5 Tips Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Toko Online Anda

PalingMales.com - Di era jaman now ini, keberadaan internet memang sudah diragukan lagi akan manfaatnya. Dari manfaat mencari informasi hingga menjadi ladang untuk mencari rejeki semua bisa kita dapatkan. Menjadikan internet sebagai sumber tambahan rejeki bisa dilakukan dari berbagai media, seperti melalui sosial media facebook, Instagram maupun website.
5 Tips Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Toko Online Anda
Ilustrasi : Memilih Web Hosting untuk Toko Online Anda

Khususnya jika anda ingin mengembangkan suatu website sebagai media layanan dan informasi produk - produk yang anda miliki atau lebih kita kenal dengan toko online tentu saja anda harus mengonlinekannya melalui perantara yakni web hosting.  

Web hosting adalah layanan jasa online yang mana kita dapat menyimpan file - file website yang kita miliki agar dapat diakses secara online. Supaya website Toko online yang kita miliki dikenal para netizen atau calon cutomer anda, maka dibutuhkan jasa web hosting ini.

Nah supaya anda tidak ragu dalam memantapkan langkah untuk membuat toko online anda pribadi, berikut PalingMales.com share beberapa tips memilih web hosting yang tepat untuk toko online anda.

1. Ketahui Dahulu Spesifikasi Bisnis Yang Akan Anda Kelola 

Menentukan spesifikasi bisnis yang akan anda buat untuk toko online sangatlah utama karena ini termasuk dalam kategori perencanaan. Jika anda ingin mengembangkan toko online yang nantinya akan diakses oleh ribuan atau bahkan puluhan ribu calon pelanggan anda setiap hari tidak mungkin anda hanya menggunakan jasa web hosting yang gratisan. 

Di suatu jasa Web hosting sendiri memiliki beragam paket hosting. Tentu saja semakin tinggi harga paket yang ditawarkan disini akan menentukan akan fasilitas hosting yang anda peroleh. Untuk itu tentukan terlebih dahulu spesifikasi toko online yang nantinya akan anda online kan seperti kebutuhan bandwithnya seberapa, disk space seberapa, nama domainnya mau apa dan sebagainya.

2. Pastikan memiliki Customer Support yang Maksimal

Keberadaan tim support atau yang lebih kita kenal denga Customer service dalam suatu web hosting ialah suatu kewajiban. Mereka ialah pintu uatam yang akan anda temui ketika anda mengalamai kendala teknis atau permasalahan pada website toko online yang anda kelola. Tentu saja kendala yang berkaitan dengan domain ataupun hosting. Pelayanan teknis suatu web hosting hendaknya selalu ready 24 jam setiap harinya.

Maka dari itu pilihlah web hosting yang memiliki tenaga profesional seperti ini yang memiliki respon dan solusi yang mumpuni sehingga masalah yang terjadi cepat terselesaikan dan tidak mengganggu bisnis pada toko online anda

3. Perhatikan Kecepatan Akses Server 
Kecepatan Akses Server / Server Uptime di Web Hosting Niagahoster
Gambar : Kecepatan Akses Server / Server Uptime di Web Hosting Niagahoster

Kecepatan akses suatu web hosting tentu akan mempengaryhi layanan hosting toko online anda. Salah satu indikator baik tidaknya suatu web hosting ialah mengenai kecepatan server nya. Kinerja dari server ini berpengaruh terhadap kinerja atau kecepatan akses website toko online anda.

Jika website toko online yang anda miliki sangat susah diakses atau lola (loading lama) maka tentu para calon pembeli akan mangkir dan beralih ke toko online lainnya. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi pada anda bukan?

Jika Anda ingin menguji kecepatan server pada hosting mereka biasanya mereka memiliki situs uji coba untuk hosting mereka. Pastikan anda sudah paham betul kualitas server yang web hosting tersebut pakai. Gunakan waktu trial yang web hosting berikan untuk semaksimal mungkin anda uji coba seberapa jauh kualitas layanan servernya sebelum ada mengupload dan mengonlinekan toko online anda.

4. Analisa Harga Hosting dan Fasilitas Yang Diberikan

Kurang lebih masih berkaitan dengan point pertama tadi. Sudah barang pasti harga yang anda bayarkan untuk layanan dalam suatu web hosting berbanding lurus dengan fitur dan layanan yang web hosting berikan.

Sebagai contoh untuk harga termurah hostingnya anda akan mendapatkan fitur maksimal 100 Mb ruang hosting / disk space dan bandwith sebanyak 2 GB, sedangkan dengan harga diatasnya anda bisa memperoleh unlimited disk space maupun unlimited bandwith.
Harga Hosting di Web Hosting Niagahoster
Gambar : Harga Hosting di Web Hosting Niagahoster

Kejelasan harga yang ditawarkan tentu akan membuat anda yakin untuk memutuskan paket hosting mana yang akan kita pilih Jika toko online anda masih baru usahakan jangan langsung mengambil paket yang paling mahalnya. Ditakutkan menjadi mubadzir.

Gunakan teknik analisa dan upgrade paket hosting bertahap. Sekiranya toko online anda masih baru gunakan paket yang boleh dikatakan menengah, jika konsumen dan yang akses website toko online semakin banyak dan website anda sudah terasa oveload, baru anda upgrade ke paket hosting diatasnya. Biasanya anda cukup membayar selisih harga paket hosting diatasnya dengan paket hosting yang anda pakai sebelumnya.

5. Memiliki Sistem Keamanan yang Handal
Sistem Keamanan di Web Hosting Niagahoster
Gambar : Salah satu bentuk proteksi Sistem Keamanan di Web Hosting Niagahoster

Sistem keamanan suatu web hosting tentu dibutuhkan supaya terhindar dari segala macam bentuk kejahatan cyber atau kegiatan yang arahnya ke negatif seperti pishing, spamming maupun hacking.

Tentu saja dengan adanya sistem keamananan ini maka tentu dapat memberikan semacam rasa aman dan nyaman, terlebih jika toko online anda memiliki fitur - fitur data pribadi para pembeli. Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang harus Anda cari di penyedia web hosting :
  • Backup : Semacam fitur yang memberikan kemudahan anda untuk mencadangkan toko online anda. Supaya semisal terjadi hal yang tidak diinginkan seperti source program tidak sengaja terhapus, data pembeli yang melakukan order hilang, fitur tertentu toko online tidak bisa jalan dan problem lainnya, anda tidak perlu ambil pusing untuk membuild ulang website toko online anda, karena anda telah memiliki data cadangannya.
  • SSL Certificate (Secured Socket Layer) : Fitur suatu web hosting yang digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti contohnya informasi kartu kredit atau rekening bank, nama pengguna dan password account user toko online anda.
  • Site Lock: Menandai suatu program perangkat lunak jahat yang mengakibatkan situs website anda di backlist dari search engine. Disinal fungsu sitelock ialah mencegah program - program tersebut menginjeksi website toko online anda.
  • Anti Spammer : Spamming ialah bentuk pengiriman suatu data / pesan secara berulang - ulang sehingga website toko online anda menjadi berat dan susah diakses. Karena spamming termasuk kegiatan yang negatif maka, Web hosting wajib memiliki fitur ini.

Karena keamanan juga merupakan salah satu aspek yang paling penting dari web hosting. Pastikan penyedia web hosting yang anda pilih memberi Anda keamanan lengkap dan juga memastikan tidak ada pelanggaran keamanan ini.

Memilih Web Hosting yang tepat memang tak mudah, namun bukanlah hal yang sulit jika anda mau mengindentifikasi terlebih dahulu spesifikasi yang seperti apa yang anda butuhkan. Review maupun feedback dari para user web hosting juga bisa dijadikan indikator layak tidaknya web hosting tersebut anda gunakan untuk kelangsungan website toko online anda.

Gunakan mesin pencari maupun melalui sosial media untuk mengatahu sejauh mana reputasi web hosting tersebut sejauh ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this

Add Comments