10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

PalingMales.com - Sampai saat ini, Virus Corona atau COVID-19 memang masih belum diketemukan vaksin atau obatnya. Para ilmuan, pakar maupun mereka yang ahli dibidangnya masih terus melakukan penelitian guna menemukan solusi dari infeksi virus Corona ini.

Untuk saat ini, Badan Kesehatan Dunia dan juga Pemerintah telah menginformasikan berbagai metode guna mencegah dan memutus penyebaran mata rantai COVID-19 ini. Diantaranya dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan social distancing, penggunakan masker ketika berpergian, periksa atau check up di fasilitas kesehatan sesegera mungkin bila muncul gejala corona serta belajar dan bekerja dari rumah.

Selain itu diperlukan dukungan untuk tubuh masing - masing individu agar daya tahan tubuh menjadi kuat & meningkat guna menangkal infeksi virus corona. Berikut ini PalingMales share beberapa metode mengenai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya kamu bisa terhindar dari penyebaran infeksi virus Corona (COVID-19), anatara lain :

1. Perbanyak Makanan Bergizi Kaya Serat Berprotein Tinggi.
Makanan Bergizi Kaya Serat Berprotein Tinggi
Photo : Makanan Bergizi Kaya Serat Berprotein Tinggi

Apa yang kita konsumsi sehari - hari juga membantu meningkatkan imunitas tubuh kamu. Makanan berprotein berfungsi dalam pembentukan otot dan tulang, memperkuat serta memperbaiki jaringan tubuh serta membuat antibodi untuk tubuh. Makanan berprotein tinggi bisa kita temukan pada ikan laut, putih telur, daging ayam, susu dan keju.

Sedangkan makanan kaya serat bermanfaat untuk  tubuh dalam melancarcarkan organ pencernaan, menurunkan kadar kolesterol serta membantu mengontrol gula darah. Makanan kaya serat bisa kita temukan pada buah - buahan seperti (alpukat, pisang, apel) lalu sayuran seperti brokoli, bayam & wortel), kacang - kacangan seperti (kacang almond, kacang merah) & makanan pokok seperti (oat & beras merah).

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi serat tersebut membantu meringankan kerja antibodi tubuh supaya bisa lebih fokus untuk mencegah masuknya virus COVID-19.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah Bervitamin.
Perbanyak Makan Sayur dan Buah Bervitamin
Photo : Perbanyak Makan Sayur dan Buah Bervitamin

Mengkonsumsi secara rutin sayuran maupun buah - buah sangat berguna bagi tubuh kita. Karena sayar dan buah mengandung antioksidan dan anti-inflamasi, arotenoid (bermanfaat untuk kekebalan tubuh), flavonoid (melindungi dari kanker dan penyakit kardiovaskular), glukosinolat (membantu mencegah kanker). Selain itu kandungan berbagai macam vitamin yang terkandung mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu.

Buah tinggi vitamin bisa kita temukan pada jambu biji, lemon, jeruk, pepaya, melon, nanas & apel. Sayur tinggi vitamin juga bisa kia temukan pada brokoli, bayam, wortel, kangkung, tomat & papripa.

3. Kurangi Gula & Makanan Berminyak
Kurangi Gula & Makanan Berminyak
Photo : Makanan Manis Mengandung Gula

Terlalu banyak makan - makanan manis meningkatkan resiko kegemukan atau obesitas, tumbuhnya sel kanker serta mampu menurunkan daya kemampuan otak. Makanan berminyak yang dikonsumsi terlalu banyak selain obesitas  meningkatkan resiko obesitas, memicu stroke dan penyakit jantung, serta memperberat organ pencernaan karena susah dicerna.


Ditengah pandemi virus Corona seperti saat ini makan - makanan seperti itu alangkah baiknya untuk dikurangi atau dihindari. Tubuh membutuhkan antibodi yang kuat untuk menangkal virus. Jika kekuatan antibodi terpecah untuk membackup organ dalam tubuh karena terlalu sering makan makanan yang manis dan berminyak. Maka sistem kekebalan akan menjadi sangat rentan.

4. Perbanyak Minum Air Putih atau Cairan Isotonik
Perbanyak Minum Air Putih atau Cairan Isotonik
Photo : Perbanyak Minum Air Putih atau Cairan Isotonik

Kandungan air di dalam tubuh manusia sehat sekitar lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air ini membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Kebutuhan ideal air minum bagi tubuh kita berkisar 8 - 10 gelas per hari atau sekitar 2 liter air minum per harinya.

Jika aktivitas sehari hari sangat berat bisa ditambah pula dengan cairan isotonik. Hal ini dimaksudkan supaya kamu tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun seperti kelelahan, mual, pusing, kerusakan otot dan gangguan pencernaan seperti sembelit. Kekurangan cairan juga beresiko antibody tubuh rentan terserang oleh virus.

5. Istirahat Yang Cukup dan Kurangi Begadang
Istirahat Yang Cukup dan Kurangi Begadang
Photo : Istirahat Yang Cukup dan Kurangi Begadang

Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Terlalu sering begadang dan kurangnya waktu tidur mampu meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, diabetes, menurunnya imun tubuh, stress serta depresi.

Kebutuhan akan tidur bagi orang dewasa berkisar 7-8 jam setiap hari, dengan waktu tidur terbaik adalah di malam hari direkomendasikan antara jam 09 : 00 malam hingga jam 04 : 00 pagi. Dengan istirahat yang cukup mampu meningkatkan produktivitasmu dan daya tahan tubuhmu ketika beraktivitas di siang hari.

6. Berolahraga Ringan, Cukup Dengan Intensitas Rutin
Berolahraga Yang Ringan, Cukup dan Intensitas Rutin.
Photo : Berolahraga Yang Ringan, Cukup dan Intensitas Rutin.

Aktivitas olahraga sudah terbukti salah satu upaya menjadikan badan sehat dan bugar. Dikeluarkannya keringat oleh kulit ketika berolahraga menjadi salah satu media pengeluaran racun tubuh. Dengan keluarnya racun dalam tubuh tentu saja membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik lagi.

Ditengah pandemi virus Corona / COVID-19 seperti saat ini, berolahraga di luar ruangan memang tidak dianjurkan karena disinyalir kamu bisa membawa partikel - partikel virus dari luar. Olahraga di dalam rumah adalah solusinya.

Olahraga di dalam rumah banyak macamnya seperti melakukan gerakan sit up, push up, plank,  jumping jack, squat, joging di area halaman rumah, lompat tali, senam maupun naik turun tangga. Lakukan dengan rutin setidkanya 30 menit per harinya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

7. Konsumsi Suplemen Vitamin Sesuai Anjuran Dokter
Konsumsi Suplemen Vitamin Sesuai Anjuran Dokter
Photo : Konsumsi Suplemen Vitamin Sesuai Anjuran Dokter

Selain menjaga kebugaran dan kesehatan dari tubuh kamu sendiri. Kamu juga perlu untuk mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Suplemen dapat tersedia dalam berbagai bentuk yakni tablet, kapsul, bubuk, atau cairan.. Suplemen Vitamin juga harus wajib mempunyai ijin edar, terdaftar dan terdata oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dalam konsumsinya kamu juga harus tetap mengikuti arahan sesuai resep dokter supaya tidak dikonsumsi secara berlebihan atau overdosis.

8. Kelola Kadar Stress dan Kecemasan
Kelola Kadar Stress dan Kecemasan
Photo : Kelola Kadar Stress dan Kecemasan

Beragamnya informasi dari berbagai media tentang perkembangan virus COVID-19 terkadang menimbulkan kecemasan, kepanikan dan kekhawatiran yang berlebih. Jika kita tidak bisa memfilter atau menyaring berita - berita tersebut maka sangat rentan kamu terserang stress atau depresi.

Ketika informasi - informasi tersebut telah membuat rasa khawatir yang berlebihan sudah saatnya kamu stop scrolling feed akun sosial mediamu, lalu segera lakukan kegiatan yang membuat kamu menjadi lebi hrileks dan tenang. Seperti melakukan aktivitas hobimu, meditasi, mewarnai, bercanda gurau bersama keluarga di rumah atau mandi dengan air hangat. Karena ketika stres tervonis di jiwa kamu, maka mengakibatnya menurunnya sistem kekebalan fisik, sehingga lebih mudah virus untuk menyerangnya tubuhmu.

9. Stop Hoax & Pilih Media Yang Kredibel
Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online di Halodoc
Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online Kredibel di Halodoc

Salah satu sumber informasi kredibel yang bisa dipercaya adalah berasal dari aplikasi dan situs website Halodoc.

Halodoc merupakan sebuah platform perusahaan digital asal Indonesia yang melayani bidang konsultasi kesehatan secara online. Melalui Halodoc kita bisa dengan mudah berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter ahli dibidangnya, membeli obat dan melakukan check lab kapanpun dimanapun tanpa harus keluar rumah.

Halodoc juga menyediakan informasi - informasi yang lengkap seputar dunia kesehatan seperti informasi penyakit, gejala, cara pencegahan maupun cara penanganan, diet, olahraga, pola hidup sehat yang terpercaya dan tentu saja bisa diuji kebenarannya. karena informasi yang dibagikan oleh Halodoc bersumber dari ahli dan sumber yang kredibel dan pastinya jauh dari berita yang simpang siur atau Hoax.

10. Berdoa Kepada Tuhan YME Senantiasa Diberi Perlindungan
Berdoa Kepada Tuhan YME Senantiasa Diberi Perlindungan
Photo : Senantiasa Berdoa Kepada Sang Pencipta

Mungkin anda telah menerapkan semua upaya guna mencegah penyebaran infeksi Virus Corona ini. Namun sebagai insan yang taat beragama kamu juga tetap selalu berdoa untuk selalu meminta perlindungan kepada Sang Pencipta Tuhan YME. Karena Tuhan lah yang maha pemberi pertolongan, kesembuhan dan solusi atas segala permasalahan umatnya. Dengan menerapkan kegiatan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah, seharusnya menjadi moment kamu untuk lebih fokus berserah diri dengan Sang Pencipta.

Virus Corona memang belum ada vaksin obatnya, namun percaya bisa kita cegah dan putus rantai penyebarannya. Dengan cara yang tepat dan selalu mengikuti anjuran Pemerintah. Semoga artikel 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Virus Corona COVID-19 dapat bermanfaat bagi kamu semua.
ARTIKEL TERKAIT - Kesehatan
Latest
Previous
Next Post »