7 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati

PalingMales.com - Kabupaten Sleman merupakan satu dari kabupaten yang terletak di bagian paling utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya terkenal dengan wisata khas pedesaan dan juga pesona objek wisata alam Gunung Merapinya yakni Kaliurang. Sleman ternyata juga menyimpan segudang kuliner yang tak kalah nikmat untuk membuat lidah kita bergoyang. 

Nah bagi anda yang kebetulan sedang "mlipir" atau mampir melewati kota berslogan Sleman Sembada ini, PalingMales.com akan mencoba menyajikan beberapa sajian kuliner atau makanan khas dari kota tersebut. Barangkali bisa menjadi referensi bagi anda penikmat atau pecinta kuliner. Mau tau apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya :
1. Jadah Tempe
Jadah tempe Sleman
Foto : eatjogja.com
Jadah Tempe merupakan gabungan dari 2 macam makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu. Dengan rasanya yang gurih ditambah dengan makanan pendamping yakni tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis). Membuat siapa saja ingin ketagihan hingga tak sadar perut sudah kenyang. Akan lebih nikmat jika di temani dengan cabe rawit. Maka akan tercipta kombinasi rasa manis, pedah namun gurih.

Makanan ini umumnya disajikan dengan bungkus daun pisang. Dan bisa dengan mudah kita jumpai di sekitar are wisata alam Gunung Merapi, Kaliurang. Untuk harga dijamin tak akan menguras isi dompet anda. Cukup dengan Rp 5.000,- sd Rp. 10.000 per porsinya, anda sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini.
2. Salak Pondoh
Salak Pondoh Sleman
Foto : jualsalakmagelang.blogspot.com
Buah yang satu ini bisa dibilang sebagai buah khasnya wong Sleman. Buah kaya vitamin ini banyak kita jumpai di sekitar daerah Kecamatan Turi, Tempel dan disekitar Jl. Raya Jogja - Magelang. Banyak warga disana yang memanfaatkan lahan kosong mereka untuk membudidayakan tanaman ini. Rasanya yang manis dan daging buahnya yang besar membuat siapa saja ketagihan untuk menghabiskan lebih dari satu buah salak pondoh. Umumnya kita bisa membeli buah ini dengan harga Rp. 3.000,- sd Rp. 7.500 per kg. Cukup terjangkau bukan? 
3. Sate Kelinci Kaliurang
Foto : jogja.tribunnews.com
Selain jadah tempe di kawasan wisata Kaliurang anda bisa bisa dengan mudah menjumpai Sate Kelinci. Sesuai dengan namanya sate berbahan dasar dari daging kelinci. Dipadukan dengan bumbu kacang yak nikmat, apalagi ditambah dengan hawa sejuk khas lereng Gunung Merapi membuat rasa gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini semakin lebih terasa. Harga per porsi juga cukup terjangkau hanya yakni hanya dengan Rp. 10.000,- anda sudah bisa menikmati sajian kuliner ini.
4. Pepes Belut Godean
Foto : travel.kompas.com
Belut dikenal dengan binatang licin yang hidup di lumpur atau sawah. Biasanya kita menikmati sajian belut dengan cara digoreng atau dijadikan sambal. Namun di kawasan sentra pengolahan belut di kawasan Godean, Sleman. Anda bisa menemukan yang namanya sajian pepes belut. Pepes belut umumnya disajikan dibungkus dengan daun pisang lalu ditambahkan parutan kelapa beserta bumbu - bumbu khas tradisonal. Rasanya yang umumnya pedas namun cukup gurih, membuat siapa saja ingin menggoyang lidahnya lebih lama. 

Selain Pepes belut anda juga bisa menemukan berbagai macam olahan belut di sekitar daerah Godean ini seperti belut saus tiram, gulai belut, kripik belut, nasi goreng belut dan botok belut. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi antara Rp. 7.500,- sd Rp. 15.000. Mau Mencoba?
5. Sate Jaran (Kuda) Godean 
Sate kuda godean, sleman
Foto : awkulinerologi.wordpress.com
Selain Pepes Belut masih di kawasan sekitar Godean, Sleman anda juga bisa menemukan hidangan kuliner yang cukup menantang yakni Sate Jaran / Sate Kuda. Sate kuda memiliki tekstur yang empuk mirip daging sapi namun memiliki aroma khas yang lebih kuat dari daging sapi, tidak seamis daging kambing. Selain rasa dagingnya yang nikmat dan gurih apalagi ketika disajikan dengan bumbu kecap pedasnya. Harga 10 tusuk daging sate kuda umumnya dipatok dengan harga Rp. 25.000,- / porsi. Sate kuda dipercaya untuk meningkatkan vitalitas dan nyali bagi siapa saja yang memakannya. Berani mencoba?
6. Ayam Goreng Kremes Kalasan
Ayam Goreng Kremes Kalasan
Foto : resepcaramasak.com
Jika anda ingin menikmati ayam goreng kremes silahkan untuk mengunjungi ke kawasan Jalan Solo, Kalasan, Sleman. Letaknya ada di ujung timur Kabupaten Sleman berbatasan dengan Candi Prambanan. Ayam kremes di kawasan ini berbeda dengan ayam kremes di tempat lain terutama citarasa bumbu dan cara pengolahannya. Salah satu yang terkenal ialah Ayam Kremes Mbok Berek & Ayam Goreng Suharti.

Umumnya ayam kremes disajikan satu porsi dengan lalapan dan sambal. Rasanya yang gurih, empuk dan krispi ditambah dengan pedasnya sambal menambah citarasa ayam goreng ini semakin berlipat lipat. Harga per porsi umumnya dipatok Rp. 10.000,- sd Rp. 25.000,- tergantung paket menu ayam kremes yang anda ambil. 
7. Jajanan Pasar Tradisional
Jajanan Pasar Tradisional
Foto : kulinerdisolo.com
Sleman juga dikenal sebagai surganya kuliner tradisional. Di pasar - pasar tradisional anda bisa menjumpai aneka ragam jajajan atau makanan khas tradisional seperti apem, lemper, corobikan, klepon, onde - onde, jenang, kue lapis, nogo sari dan olahan jajanan lainnya. Pesona rasa makanan dipadukan dengan keramahtamahan para penjual di pasar tradisional membuat anda semakin mendalami akan citarasanya. Tentunya juga anda akan bisa lebih mengenal kultur sosial masyarakatnya. Soal harga jangan ditanya, sudah pasti murah meriah rata - rata handa perlu mengeluarkan uang dari Rp. 1000,- sd Rp. 3000,- per makanan. Cukup murah bukan?

Itulah beberapa macam referensi kuliner khas Kabupaten Sleman yang wajib anda cicipi. Sempatkan untuk mencicipi hidangan khas kota ini, sembari menikmati suasana guyub rukun adem ayem khas pedesaan Sleman. Jaminan perut kenyang, hati yang tenangpun juga didapat. Supaya muat, jangan lupa siapkan space yang cukup untuk perut anda sebelum mencoba satu persatu hidangan khas diatas. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »