Menikmati Keindahan Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Deli Serdang

PalingMales.com - Bagi Anda yang sedang berada di Medan jangan lupa kunjungi tempat wisata yang ada. Tidak perlu bingung memilih wisata apa yang cocok, karena kota ini menyajikan beragam wisata yang seru dan menakjubkan. Memang, Danau Toba maupun Pulau Samosir merupakan wisata terpopular di masyarakat. Namun, jangan salah, ada yang lebih keren dari kedua itu lho!

Mengenal Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Medan
air terjun dua warna sibolangit medan
Foto : Air Terjun Dua Warna Sibolangit Medan

Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Dua Warna. Ya, air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit lengkap dengan berbagai fasilitas termasuk hotel di medan yang bisa anda manfaatkan, walau memang tidak terlalu dekat.

Sumatera Utara berhasil memanjakan wisatawan dengan kesegaran air beserta udaranya. Air terjun ini berada pada ketinggian 1270 mdpl dan airnya berasal dari Gunung Sibayak. Agar dapat menikmati wisata indah nan eksotis hanya dengan harga Rp 25.000,- saja loh.

Pasti Anda bertanya-tanya mengapa dinamakan Air Terjun Dua Warna. Disebut Air Terjun Dua Warna karena air terjun ini memiliki dua gradasi warna berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya berwarna putih keabu-abuan.

Sedangkan air terjun yang tumpah dari atas berwarna biru muda. Tidak hanya itu, Anda akan kembali terkagum - kagum dengan adanya tiga air terjun di lokasi Air Terjun Dua Warna. Jadi, tidak hanya satu air terjun saja seperti yang kerap kita temui.
Air Terjun Dua Warna Sibolangit Medan
Foto : Air Terjun Dua Warna Sibolangit Medan

Selain warna, suhu Air Terjun Dua Warna pun sangat unik. Air yang berwarna biru memiliki suhu dingin, dan air yang berwarna putih keabu-abuan bersuhu hangat. Untuk pengunjung yang mempunyai alergi dingin sebaiknya bermain di air yang berwarna putih keabu - abuan. Anda juga harus berwaspada jangan sampai airnya terminum, karena kandungan fosfor dan belerang yang ada pada air sangat berbahaya.

Akses dan Lokasi 

Air Terjun Dua Warna terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini berada persis di area kaki Gunung Sibayak. Jika Anda mendarat di Kota Medan, jarak yang harus ditempuh menuju Sibolangit adalah sekitar 75 km.  Disarankan menggunakan mobil pribadi atau mobil rental untuk menuju lokasi ini.

Lokasi dari pusat kecamatan menuju Air Terjun Dua Warna masih cukup jauh. Untuk sampai di Air Terjun Dua Warna, Anda harus melewati hutan lebat selama 2 hingga 3 jam. Walaupun harus menyusuri hutan lebat, Anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang jalan ada petunjuk - petunjuk yang sengaja dibuat demi memudahkan perjalanan para wisatawan. Selain berwisata anda juga dapat merasakan serunya berpetualang. 

Anda akan melintasi jalan berupa tanjakan, arah menurun, sampai menyeberangi sungai kecil di dalam hutan. Keringat dan tenaga Anda yang terkuras akan terbayar lunas setelah tiba di objek wisata Air Terjun Wisata Dua Warna. Keindahan alam dan kesejukan udara akan memuaskan hasrat wisata Anda.

Bagi Anda yang sama sekali belum pernah berkunjung, sebaiknya meminta jasa pemandu wisata (tour guide) untuk menghindari kemungkinan - kemungkinan buruk seperti kehilangan arah atau tersesat. 

Di sepanjang jalan menuju ke sana, anda bisa memilih hotel di medan yang dekat dengan lokasi dan sesuai dengan kebutuhan anda. atau anda bisa persiapkan sebelum menuju ke sana dengan mengunjungi traveloka terlebih dahulu.

Harga

Anda akan diminta mengeluarkan nominal senilai Rp 25.000,- saat hendak memasuki kawasan air terjun. Lebih tepatnya disebut sebagai biaya retribusi untuk perawatan sekitar lokasi objek wisata.

Selain itu, mengingat jalur masuknya yang menyerupai arena petualangan di dalam hutan, Anda dapat meminta jasa pemandu wisata lokal dengan tarif Rp. 100.000,- hingga Rp. 300.000,-. Harga pemandu wisata dapat dipertimbangkan sesuai jumlah rombongan Anda.

Selamat berlibur dan selamat berpetualang
ARTIKEL TERKAIT - Wisata Indonesia
Previous
Next Post »