12 Spot Tempat Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang, Yang Wajib Kamu Explore

PalingMales.com - Sunrise merupakan salah satu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dimana matahari seolah - olah diibaratkan sedang bangun dari tidurnya. Munculnya sang mentari dari ufuk timur merupakan suatu pemandangan yang sangat indah dan wajib dinikmati untuk para penikmat alam. 
 
Jika kamu sedang berkunjung di Magelang, Jawa Tengah, maka kamu bisa menemukan beberapa spot tempat untuk melihat sunrise yang cantik nan eksotis. Biar ga makin penasaran dimana sajakah tempat - tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di Magelang, berikut informasi selengkapnya :

1. Sunrise di Candi Borobudur

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang - Sunrise di Candi Borobudur Magelang
Photo : Sunrise di Candi Brobudur, Magelang

Selain pesona kemegahan dan nilai historisnya, ternyata dari Candi Borobudur kita juga menikmati pesona Sunrise yang luar biasa. Gradasi kemilau mentari pagi dipadukan dengan kemegahan Candi ini membuat siapapun seakan tak ingin berhenti memandangnya. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari arah ujung timur laut menjadi background yang indah untuk kemunculan sang surya.

Untuk bisa menikmati sunrise di tempat ini kamu sudah harus stand by di lokasi sejak pukul 4 Pagi, kamu harus menghubungi terlebih dahulu pihak atau petugas candi terkait. Harga tiket sunrise Borobudur per orang sebesar Rp. 325.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp. 425.000,- untuk wisatawan mancanegara.

2. Sunsrise di Punthuk Setumbu

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang - Sunrise di Punthuk Setumbu, Magelang
Sunrise di Punthuk Setumbu, Magelang
 
Punthuk Setumbu merupakan spot berikutnya untuk menyaksikan sunrise yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk Setumbu ini merupakan bukit yang terletak kurang lebih sekitar 5 km arah barat Candi Borobudur. Wisatawan domestik dikenakan tarif Rp. 20.000,- dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara untuk bisa memasuki kawasan objek wisata Punthuk Setumbu.

Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Candi Borobudur menjadi latar belakang dari pesona keindahan sunrise yang ditawarkan di lokasi ini. Terdapat fasilitas seperti spot - spot selfie, rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti mentari terbit.
 
Siapkan tenaga kamu untuk berjalan kaki, karena setibanya di tempat parkir, kamu diwajibkan berjalan kaki dalam waktu 10 hingga 15 menit hingga sampai di spot sunrise yang dituju.
 
3. Sunrise di Punthuk Mongkrong

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang - Sunrise di Punthuk Mongkrong
Sunrise di Punthuk Mongkrong, Magelang

Punthuk Mongkrong tepatnya berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasinya berjarak 30 menit sbelah selatan dari Candi Borobudur. Spot sunrise disini terbilang alternatif bila kamu tidak bisa menikmati sunrise dari Candi Borobudur. Walau alternatif namun pemandangan sunrise yang memukau bisa kamu jumpai disini.

Deretan perbukitan Menoreh dan berpadu dengan romantisnya kabut pagi, membuat siapapun betah berada disini. Untuk HTM kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp. 3.000 saja per orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 2.000. Karena kondisi tanjakan dan turunan yang terjal, pastikan kondisi kendaraan untuk dalam keaadan baik ketika menuju spt lokasi sunrise di Punthuk Mongkrong.
 
4. Sunrise di Punthuk Gupakan

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Punthuk Gupakan
Sunrise di Punthuk Gupakan, Magelang

Punthuk Gupakan berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pesona matahari terbit dipagi hari akan berpadu dengan selimut kabut pagi dari atas perbukitan tempat spot Punthuk Gupakan berada. Hamparan pepohonan dan bunga siap menyambut aktivitas pagi mu di lokasi ini.
 
Fasilitas di Punthuk Gupakan diantaranya mushola, toilet dan gazebo tempat duduk. Lebih baik jika kamu ingin menuju lokasi ini gunakan kendaraan roda dua karena lokasi jalan cukup sempit jika dilalui oleh kendaraan roda empat. Jangan lupa membawa camilan dan penerangan jika kamu ingin pagi - pagi berada di spot sunrise yang satu ini.

5. Sunrise di Gunung Telomoyo

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Gunung Telomoyo
Sunrise di Gunung Telomoyo, Magelang

Telomoyo merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di sebelah barat Gunung Merbabu. Merupakan pembatas antara dua kabupaten yakni Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Untuk dapat menikmati sunrise di tempat ini, kita tidak diwajibkan membawa perbekalan dan perlengkapan ala pendaki mendaki walau Telomoyo adalah sebuah gunung.

Karena sudah tersedia jalur untuk sepeda motor dan Mobil hingga menuju ke puncak. Selain view sunrise yang mempesona mata kita juga akan dimanjakan dengan view Danau Rawa Pening di sebelah sisi barat gunung. Kamu hanya perlu menyiapkan uang tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Parkir kendaraan roda dua Rp. 5.000

6. Sunrise di Gunung Andong

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Gunung Andong
Sunrise di Gunung Andong, Magelang

Kita bergerak ke arah timur dari Gunung Telomoyo maka kita akan menemukan sebuah gunung yang tingginya hampir sama yankni Gunung Andong. Gunung Andong terletak di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki pesona sunrise yang tak kalah menarik dari spot sebelumnya.

Latar belakang dengan gunung lain Gunung Merbabu dan Merapi di ujung timur membuat sunrise di pagi hari begitu menakjubkan. Perlu waktu kurang lebih sekitar 2 jam untuk mencapai puncak Andong dengan berjalan kaki. Untuk memasuki jalur pendakian gunung Andong siapkan uang dengan nominal cukup terjangkau yakni Rp. 10.000,- per orang.

7. Sunrise di Ketep Pass

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Ketep Pass
Sunrise di Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass merupakan objek wisata alam di sebuah bukit yang terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Jika melalui Candi Borobudur dan Puthuk Setumbu objek sunrise dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jauh, maka pemandangan sunrise di tempat ini akan lebih dekat karena hanya berjarak kurang dari 10 km jika ditarik garis lurus.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir dan retribusi tempat wisata ini sebesar Rp. 10.500,- per orang (Hari Senin sd Sabtu) dan Rp. 12.500 (Hari Minggu dan hari libur). Selain sunrise pengunjung juga disediakan dengan fasilitas tempat wisata seperti Museum vulkanologi, Bioskop vulcano theater & peminjaman teropong. Umumnya pengunjung akan menginap di area wisata ini pada malam harinya agar bisa menikmati pesona sunrise di Ketep Pass.
 
8. Sunrise di Silancur Highland
 
Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Silancur Highland Mangli
Sunrise di Silancur Highland, Mangli, Magelang
 
Gardu Pandang Silancur berlokasi tempat ini berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Spot sunrise satu ini berada di ketinggian 1570 mdpl berada di kaki Gunung Sumbing. Berlokasi 30 menit ke arah barat dari pusat kota Magelang.

Tak hanya Pesona sunrise keindahan matahari terbit yang memukau, disini kamu juga bisa menkmati pesona alamnya berupa deretan 9 gunung (Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Giyanti, Gunung Tidar, Gunung Menoreh dan Gunung Sumbing), pesona air terjun dan juga aktifitas penduduk setempat dalam mengelola hasil kebun dan sayuran. 
 
9. Sunrise di Air Terjun Kedung Kayang

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Air Terjun Kedung Kayang
Sunrise di Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

Ingin menikmati sunrise sambil menikmati keindahan derasnya alian air yang jatuh ke bawah? Datang saja ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang. Air Terjun Kedung Kayang berada di Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang. Bisa kamu tempuh 40 Menit perjalanan dari pusat Kota Magelang. Lokasinya tidak begitu jauh dari objek wisata Ketep Pass.

Keindahan air terjun berpadu dengan siluet mentari pagi yang tersembunyi di balik gagahnya Gunung Merapi dan Merbabu membuat siapapun bakal jatuh cinta dengan eksotisme sunrise di tempat ini. Kamu hanya perlu menyiapkan uang masuk HTM sebesar Rp. 4.000 saja per orang dan Rp. 2.000 untuk parkir kendaraan roda duamu. 

10. Sunrise di Mata Langit by Plataran
 
Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Mata Langit
Sunrise di Mata Langit by Plataran, Magelang

Mata Langit by Plataran sejatinya merupakan salah satu resort dan restoran yang berada di Perbukitan Menoreh, Magelang bagian timur. Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan dan 6 gunung sekaligus yakni Gunung Giyanti, Gunung Sumbing, gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Telomoyo. Berjarak kurang lebih 15 menit dari Candi Borobudur.

Selain pemandangan, Beberapa fasilitas yang tersedia bisa kamu manfaatkan untuk spot foto seperti patung singa, rumah joglo dan juga kolam renang. Di Mata Langit by Plataran juga menyediakan paket sunrise untuk breakfast. Jadi kamu bisa lebih enjoy menikmati sarapan karena pengelola akan menyiapkan area khusus untuk berfoto dengan hamparan kabut pagi bak bersantap di negeri di atas awan ketika sang surya menampakkan batang hidungnya.

Siapkan budget Rp. 200.000 per orang untuk kamu bisa memasukin kawasan ini(sudah termasuk paket makan). Dan kamu kudu reservasi terlebih dahulu.
 
11.  Gereja Ayam Bukit Rhema

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Gereja Ayam Bukit Rhema
Sunrise di Gereja Ayam, Magelang

Kalau kamu pernah nonton Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) pasti udah ga asing lagi dengan tempat yang satu ini. Namanya Gereja Ayam Magelang atau Rumah Doa Bukit Rhema.  Bangunan Gereja Ayam / Merpati ini berada di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasinya berada sekitar 5 Km sebelah barat Candi Borobudur. 
 
Pemandangan sunrise di lokasi sungguh menakjubkan. Kamu bisa berfoto tepat diatas bangunan yang bebentuk kepala ayam / merpati. Pemandangan Perbukitan Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu serta Candi Borobudur dari kejauhan yang terselimuti kabut mistis, akan menjadikan pengalaman pagimu menjadi lebih eksotis. Terdapat fasilitas seperti mini cafe, toilet, ruangan ibadah berdoa (5 Agama). Untuk HTM wisatawan domestik Rp. 20.000,- sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 30.000,-.

12. Sunrise di Gunung Giyanti

Spot Wisata Sunrise Terbaik Di Magelang -  Sunrise di Gunung Giyanti
Sunrise di Gunung Giyanti, Magelang

Jika kamu sedang berada di Pusat Kota Magelang kemudian kamu menghadap ke arah barat maka kamu melihat 2 Buah Gunung yakni Gunung Sumbing yang tinggi menjulang dan sebuah gunung yang lebih pendek. Gunung tersebut bernama Gunung Giyanti. 

Gunung Giyanti berketinggian 1200 Mdpl terletak di Desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Pemandangan Sunrise di tempat ini sangat memukau. Kamu bisa melihat hangatnya mentari pagi dengan background Kota Magelang, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Telomoyo. Dari kejauhan kamu juga bisa melihat Candi Selogriyo yang eksotis dan historis. Hamparan pepohonan dan sejuknya udara pagi di Gunung Giyanti akan membuat rileks sejenak jiwa dan ragamu.

Gimana Travellers? sekarang sudah tau kan spot spot destinasi wisata sunrise di Magelang? Sempatkan waktu di pagi hari kamu  ketika berkunjung di kota Magelang, untuk menikmati eloknya mentari pagi. Yang terpenting ialah jangan sampai kamu kesiangan, agar kamu tidak ketinggalan kereta untuk menikmati pesona sunrise ini. Perhatikan pula kondisi cuaca supaya kamu tidak kecewa. Salam Traveller. . . .

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon