9 Cara Kurangi Rasa Kantuk Berlebih di Siang Hari

PalingMales.com - Mengantuk adalah hal wajar yang dialami oleh seseorang. Seseorang bisa mengantuk disebabkan oleh banyak hal semisal kurang tidur di malam hari, makan terlalu banyak alias kekenyangan lainnya dan penyebab - penyebab mengantuk lainnya. Adalah hal yang tidak semestinya jika mengantuk di siang hari menganggung aktivitas produktif anda semisal ketika anda sedang belajar di sekolah atau bekerja di kantor.
9 Tips Kurangi Rasa Kantuk di Siang Hari
Ilustrasi : Mengantuk Saat Bekerja

Dan pada kesempatan kali ini PalingMales.com akan share kembali mengenai Beberapa kegiatan yang dapat membunuh atau mengurangi rasa kantuk anda di siang hari, berikut ulasan selengkapnya :

1. Cukupi Waktu Tidur

Poin yang satu ini sudah sangat jelas, tapi untuk kebanyakan kita secara tak sadar seringkali memotong sejam-dua jam waktu tidur di malam hari atau pagi hari untuk melakukan hal lain. Kebanyakan orang dewasa butuh 7-9 jam tidur di malam hari, sementara remaja butuh 9 jam tidur. Pastikan Anda mematok waktu tidur 8-9 jam setiap malamnya.

2. Bersihkan Tempat Tidur Dari Segala Gangguan

Khususkan tempat tidur Anda hanya untuk tidur atau bercinta saja. Hindari keinginan untuk menonton televisi sambil berbaring di tempat tidur, atau bermain video games, atau menggunakan laptop di atas tempat tidur. Jangan pula tergoda untuk melakukan perhitungan tagihan di atas tempat tidur, atau melakukan diskusi di atas tempat tidur. Hal ini akan membuat Anda sulit untuk tertidur.

3. Konsisten Dengan Waktu Bangun Tidur

Dengan bangun di jam yang sama setiap hari akan membantu membangun ritme pola tidur anda. Jika Anda melakukan hal ini dan merasa sulit tidur di malam hari, Anda akan merasa lebih mengantuk di waktu tidur hari berikutnya.

4. Majukan Waktu Tidur Secara Perlahan

Langkah lain untuk lebih konsisten dengan jadwal tidur adalah dengan mencoba memajukan waktu tidur sebanyak 15 menit setiap harinya untuk 4 malam berturut-turut. Lalu pertahankan waktu yang terakhir. Memajukan waktu tidur secara perlahan memiliki kemungkinan untuk berhasil ketimbang memajukan waktu tidur satu jam lebih awal secara mendadak.

5. Waktu Makan Yang Konsisten dan Sehat

Tak hanya waktu tidur, tapi waktu makan yang rutin pun akan membantu mengatur ritme sirkadia. Mengkonsumsi sarapan dan makan siang yang sehat dan tepat waktu, akan mencegah kekurangan tenaga di siang hari. Pastikan waktu makan di malam hari terjeda setidaknya 2-3 jam sebelum waktu tidur.

6. Berolahragalah

Olahraga, khususnya aerobik (olahraga yang gerakannya berulang) biasanya bisa membantu tubuh lebih tenang dan mudah jatuh tertidur di malam hari. Olahraga memberikan energi dan membantu Anda berpikir lebih tajam. Namun hindari berolahraga 3 jam sebelum waktu tidur.

7. Perbaiki Jadwal

Jika Anda berpikir bahwa tak mungkin untuk bisa tidur 8 jam di malam hari, maka Anda perlu menyusun ulang jadwal harian Anda. Pindahkan beberapa aktivitas di malam hari ke waktu lain. Coba kurangi pekerjaan yang tak terlalu penting. Mendapatkan tidur yang cukup di malam hari membantu Anda berproduksi lebih baik di sisa hari Anda.

8. Ciptakan Ritual Tidur Yang Menyenangkan

Kegiatan ritual rileksasi sebelum tidur bisa membedakan waktu tidur dari aktivitas sehari-hari, khususnya yang membuat stres. Coba lakukan meditasi, berendam di air hangat, mendengarkan musik tenang, atau membaca buku. Atau mungkin meminum secangkir teh herbal hangat.

9. Temui Dokter

Rasa kantuk berlebihan di siang hari bisa menyebabkan gangguan tidur. Jika Anda selalu merasa kelelahan di siang hari, meski Anda bisa tidur nyenyak di malam hari, Anda mungkin memiliki gangguan tidur. Sebaiknya temui ahli tidur, atau dokter untuk mencari tahu masalah utamanya

Dan itulah beberapa tips yang bisa PalingMales.com bagi ke anda. Jaga selalu kondisi tubuh anda agar tetap fit dan rasa kantuk anda tidak datang lagi mengganggu aktivitas - aktivitas produktif anda. Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Share this

Add Comments