10 Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang, Yang Wajib Kamu Kunjungi

PalingMales.com - Liburan ke kota yang memiliki julukan Kota Seribu Bunga, Magelang, ga asik rasanya kalau tak melipir menikmati keindahan objek wisata alamnya. Tak hanya terkenal dengan salah satu keajaiban dunianya yakni Candi Borobudur. Magelang juga terkenal dengan keindahan objek wisata terutama spot air terjunnya.

Mau tau air terjun apa saja yang bisa kita jadikan alternatif destinasi wisata, berikut PalingMales.com share ulasannya :

1. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

Air Terjun Kedung Kayang terletak Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air ini bersumber dari mata air dari Gunung Merapi. Untuk dapat ke spot air terjunnya, kita diwajibkan berjalan ke bawah melewati beberapa perkebunanan milik warga sekitar kurang lebih sekitar 200 meter / 20 menit.

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Kedung Kayang Magelang
Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

Untuk dapat menikmati indahnya obyek wisata ini kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 4.000,- saja.  Sejuknya air dan udara di kawasan ini dijamin ga bakal bikin kamu nyesel ke spot air terjun yang satu ini. Air terju Kedung Kayang ini juga merupakan salah satu destinasi wisata spot sunrise atau matahari terbit di Magelang, Jawa Tengah.

 
Selain itu terdapat juga spot foto dimana kamu bisa mendapatkan foto diatas air terjun berlatar belakang pohon pinus dan Gunung Merapi, selain menawan pastinya bakalan instagramable.

2. Air Terjun Sekar Langit

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit, Magelang
 
Air terjun berikutnya ialah Air terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogo Rejo, Kecamatan Grabag, Magelang. Air terjun ini besumber dari mata air di Gunung Telomoyo. Air terjun sekar langit memiliki ketinggian sekitar 25 meter.
 
Untuk mencapai air terjun ini kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter atau 15 menit. Selama perjalan kita akan di suguhkan pemandangan berupa pepohonan yang masih rindang. Untuk dapat masuk ke lokasi ini kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- rupiah saja per orang. Cukup murah bukan?

3. Air Terjun Curug Silawe

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Curug Silawe, Magelang
Air Terjun Curug Silawe, Magelang
 
Air terjun Curug Silawe terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang jawa tengah. Air terjun ini berada tepat di lereng kaki Gunung Sumbing sebelah selatan. Sumber air di air terjun ini berasal dari lereng Gunung Sumbing. Air terjun Curug Silawe memiliki ketinggian sekitar 50 meter. 
 
Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Curug Silawe, Magelang
Air Terjun Curug Silawe, Magelang

Untuk menjangkau ke area air terjun ini kita sudah disediakan jalan bertangga. Selama perjalanan kita akan disuguhi  berbagai macam pemandangan pepohonan yang bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih fresh.

4. Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Grenjengan Kembar, Magelang
Air terjun Grenjengan Kembar, Magelang

Air terjun Grenjengan Kembar terletak Di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang. Sumber mata air disini berasal dari lereng Gunung Merbabu. Air terjun grenjengan kembar ini terkenal masih alami dan belum begitu ter eksplore oleh para treveler.
 
Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Grenjengan Kembar, Magelang
Air Terjun Grenjengan Kembar, Magelang

Untuk mencapai lokasi air terjun kita harus melewati jalan setapak yang sudah sudah ada, kemudian menyusuri sebuah jembatan bambu.
 
Setelah itu kita akan disuguhkan oleh pemandangan hutan pinus yang ada di sekitar kita dan sampailah kita di Air Terjun Grenjengan Kembar yang memiliki 2 air terjun yang tingginya sekitar 20 meter. Untuk masuk ke lokasi ini kita hanya cukup membayar htm sebesar Rp. 10.000 per orang.

5. Air Terjun Sumuran Seloprojo

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Sumuran Seloprojo, Magelang
Air Terjun Sumuran Seloprojo, Magelang
 
 
Air terjun Seloprojo terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter. Suasana hijau pepohonan ditambah sejuknya alam serta sapa penduduk yang ramah akan menjadikan perjalanan kamu menuju tempat ini semakin menawan.
 
Biaya masuk Air Terjun Seloprojo ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- orang dan parkir sepeda motor Rp.2.000,- per unit.
 
6. Curug Delimas
 
Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Curug Delimas, Magelang
Curug Delimas, Magelang
 
Curug Delimas berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 
 
Curug Delimas cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian. Udara yang segar, air yang sejuk ditambah suguhan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan menuju Curug yang satu ini. Siapkan biaya tiket masuk Rp. 10.000 supaya kamu dapat memasuki kawasan wisata curug Delimas ini.

7. Curug Sigetik 

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Curug Sigetik, Magelang
Curug Sigetik, Magelang

Curug Sigetik terletak di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Curug ini memang tidak terlalu tinggi namun memiliki debit aliran air yang cukup deras. Suasana di Curug Sigetik masih sangat asri karena curug ini tergolong masih asing ditelinga traveler. Walau begitu curug Sigetik juga menawarkan kesegaran serta kesejukan lokasi curug yang masih alami.

8. Curug Bujet

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Curug Bujet, Magelang
 
Masih satu lokasi dengan Curug Sigetik, pesona keindahan Curug Bujet juga layak untuk dijadikan traveler sebagai pilihan destinasi tempat wisata air. Jika kamu menginginkan tantangan, jalan menuju curug ini layak diperhitungkan. Untuk menuju ke spot curug Bujet, sobat traveler wajib berhati - hati karena licinnya jalur yang dilewati. 
 
Namun itu terbayar sudah sesampai di lokasi curug dengan debit air yang deras sekaligus menyegarkan pikiran dan mata kita. Dengan membayar HTM sebesar Rp. 5.000,- per orang serta biaya parkir kendaraan bermotor Rp. 2.000, kamu sudah bisa mengunjungi dua tempat curug sekaligus yakni Curug Sigetik dan Curug Bujet ini.

9. Air Terjun Goa Slandak

Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Air Terjun Goa Slandak, Magelang
Air Terjun Goa Slandak, Magelang

Air Terjun Goa Slandak terletak di Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini letaknya ada di tengah - tengah hutan pinus. Untuk menuju lokasi spot air terjun ini, kamu akan emlewti ladang perkebunan para petani desa sekitar. Air terjun ini berketinggian 6 meter dengan debit air yang cukup deras.

Suasana hawa sejuk dan rindangnya pepohonan tak akan membuatmu merasa merasa kepanasan ketika berada di lokasi air terjun Goa Slandak. Harga tiket masuk cukup terjangkau yakni Rp. 3.000 per orang dan Rp. 2.000 untuk tarik parkir kendaraan bermotor.
 
10. Curug Watuploso
 
Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Magelang - Curug Watuploso, Magelang
Curug Watuploso, Magelang
 
Curug Watuploso terletak di kawasan perbukitan Menoreh. Berlokasi di Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata curug Watu Ploso bisa kamu jadikan alternatif sesudah selain Candi Borobudur. Karena Curug Watu Ploso hanya berjarak 20 menit (9 Km) sebelah barat dari Candi Borobudur.

Pemandangan pegunungan Sumbing dan Perukitan Menoreh tersaji sangat indah ketika kamu berada dilokasi curug Watu Ploso ini. Curug Watuploso memiliki tiga tingkatan air terjun. Dimana Air terjun yang pertama ini memiliki ketinggian sekitar 10 - 12 meter. Kondisi debit air relatif sedang tidak terlalu deras. Namun kamu wajib berhati - hati ketika menuju spot curug yang satu ini karena kamu kudu melewati bebatuan yang cukup licin. Tiket masuk Curug Watu Ploso adalah Rp. 3.000 per orang. Dan parkir kendaraan bermotor Rp. 2.000 (Roda 2) & Rp. 5.000 (Roda 4).

Nah itu itu dia spot - spot wisata air terjun yang ada di Kawasan Kota Magelang. Lihat foto - fotonya aja pasti kita sudah penasaran dan ingin ngerasain bagaimana sejuknya air dan suasana disana. 
 
Jangan lupa bawa bekal dan air minum karena beberapa lokasi rekomendasi air terjun diatas masih alami dan tidak tersedia tempat pedagang yang berjualan. Dan daripada rasa penasarannya makin berlipat ganda, yuk langsung otw ke spot spot wisata air terjun diatas.

Share this

2 komentar

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon