6 Tips Cara Ampuh Berbisnis di Instagram

PalingMales.com - Perkembangan internet akhir-akhir ini semakin berkembang dengan sangat cepat. Bahkan teknologi pun juga turut mengubah kebiasaaan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Jika dulu internet hanya digunakan untuk mencari informasi saja, lalu bermain game, lalu menonton video di YouTube, lalu berubah sebagai tempat untuk bersosialisasi dengan banyak orang lewat media sosial, sekarang internet juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Yup, benar sekali. Sekarang banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai tempat untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Cara Ampuh Berbisnis di Instagram
Photo : Berbisnis Via Sosial Media Instagram
Saat ini sudah banyak sekali media sosial yang muncul akibat perkembangan dari internet. Beberapa media sosial yang terkenal antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram. Media sosial ini bukan Cuma dijadikan sebagai tempat untuk kita berbagi status atau foto kepada teman-teman Anda. Sekarang media sosial dijadikan sebagai ladang bisnis yang kuat. Sudah banyak cerita menarik tentang para pebisnis yang memulai kesuksesan mereka dengan media sosial. Salah satu media sosial yang dapat dijadikan sebagai ladang bisnis adalah Instagram. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang beberapa tahun ini menjadi sangat populer. Anda bisa berbagi gambar maupun video. Anda pun juga bisa mendapatkan uang lewat Instagram!

Sudah banyak sekali pengguna Instagram yang memanfaatkan media sosial yang satu ini sebagai tempat untuk berjualan. Bahkan beberapa brand dari perusahaan besar pun juga ikut menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Nah, jika Anda juga tertarik untuk membuka online shop di Instagram, maka Anda harus tahu bagaimana cara memanfaatkan Instagram sebagai media berjualan Anda. Berjualan di Instagram tidak semudah meng-upload foto-foto saja. Namun Anda membutuhkan strategi dan teknik yang jitu agar calon pelanggan tertarik dengan barang dagangan Anda. Hal ini tentu saja berbeda dengan berjualan di toko offline. Anda bisa melakukan promos dengan memasang banner atau spanduk di depan toko, menaruh iklan di kolan, menaruh papan diskon, bahkan berjualan di tempat yang ramai akan manusia.

Apalagi jika Anda baru saja membuka akun Instagram untuk berjualan, maka Anda akan bersaing dengan ribuan online shop di Instagram. Tentu saja hal ini tidak mudah bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan karena toko Anda masih baru. Meskipun begitu, kesempatan untuk sukses berjuala di Instagram masih ada dan masih besar peluangnya. Instagram merupakan media sosial yang pailing banyak dimiliki orang akhir-akhir ini. Selain itu, Instagram juga merupakan media yang efektif untuk mempromosikan barang dagangan. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa sukses mendapatkan banyak pelanggan dan keuntungan di Instagram? Berikut ini caranya.
1. Jepret Foto Dari Angle Yang Pas
Karena Instagram adalah media sosial berbasis foto, tentu saja foto menjadi elemen yang paling penting untuk bisnis Anda. Karena itulah foto-foto yang akan di-upload di Instagram Anda harus bagus. Salah satunya caranya adalah dengn jepret dari angle yang pas. Angle sangat menentukan kualitas gambar, begitu pula dengan kamera yang Anda gunakan untuk mengambil foto. Jika Anda dapat mengambil foto dengan bagus, maka foto-foto yang dipajang di Instagram akan membuat calon pembeli tertarik untuk mengunjungi akun Instagram Anda. 

Syukur-syukur mereka juga tertarik untuk membeli barang dagangan Anda. Memang mendapatkan foto yang bagus membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika Anda mempunyai budget untuk menyewa fotografer, maka Anda bisa menyewa jasa mereka untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Anda juga bisa minta babtuan teman yang cakap dalam bidang fotografi. Bahkan waktu pengambilan foto pun juga harus tepat agar hasilnya bagus. Menurut pengalaman, pagi dan sore hari merupakan waktu-waktu terbaik untuk mengambil gambar. Pada waktu-waktu tersebut cahaya matahari sedang bagus-bagusnya.
2. Gunakan Efek Yang Tepat
Selain menemukan angle yang tepat dan menggunakan kamera yang mumpuni, gunakan pula efek yang tepat agar jepretan foto Anda semakin bagus. Memang fungsi efek bertujuan untuk membuat foto semakin bagus. Efek juga dapat menambahkan kontras pada foto-foto Anda. Sudah banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa Anda download secara gratis di Play Store seperti PicsArt, VSCO, Afterlight, Analog, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi edit foto tersebut menawarkan berbagai filer yang dapat mempercantik foto-foto Anda.
3. Upload Foto Secara Berkala
Semakin sering Anda meng-upload foto di akun Instagram Anda, maka aktivitas Anda di media sosial tersebut juga semakin meningkat. Anda juga akan lebih sering masuk ke explore pengguna Instagram lain. Tentu saja hal ini akan semakin meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi halaman Instagram Anda. Mereka akan melihat foto-foto baru yang Anda upload.

Apalagi dengan foto-foto yang bagus dan sudah diberi efek akan membuat banyak calon pelanggan mengikuti akun Instagram Anda dan membeli barang dagangan. Namun sebaiknya jangan upload banyak foto terlalu banyak karena pasti akan mengganggu followers Anda. Sebaiknya upload 3 hingga 4 foto saja tiap harinya. Jangan lupa untuk mengatur jadwal upload foto agar bisa dilihat oleh followers Anda.
4. Cari followers
Mencari followers memang tidak mudah untuk online shop baru. Karena itulah Anda bisa membeli followers. Banyak sekali online shop di Instagram yang membeli followers dan likers agar akun mereka semakin meyakinkan calon pelanggan. Apalagi sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa jual beli followers dan likers. Jika Anda ingin membeli followers, sebaiknya jangan langsung membeli dalam jumlah banyak. Hal ini agar menghindari calon pelanggan yang mencurigai bahwa followers Anda palsu. Lakukan secara bertahap dan sesuaikan dengan jumlah likers pula.
5. Buat Video
Karena Instagram juga bisa berbagai video, sebaiknya Anda juga upload video singkat di Instagram atau update Instastory Anda. Buatlah video yang menunjukan barang dagangan Anda agar orang-oang bisa menerka-nerka barang yang akan mereka dapatkan dari online shop Anda. Anda juga bisa buat video atau motion seputar testimony dari pembeli agar calon pembeli semakin yakin bahwa Anda adalah penjual yang terpercaya.
6. Gunakan Jasa Paid Promote dan Endorse
Mempromosikan online shop Anda sangatlah penting. Dengan promosilah maka Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. Ada du acara untuk mempromosikan onlie shop Anda lewat Instagram yaitu lewat jasa padi promote dan endorse. Karena Anda masih baru, maka jangan paid promote atau endorse lewat artis karena biayanya mahal. Anda bisa memilih para selebgram yang mempunyai followers yang banyak namun harga untuk jasa mereka tidak semahal artis.

Demikian 6 cara untuk dapat berjualan dengan laris lewat Instagram. Jika Anda tertarik untuk berbisnis lewat Instagram namun masih bingung karena belum mempunyai modal, maka sebaiknya Anda melakukan pinjaman online lewat monily.id online. Lewat pinjam uang online lah maka Anda bisa mendapatkan pinjaman modal untuk bisnis Anda dengan cepat dan mudah. Semoga informasi kali ini bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »