Cara Menghemat Biaya Pengeluaran Sehari - Hari

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa biaya pendidikan saat ini memang sudah semakin naik dari tahun ke tahun. Mulai dari adanya biaya seragam, buku, SPP, dan biaya gedung. Namun sebenarnya faktor penyebab dari adanya kenaikan biaya pendidikan tersebut adalah inflasi. Lalu apa yang akan Anda lakukan jika biaya sekolah semakin hari akan semakin mahal? Sedangkan kebutuhan rumah tangga juga semakin banyak, belum lagi uang gaji yang pas-pasan. Lalu bagaimana membuat biaya pengeluaran sehari-hari bisa hemat dengan berbagai keperluan yang semakin banyak?

Cara Menghemat Biaya Pengeluaran Sehari-hari
Ilustrasi : Menghemat Uang / Pengeluaran Sehari - Hari


Mungkin selama ini Anda sudah merasa menyisihkan uang sebagian dari pendapatan yang didapat setiap untuk selalu ditabung. Namun, ternyata tabungan belum juga bertambah dengan signifikan. Justru kebutuhan yang akan selalu bertambah sehingga membuat tabungan Anda menjadi terganggu. Mungkin secara tidak sadar Anda sudah sering mengeluarkan biaya sehari-hari dalam jumlah kecil, namun inilah yang justru membuat Anda menjadi tidak menyadari bahwa pengeluaran yang telah dikeluarkan dengan sering secara sedikit demi sedikit akan membuat keuangan Anda menjadi menipis.

Sehingga jika kita menghemat beberapa godaan seperti menahan diri untuk membeli barang yang kita inginkan misalnya handphone terbaru, emas, dan lain-lain akan terus mengalami kebocoran pada pengeluaran setiap harinya. Apabila hal sepele seperti ini dibiarkan terus menerus, maka pengeluaran yang dalam jumlah kecil ini bisa menumpuk terus menjadi pengeluaran yang besar, dan akibatnya menjadi pemborosan.

Tips Menghemat Pengeluaran Setiap Hari

Nah, pemborosan seperti ini harus segera dihentikan, berikut ini ada beberapa cara untuk memberantas pemborosan kecil yang akan menjadi masalah serius di pengeluaran sehari-hari nanti.
Makanan
Untuk kebutuhan sehari-hari yang penting adalah makanan. Untuk membuat pengeluaran sehari-hari menjadi terkendali, makanan akan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Membeli makanan sehari-hari tidak perlu yang mewah-mewah atau yang mahal-mahal yang penting memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari. Untuk mencegah adanya pemborosan, biasakan diri Anda untuk membuat makanan sendiri atau memasak jika sudah berumah tangga. Biasakan juga pada anak Anda untuk membawa bekal makanan ke sekolah agar Anda juga tidak harus memberikan uang jajan yang terlalu banyak kepada Anda. Hal ini juga menghindari anak Anda untuk jajan di luar yang kurang sehat.

Sedangkan seperti hasrat ingin nongkrong seperti ngopi atau minum cantik di restoran atau cafe harus ditahan sebisa mungkin untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Namun, Anda bisa menggantinya dengan minuman yang lebih sehat yaitu air putih, hal ini bertujuan untuk hidup sehat dan juga untuk menghindari adanya ketagihan yang akan membawa kita ke dalam pemborosan semata. 

Jika ingin tetap meminum kopi atau teh, bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, dalam melakukan belanja bulanan, hal yang perlu diingat adalah hindari mini market yang buka selama 24 jam. Karena biasanya mini market ini memasok harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan market lainnya.  Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket yang biasanya memasok harga grosiran.
Kendaraan Pribadi
Di jaman sekarang, hidup sudah akan selalu memerlukan kendaraan pribadi. Meskipun harga BBM sudah menurun kembali, namun ini yang menjadikan kemacetan serta adanya harga parkir semakin naik dan bertambah. Nah, jika dilihat dari masalah ini adalah sebaiknya biasakan diri untuk lebih banyak berjalan kaki jika pergi ke tempat yang lebih dekat. Atau bisa juga dengan naik kendaraan umum seperti angkutan umum, bus, ojek, dan lainnya.  Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, dapat belajar cara untuk mengganti oli atau ban sendiri, ini akan lebih menghemat pengeluaran jika dibandingkan Anda membawanya ke bengkel.
Pakaian, Produk dan Jasa Perawatan Diri
Kejenuhan dan stress biasanya membuat banyak orang ingin memuaskan dirinya dengan cara belanja. Belanja adalah salah satu cara untuk membuang penat terutama untuk wanita. Tapi dalam hal ini Anda harus mengubah belanja sebagai suatu kebutuhan. Misalnya seperti berbelanja pakaian, gunakan sebaik mungkin kebutuhan berbelanja pakaian Anda untuk membeli pakaian yang hanya dibutuhkan saja. Ada pula seperti berbelanja produk rumah tangga, gunakan ini sebagai belanja kebutuhan yang memang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti berbelanja kulkas, mesin cuci, dan lainnya. 

Selain produk, ada pula belanja untuk kebutuhan merawat diri. Bagi yang biasanya rutin tiap bulan untuk melakukan perawatan diri seperti creambath, manicure, pedicure, dan lain-lain. Pikirkan sekali lagi apakah hal seperti itu perlu dilakukan? Jika tidak terlalu penting ada baiknya untuk menahan diri tidak membeli barang tersebut, kecuali sesuai dengan kebutuhan saja.
Sosial
Dalam pengeluaran yang Anda kendalikan juga tergantung pada dengan siapa Anda pergi. Biasanya jika banyak teman-teman Anda yang dominan royal atau mungkin lebih cenderung dengan boros, misalnya sering hangout ke tempat-tempat elite seperti restaurant mewah, cafe lucu, dan lainnya. Maka gaya hidup Anda juga otomatis akan ikut seperti itu. Hal seperti ini dapat diatasi dengan lebih banyak bersosialisasi dengan banyak teman yang pengeluarannya juga rendah dan tidak suka menggunakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Ini bukan berarti tidak menghargai teman-teman yang royal seperti itu, namun hanya menyesuaikan dari kemampuan  saja.

Atau jika Anda sudah nyaman dengan teman-teman, mungkin diri Anda yang menyarankan kepada teman-teman lainnya untuk membuat party, karokean, nonton film dengan DVD, nongkrong cantik di rumah saja supaya lebih bisa menghemat pengeluaran masing-masing.
 Olahraga
Yang perlu diingat sekali lagi adalah untuk memikirkan kembali kepada diri sendiri bahwa Anda benar-benar butuh dan berminat, tidak hanya semata mengikuti trend saja. Jika Anda ingin berolahraga dengan berkumpul ikut menjadi anggota gym atau senam aerobik, mungkin lebih baik untuk membeli kaset senam dan memutarnya di rumah untuk diikuti setiap harinya. Atau jika ingin benar-benar olahraga, bisa juga untuk rutin jogging atau lari pagi dan sore di sekitar komplek rumah Anda. Selain itu juga dengan memanfaatkan internet untuk mencari tahu olahraga dan teknik-tekniknya.

Nah, beberapa tips dan cara di atas adalah untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Jika beberapa tips di atas masih saja belum bisa menekan pengeluaran yang semakin banyak. Anda bisa berkonsultasi bersama suami atau keluarga untuk melakukan pinjam uang tanpa jaminan dan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena memang pinjaman, pasti suatu saat harus dikembalikan kembali kepada pemiliknya. 

Untuk melakukan pinjaman ini, Anda bisa melakukannya di layanan online yang menyediakan kredit uang bagi mereka yang butuh dana cepat online. Melakukan pinjaman pribadi seperti ini memang sudah sering dilakukan pada banyak orang yang sudah berumah tangga. Jadi hal ini sudah wajar untuk dilakukan. Yang terpenting adalah tetap bertanggung jawab dengan apa yang sudah dipinjam. Intinya adalah pastikan sebuah prioritas akan selalu berguna dan bernilai di kehidupan Anda. Selamat mencoba dan berhemat!

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »