10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Kamu Nikmati

PalingMales.com - Kabupaten Sleman merupakan satu dari kabupaten yang terletak di bagian paling utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya terkenal dengan wisata khas pedesaan dan juga pesona objek wisata alam Gunung Merapi. Sleman ternyata juga menyimpan segudang kuliner yang tak kalah nikmat untuk membuat lidah kita bergoyang dan pasti bikin kangen Jogja. 

Nah bagi anda yang kebetulan sedang "mlipir" atau mampir melewati kota berslogan Sleman Sembada ini, PalingMales.com akan mencoba menyajikan beberapa sajian kuliner atau makanan khas dari kota tersebut. Barangkali bisa menjadi referensi bagi anda penikmat atau pecinta kuliner. Mau tau apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya :

1. Jadah Tempe Khas Sleman

10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Jadah tempe Sleman
Photo : Jadah Tempe Sleman

Jadah Tempe merupakan gabungan dari 2 macam makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu. Dengan rasanya yang gurih ditambah dengan makanan pendamping yakni tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis), dikombinasikan dengan pedasnya cabe rawit. Maka akan tercipta kombinasi rasa manis, pedah namun gurih.

Makanan ini umumnya disajikan dengan bungkus daun pisang. Dan bisa dengan mudah kita jumpai di sekitar area wisata alam Gunung Merapi, Kaliurang. Untuk harga dijamin tak akan menguras isi dompet anda. Cukup dengan Rp 5.000 hingga Rp. 10.000 per porsinya, anda sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Jadah Tempe di Sleman, Yogyakarta :
  • Warung Jadah Tempe Mbah Carik. Alamat : Jl. Kaliurang KM 12.5, Candi Karang, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0815-7855-8388.
  • Warung Kopi Klotok. Alamat : Jl. Kaliurang KM 16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0822-3131-2004. 

2. Salak Pondoh Khas Sleman

10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Salak Pondoh Sleman
Photo : Salak Pondoh Sleman

Buah yang satu ini bisa dibilang sebagai buah khasnya wong Sleman. Buah kaya vitamin ini banyak kita jumpai di sekitar daerah Kecamatan Turi, Tempel dan disekitar Jl. Raya Jogja - Magelang.

Banyak warga disana yang memanfaatkan lahan kosong mereka untuk membudidayakan tanaman ini. Rasanya yang manis dan daging buahnya yang besar membuat siapa saja ketagihan untuk menghabiskan lebih dari satu buah salak pondoh. Umumnya kita bisa membeli buah ini dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.500 per kg. Cukup terjangkau bukan?

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Salak Pondoh di Sleman, Yogyakarta :
  • Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto. Alamat : Gadung, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, Yogyakarta. 0821-3340-5975.
  • Salak Pondoh Madu, Gading Bu Soginah. Alamat : Jalan Magelang, KM 16.5, Cungkuk, Sariwanisan, Margorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta. 0816-1547-3086.
  • Salak Pondoh & Oleh - Oleh Cahaya. Alamat : Jalan. Magelang, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. Sate Kelinci Kaliurang Khas Sleman

10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Sate Kelinci Kaliurang
Photo : Sate Kelinci Kaliurang

Selain jadah tempe di kawasan wisata Kaliurang anda bisa bisa dengan mudah menjumpai Sate Kelinci. Sesuai dengan namanya sate berbahan dasar dari daging kelinci.
 
Dipadukan dengan bumbu kacang yak nikmat, apalagi ditambah dengan hawa sejuk khas lereng Gunung Merapi membuat rasa gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini semakin lebih terasa. Harga per porsi juga cukup terjangkau hanya yakni hanya dengan Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per porsi, anda sudah bisa menikmati sajian kuliner ini.

Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Sate Kelinci di Sleman, Yogyakarta :
  • Sate Kelinci Bu Retno. Alamat : Jln. Tlogo Putri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0896-5809-2239.
  • Sate Kelinci Pak Djimsan. Alamat : Jl. Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0817-260-424.
  • Warung Sate Kelinci Fortuna. Jl. Boyong, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0821-5715-7304.

    4. Pepes Belut Khas Sleman

    10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Pepes Belut Godean
    Photo : Pepes Belut Godean

    Belut dikenal dengan binatang licin yang hidup di lumpur atau sawah. Biasanya kita menikmati sajian belut dengan cara digoreng atau dijadikan sambal. Namun di kawasan sentra pengolahan belut di kawasan Godean, Sleman.
     
    Anda bisa menemukan yang namanya sajian pepes belut. Pepes belut umumnya disajikan dibungkus dengan daun pisang lalu ditambahkan parutan kelapa beserta bumbu - bumbu khas tradisonal. Rasanya yang umumnya pedas namun cukup gurih, membuat siapa saja ingin menggoyang lidahnya lebih lama. 

    Selain Pepes belut anda juga bisa menemukan berbagai macam olahan belut di sekitar daerah Godean ini seperti belut saus tiram, gulai belut, kripik belut, nasi goreng belut dan botok belut. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000. Mau Mencoba?

    Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Pepes Belut di Sleman, Yogyakarta :
      • Pusat Kuliner Belut Godean - Jl. Godean Km. 10, Sidoagung, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
      • Sego Welut Mbak Surani. Pasar Godean, Jl. Godean Blok 9, Jetis, Sidoagung, Kec. Godean, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 799130.

        5. Sate Jaran / Sate Kuda Godean Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Sate kuda godean, sleman
        Photo : Sate Jaran / Sate Kuda

        Selain Pepes Belut masih di kawasan sekitar Godean, Sleman anda juga bisa menemukan hidangan kuliner yang cukup menantang yakni Sate Jaran / Sate Kuda. Sate kuda memiliki tekstur yang empuk mirip daging sapi namun memiliki aroma khas yang lebih kuat dari daging sapi, tidak seamis daging kambing.

        Selain rasa dagingnya yang nikmat dan gurih apalagi ketika disajikan dengan bumbu kecap pedasnya. Harga sate kuda umumnya dipatok dengan harga Rp. 30.000 per porsi (isi 4 hingga 5 tusuk sate). Sate kuda dipercaya untuk meningkatkan vitalitas dan nyali bagi siapa saja yang memakannya. Berani mencoba?

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Sate Jaran / Sate Kuda di Sleman, Yogyakarta :
        • Sate Kuda Denggung. Alamat : Jl. Denggung, Kec, Mulungan Kulon, Sumberadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
        • Sate Jaran Pak Jitu. Alamat : Jl. Sidokarto, Area Sawah, Sidokarto, Kec. Godean, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0856-4392-1717.

        6. Ayam Goreng Kremes Kalasan Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Ayam Goreng Kremes Kalasan
        Photo : Ayam Goreng Kremes Kalasan

        Jika anda ingin menikmati ayam goreng kremes silahkan untuk mengunjungi ke kawasan Jalan Solo, Kalasan, Sleman. Letaknya ada di ujung timur Kabupaten Sleman berbatasan dengan Candi Prambanan. 
         
        Ayam kremes di kawasan ini berbeda dengan ayam kremes di tempat lain terutama citarasa bumbu dan cara pengolahannya. Salah satu yang terkenal ialah Ayam Kremes Mbok Berek & Ayam Goreng Suharti. Umumnya ayam kremes disajikan satu porsi dengan lalapan dan sambal. 
         
        Rasanya yang gurih, empuk dan krispi ditambah dengan pedasnya sambal menambah citarasa ayam goreng ini semakin berlipat lipat. Harga per porsi umumnya dipatok Rp. 20.000,- sd Rp. 40.000,- tergantung paket menu ayam kremes yang anda ambil. Untuk satu ayam goreng utuh sekitar Rp. 50.000,- sd Rp. 75.000,-.

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Ayam Goreng Kremes di Sleman, Yogyakarta : 
        • Ayam Goreng Mbok Berek. Alamat : Jl. Yogya - Solo No. 2C, Candisari, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 496298.
        • Ayam Goreng Kalasan Wiyono. Alamat : Jl. Raya Yogya - Solo KM. 14.5, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 496727.
        • Ayam Goreng Suharti. Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No. 208, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 484522.
        • Ayam Goreng Spesial Kremes Mas Hana. Alamat : Jl. Sorogenen No. 1, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0822-4203-7271.

        7. Tengkleng Gajah Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Tengkleng gajah
        Photo : Tengkleng gajah

        Dari namanya saja pasti anda sudah sedikit kaget. Ini beneran dari daging gajah yang dijadikan olahan kuliner apa bukan ya?

        Jangan ketipu dengan judul ya karena tengkleng gajah sejatinya merupakan sajian tengkleng berbahan dasar olahan daging kambing. Disebut gajah dikarenakan disajikannya dalam porsi yang cukup besar “gajah” alias potongan tulangnya berukuran besar.
         
        Tengkleng gajah ini dihidangkan bersamaan sup yang diolah dengan bumbu dan rempah - rempah tertentu sehingga memunculkan citarasa yang unik dan khas. Anda bisa menikmati seporsi tengkleng gajah ini dengan harga Rp. 35.000 per porsi.

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Tengkleng Gajah di Sleman, Yogyakarta : 
        • Tengkleng Gajah Jogja Sari Roso Mulyo. Alamat : Jl. Kaliurang Km. 9.3, Gantalan, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0812-2768-6809

        8. Entok Slenget / Rica - Rica Angsa Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Entok Slenget / Rica - Rica Angsa
        Photo : Entok Slenget / Rica - Rica Angsa

        Untuk yang baru pertama kali maen ke Sleman, pastinya akan sedikit asing dengan kuliner yang satu ini. Namanya Entok (Angsa) Slenget (Menyengat) atau mudahnya kita sebut Rica - Rica Angsa. Sajian kuliner yang satu cukup membuat lidah bergoyang dan membuat tangan mengusap dahi karena anda akan berkeringat ketika menikmati olahan kuliner yang satu.

        Paduan cita rasa gurihnya rempah, berpadu dengan pedasnya cabai rica ditambah dengan empuknya daging angsa membuat siapapun akan ketagihan untuk terus melahap olahan kuliner yang satu ini. Sangat cocok dihidangankan ketika musim hujan atau ketika cuaca sedang dingin. Entok slenget bisa anda santap dengan kisaran harga Rp. 20.000 - 30.000 per porsi.

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Entok Slenget / Rica Angsa di Sleman, Yogyakarta : 
        • Entok Slenget Kang Tanir. Alamat : Jl. Pakem - Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0818-0433-8944.
        • Rica Entok Pak To. Alamat : Jl. Abiyoso, Karangmojo, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0856-4309-4929.
        • Warung Bakmi Jawa dan Rica Giyatno. Alamat : Jl. Magelang No. 01, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 0878-3904-4884.

        9. Aneka Olahan Jamur Jejamuran Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Aneka Olahan Jamur
        Photo : Aneka Olahan Jamur di Jejamuran, Sleman

        Anda penyuka menu vegetarian? Ada juga nih destinasi kuliner olahan yang berasal dari jamur. Jamur yang pada umumnya hanya kita nikmati dalam bentuk jamur goreng atau jamur crispi.

        Namun di Sleman anda bisa menemukan berbagai macam olahan jamur yakni dari pepes jamur shitake, soup jamur, lumpia jamur, rendang jamur, sate jamur, jamur asam manis, jamur bakar, tongseng jamur, nasi goreng jamur semua bisa anda nikmati. 
         
        Tentu saja masing - masing mempunyai cita rasa yang beragam. Sangatlah cocok wajib anda cicipi terutama bagi anda para pecinta kuliner berbahan dasar jamur. Dengan harga bervariatif dari Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 per menu nya.

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Aneka Olahan Jamur di Sleman, Yogyakarta :
        • Resto Jejamuran. Jl. Pendowoharjo Niron RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (0274) 868170

        10. Jajanan Pasar Tradisional Khas Sleman

        10 Kuliner Makanan Khas Sleman, Yogyakarta Yang Wajib Anda Nikmati - Jajanan Pasar Tradisional
        Photo : Jajanan Pasar Tradisional Sleman

        Sleman juga dikenal sebagai surganya kuliner tradisional. Di pasar - pasar tradisional anda bisa menjumpai aneka ragam jajajan atau makanan khas tradisional seperti apem, lemper, corobikan, klepon, onde - onde, jenang, kue lapis, nogo sari dan olahan jajanan lainnya. Pesona rasa makanan dipadukan dengan keramahtamahan para penjual di pasar tradisional membuat anda semakin mendalami akan cita rasanya.

        Tentunya juga anda akan bisa lebih mengenal kultur sosial masyarakatnya. Soal harga jangan ditanya, sudah pasti murah meriah rata - rata handa perlu mengeluarkan uang dari Rp. 1000 hingga Rp. 2000 an per item makanan. Cukup murah bukan?

        Rekomendasi Tempat Makan dan Beli Jajanan Pasar Tradisional di Sleman, Yogyakarta :
        • Pasar Condong Catur. Alamat : Jl. Ringroad Utara No.414, Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
        • Pasar Sambilegi. Alamat : Jl. Sambilegi, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
        • Pasar Tradisional Sleman Baru. Alamat : Jl. Jogja - Magelang, Wadas, Tridadi, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
        • Di Beberapa Pasar Tradisional di Sleman, Yogyakarta. 

        Itulah beberapa macam referensi kuliner khas Kabupaten Sleman yang wajib anda cicipi. Sempatkan untuk mencicipi hidangan khas kota ini, sembari menikmati suasana guyub rukun adem ayem khas pedesaan Sleman. Jaminan perut kenyang, hati yang tenangpun juga didapat. 
         
        Supaya muat, jangan lupa siapkan ruang yang cukup untuk perut anda sebelum mencoba satu persatu hidangan khas diatas. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

        Share this

        Add Comments

        Koment yang baik yaaa
        EmoticonEmoticon