7 Macam Bahaya Mengkonsumsi Air Es Terlalu Sering

PalingMales.com - Air es merupakan hasil pembekuan dari zat cair. Di musim kemarau atau musim panas memang cara paling segar untuk melepas dahaga ialah dengan meminum air dengan campuran atau bongkahan es di dalamnya. Apalagi dalam keadaan panas terik seperti akhir akhir ini.

Namun sebaiknya mulai sekarang kebiasaan seperti itu harus perlahan dikurangi secara berkala. Karena Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, ternyata kebiasaan meminum air es secara terus menerus menimbulkan efek atau dampak yang tentunya tidak baik bagi tubuh. Apa sajakah dampaknya? Silahkan anda simak ulasan selengkapnya berikut ini :

7 Macam Bahaya Mengkonsumsi Air Es Terlalu Sering
1. Menyebabkan Rasa Pusing
Pusing tidak hanya dilami oleh seseorang yang mengalami kelelahan fisik maupun pikiran. Tapi air es juga juga dapat menyebabkan pusing. Pernahkah ketika anda meminum air es tiba - tiba kepala anda seperti sedikit nyeri sesaat sehingga anda mengeritkan dahi? Itulah salah satu gejala pusing yang akan anda alami. Terlebih jika anda anda penderita darah tinggi / darah rendah, maka meminum air es terlalu sering hanya akan menambah rasa pusing tersebut.
2. Pembekuan Otak
Sebuah studi dari Harvard Medical School dilakukan untuk meneliti hubungan pembekuan otak dengan aktifitas minum air es didapatkan hasil yang cukup mencengangkan. Sejumlah orang diminta untuk minum es menggunakan sedotan hingga mengenai dinding langit-langit mulut mereka. Bersamaan dengan itu, aliran darah yang menuju otak dimonitor. Ternyata terjadi peningkatan aliran darah menuju otak. Ini yang memicu rasa pusing sesaat atau pembekuan otak. Pembekuan otak ini lebih berpeluang besar terjadi pada penderita migrain dan sakit kepala.
3. Penyempitan Pembuluh Darah Di Usus
Penyempitan pembuluh darah bisa terjadi dikarenakan suhu air es yang dingin. Nah, kebiasaan meminum air dingin akan membuat dinding usus yang kaya akan pembuluh darah menyempit. Selain itu, dinginnya air yang kita minum akan berpengaruh pada makanan berminyak yang kita konsumsi. Kamu tahu istilah minyak dingin atau minyak beku kan? Minyak berubah menjadi warna putih pucat dan bahkan berbentuk padatan.

Suhu es menyebabkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak. Akibatnya, terjadi penumpukan lemak dibagian saluran usus sehingga terjadi penyempitan usus. Penyempitan ini tentunya akan berpengaruh pada proses pelumatan dan penyerapan nutrisi dalam usus.
4. Hindari Minum Air Dingin Selepas Olahraga
Aktifitas olahraga akan membuat otot menegang, panas tubuh meningkat dan terjadi pembakaran lemak. Maka jika air dingin atau es masuk pada kondisi tubuh seperti ini, tentunya akan terjadi kontradiksi yang ekstrem. Perubahan ekstrem dan mendadak ini tentunya akan mengganggu metabolime tubuh. Terutama sehabis olahraga atau melakukan pekerjaan berat, tubuh kita kekurangan cairan, maka disarankan untuk memenuhinya dengan minum air secukupnya agar cairan tubuh kembali normal.
5. Perut Buncit
Proses penghangatan air dingin yang kita konsumsi akan dilakukan oleh jaringan lemak. Semakin banyak dan tinggi intensitas kamu mengonsumsi air dingin, maka akan membutuhkan jaringan lemak lebih banyak. Munculnya jaringan lemak dalam tubuh ini didapatkan dari asupan makanan yang kita makan setiap hari. Jadi, dengan makin menebalnya jaringan lemak akibat dorongan menetralisir air dingin yang dikonsumsi akan membuat perutmu menjadi buncit.
6. Rasa Haus Semakin Meningkat
Ketika anda meminum air es makan akan menimbulkan rasa haus berlebih. Semakin anda meminum air es semakin pula menimbulkan ketidakseimbangan metabolisme dalam tubuh anda tubuh. Hal ini terjadi karena air dingin akan menyebabkan  tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus adalah indikator bahwa tubuh kita kekurangan cairan yang harus segera kita penuhi, dengan cara menggantinya dengan minum air suhu kamar biasa.
7. Memicu Sakit Tenggorokan
Ketika anda minum air es yang terlalu dingin, secara otomotasi tenggorakan anda akan mengeluarkan cairan sejenis lendiri untuk menstabilkan suhu dalam tenggorokan anda. Namun semakin banyak lendiri yang dikeluarkan tentunya akan berdampak pada saluran tenggorokan yang akan lebih mudah dan rentan terkena infeksi dan radang.

Itulah 7 tips perihal dampak dari terlalu seringnya mengkonsumsi air es yang bisa PalingMales.com share. Mulai sekarang cobalah untuk mengganti cairan minuman kita dengan yang lebih sehat dan lebih mudah dicerna dan tidak menganggu metabolisme untuk tubuh kita. Jaga selalu kesehatan anda dan Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »