Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening, Ciri - Ciri, Penyebab dan Cara Pengobatan

PalingMales.com - Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ kecil yang berperan dan menjadi bagian di dalam sistem imun atau kekebalan tubuh pada manusia. Organ kecil ini tersebar diberbagai bagian tubuh manusia seperti leher, ketiak, payudara, perut, dan pangkal paha. 

Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening, Ciri - Ciri, Penyebab dan Cara Pengobatan
Ilustrasi : Penyakit Kelenjar Getah Bening

Di dalam kelenjar getah bening terdapat sel darah putih dan sel pembentuk kekebalan tubuh. Fungsinya ialah melawan infeksi dan sel kanker. Ketika tubuh terinfeksi penyakit tertentu seperti infeksi atau peradangan, produksi sel pembentuk kekebalan tubuh ini akan meningkat. Akibatnya kelenjar ini akan membesar atau membengkak.

Ciri - Ciri atau Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyakit pembengkakan kelenjar getah bening pada umumnya jarang menimbulkan gejala, tetapi kemunculannya bisa dikenali dengan ciri - ciri sebagai berikut :

  1. Muncul benjolan yang terasa menyakitkan jika disentuh di bawah jaringan atau lapisan kulit. Sering terjadi di area leher, bawah ketiak, atau selangkangan.
  2. Kelenjar getah bening yang bengkak ini umumnya berbentuk bulat, terasa lunak, bisa bergerak saat disentuh, dan umumnya tidak terasa sakit. Dan bisa bertambah besar ukurannya. Serta adanya ruam di kulit.
  3. Tubuh menjadi merasa lebih lelah dari biasanya. Aktivitas anda normal namun dan anda sudah banyak istirahat namun tubuh tetap merasa lelah.
  4. Terasa demam dan berkeringat di waktu malam hari. Ini bisa terjadi karena sel limfoma dapat mengeluarkan semacam zat kimia yang dapat meningkatkan suhu tubuh kita.
  5. Terjadi penurunan berat badan. Penurunan berat badan bisa terjadi karena jika limfatik bersifat agresif. Sistem imun tubuh cenderung bekerja melawan pembengkakan kelenjar bening ini. Akibatnya nafsu makan akan cenderung berkurang sehingga berat badan menjadi turun.

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Banyak hal yang menyebabkan penyakit pembengkakan kelanjar getah bening ini bisa terjadi diantaranya sebagai berikut :

  1. Radang Tenggorokan.
  2. Infeksi Telinga.
  3. Gigi yang terinfeksi abses.
  4. Lupus (penyakit radang kronis yang menyerang sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung, dan paru-paru). 
  5. Infeksi bakteri dari gigitan hewan kucing.
  6. Limfoma. (kanker yang berasal dari sistem limfatik).
  7. Leukemia. (kanker jaringan pembentuk darah, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik).

Cara Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Dalam hal penanganan dari penyakit pembengkakan kelenjar getah bening ini, ada beberapa obat yang bisa digunakan sesuai dengan tipe yang pembengkakan yang terjadi pada pasien diantarannya :

1. Antivirus

Obat antivirus dipakai untuk mengobati infeksi dari virus yang mengakibatkan kelenjar getah bening menjadi bengkak. Obat yang digunakan antara lain infeksi cytomegalovirus (CMV), mononukleosis, herpes simplex, dan infeksi HIV
 
2. Antibiotik

Obat antibiotik digunakan untuk mengobati jenis pembengkakan kelenjar getak bening yang disebabkan oleh bakteri seperti abses. Obat Antibiotik yang dipakai disesuaikan dengan jenis kuman bakteri penyebab terjadinya infeksi

3. Antiparasit

Cacing yang tak terlihat maupun parasit bisa menyebabkan cairan getah bening tersumbat. Obat antiparasit yang bisa digunakan seperti albendazole dan diethylcarbamazine.

4. Kemoterapi

Jika pembengkakan kelenjar getah bening penyebabnya adalah kanker. Maka kemoterapi adalah salah satu solusinya. Selain itu juga bisa digunakan metode radioterapi atau operasi pengangkatan kanker. Penangan disesuaikan dengan stadium kanker yang terjadi.

5. Pengobatan Sendiri

Selain obat yang diberikan dari dokter anda juga bisa meringankan gejala pembengkakan kelenjar getah bening ini dengan melakukan kompress pada bagian yang terjadi penonjolan dengan handuk berish dan air hangat. Istirahat yang cukup setidaknya 8 - 9 jam dan kurangi aktivitas yang menimbulkan kelelahan berlebih.

Dibeberapa kasus tertentu kelenjar getah bening bis ahilang dengan sendirinya, namun bila dalam periode tertentu pembengkakan tidak hilang dalam 2 minggu ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Tentang Halodoc

Dalam kondisi tertentu terkadang kita sulit mendeteksi apakah gejala - gejala yang timbul merupakan awal terjadinya penyakit Pembengkakan Kelenjar Getah Bening. 
 
Dengan kecanggihan teknologi saat ini kita dengan mudah mendiagnosa penyakit yang muncul pada tubuh kita secara realtime. Tentu saja itu semua berkat kehadiran Aplikasi Kesehatan Online Halodoc.

Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online di Halodoc
Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online di Halodoc

Di Halodoc kita bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis dengan biaya tertentu kapan saja dan dimana saja. Jadi anda bisa menentukan tindakan selanjutnya untuk penanganan penyakit yang sedang anda alami. 
 
Di aplikasi Halodoc juga tersedia fitur pembelian obat, kunjungan ke rumah sakit, dan pemeriksaan laboratorium. Tunggu apalagi segera download aplikasi Halodoc di Playstore sekarang juga.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon