5 Tempat Terbaik Melihat Sunrise Di Kota Magelang

PalingMales.com - Sunrise merupakan salah satu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dimana matahari seolah - olah diibaratkan sedang bangun dari tidurnya. Munculnya sang mentari dari ufuk timur merupakan suatu pemandangan yang sangat indah dan wajib dinikmati untuk para penikmat alam. Dengan pesonanya yang sangat indah Sunrise, dapat membius mata para penikmat alam yang  hanya dapat dinikmati di pagi hari.

Di sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yakni Kabupaten Magelang, terdapat beberapa spot atau tempat untuk melihat sunrise. Bagi anda yang kebetulan sedang berada di kota Magelang, tak ada salahnya untuk menikmati sejenak pesona sunrise di kota ini. Anda penasaran dimana sajakah tempat - tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise, berikut informasi selengkapnya :
1. Candi Borobudur
Sunrise di Candi Borobudur, Magelang
Image Source : travel.nationalgeographic.com
Namanya sudah terdengar hingga ke seluruh dunia. Keindahan relief dan arsitektur yang mempesona membuat Candi Borobudur tak henti - hentinya dijejaki oleh wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Candi Borobudur sendiri terletak di Kecamatan Borbudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Selain keindahan fisik bangunannya, ternyata dari Candi Borobudur kita juga menikmati pesona Sunrise yang luar biasa. Gradasi kemilau mentari pagi dipadukan dengan kemegahan Candi ini membuat siapapun seaakan tak ingin berhenti memandangnya. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari arah ujung timur laut menjadi background yang indah untuk kemunculan sang surya. Candi Borobudur dibuka untuk umum pada pukul 06:00 WIB - 17:00 WIB. Untuk bisa menikmati sunrise di tempat ini yang notabene akan muncul pada pukul 05:00 WIB - 06:00 WIB, anda harus menghubungi terlebih dahulu pihak atau petugas candi terkait. Harga tiket per orang ialah Rp. 30.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp. 250.000,- untuk wisatawan luar negeri.
2.  Punthuk Setumbu
Sunrise di Punthuk Setumbu, Magelang
Image Source : belantaraindonesia.org
Punthuk Setumbu merupakan spot berikutnya untuk menyaksikan sunrise yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk Setumbu ini merupakan bukit yang terletak kurang lebih sekitar 5 km arah barat Candi Borobudur. Wisatawan umumnya dikenakan tarif retribusi Rp. 15.000,- untuk dapat menikmati wisata sunrise di tempat ini.

Selain Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dari tempat ini juga terlihat Candi Borobudur yang tentunya akan menambah pesona luar biasa dari pemandangan sunrise di pagi hari. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti mentari terbit. Siapkan tenaga anda untuk berjalan kaki, karena setibanya di tempat parkir, anda diwajibkan berjalan kaki dalam waktu 10 hingga 15 menit hingga sampai di spot sunrise yang dituju. 
3. Puncak Gunung Telomoyo
Sunrise di Gunung Telomoyo, Magelang
Image Source : farm9.static.flickr.com
Telomoyo merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di sebelah barat Gunung Merbabu. Merupakan pembatas antara dua kabupaten yakni Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Untuk dapat menikmati sunrise di tempat ini, kita tidak diwajibkan membawa perbekalan dan perlengkapan ala pendaki mendaki walau Telomoyo adalah sebuah gunung. Karena sudah tersedia jalur untuk sepeda motor dan Mobil hingga menuju ke puncak. Selain view sunrise yang mempesona mata kita juga akan dimanjakan dengan view Danau Rawa Pening di sebelah sisi barat gunung.
4. Puncak Gunung Andong
Sunrise Di Gunung Andong
Image Source : dikyaaditya photography
Kita bergerak ke arah timur dari Gunung Telomoyo maka kita akan menemukan sebuah gunung yang tingginya hampir sama yankni Gunung Andong. Gunung Andong terletak di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki pesona sunrise yang tak kalah menarik dari spot sebelumnya. Latar belakang dengan gunung lain Gunung Merbabu dan Merapi di ujung timur membuat sunrise di pagi hari begitu menakjubkan. Perlu waktu kurang lebih sekitar 2 jam untuk mencapai puncak Andong dengan berjalan kaki. Untuk memasuki jalur pendakian gunung Andong siapkan uang dengan nominal cukup terjangkau yakni Rp. 10.000,- per orang.
5. Ketep Pass
Sunrise di Ketep Pass, Magelang
Image Source : jogjaluarbiasa.blogspot.com
Dan tempat wisata sunrise terakhir ialah Ketep Pass. Ketep Pass merupakan objek wisata alam di sebuah bukit yang terletak di kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Jika melalui Candi Borobudur dan Puthuk Situmbu objek sunrise dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jauh, maka pemandangan sunrise di tempat ini akan lebih dekat karena hanya berjarak kurang dari 10 km jika ditarik garis lurus. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir dan retribusi tempat wisata ini sebesar Rp. 10.000,- per orang. Selain sunrise pengunjung juga disediakan dengan fasilitas tempat wisata seperti Museum vulkanologi, Bioskop vulcano theater & peminjaman teropong. Umumnya pengunjung akan menginap di area wisata ini pada malam harinya agar bisa menikmati pesona sunrise di tempat ini.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi salah satu spot diatas? Sempatkan waktu di pagi hari anda ketika berkunjung di kota Magelang, untuk menikmati eloknya mentari pagi. Yang terpenting ialah jangan sampai anda kesiangan, agar anda tidak ketinggalan kereta untuk menikmati pesona sunrise ini. Perhatikan pula kondisi cuaca supaya anda tidak kecewa. Salam Traveller. . . .

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »