemahan kurang lebih seperempat dari kekuatan tangan yang seharusnya. Membunyikan buku jari tangan dan persendian tulang lainnya akan terasa ketika kita sudah tua nanti, 30 hingga 40 tahun mendatang.

Nah itulah beberapa bahaya yang ditumbulkan dari membunyikan persendian jari, leher maupun punggung anda yang bisa PalingMales.com share. Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. Supaya tulang dan persendian kita tetap kuat dan tidak menimbulkan resiko jangka panjangnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this

Add Comments