4 Jenis Usaha Unik di Desa dengan Modal Kecil dan Patut Dicoba

Bisnis dari dulu memang bidang yang banyak diminati masyarakat. Terlihat banyaknya pelajar yang memilih meneruskan perguruan tinggi dalam jurusan bisnis atau ekonomi. Di desa pun juga banyak ditemukan beberapa macam jenis usaha. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba usaha unik di desa. Karena tergolong unik, persaingannya tidak akan terlalu ketat.

4 Usaha Unik di Desa dengan Modal Kecil dan Patut Dicoba

Memulai usaha di desa memang susah-susah gampang dibandingkan dengan perkotaan. Di perkotaan sarananya sudah sangat memadai, penduduk banyak, pola hidup konsumtif, dan daya beli masyarakat tinggi. Tetapi bukan berarti, memulai bisnis di desa adalah hal yang mustahil. Asalkan penting dalam merencanakan dan membaca peluang, semua akan mudah dilakukan.

Deretan Usaha Unik di Desa yang Patut Dicoba 

Mungkin ada beberapa orang yang ingin bekerja tanpa harus meninggalkan kampung halaman. Hal itu bisa dilakukan dengan membuat usaha sendiri. Berbekal pengetahuan dan modal yang cukup kecil, usaha-usaha tersebut bisa dimulai. Anda bisa mengunjungi website ANGKASA untuk menemukan informasi lengkap lainnya. Sementara usaha - usaha unik bisa disimak pada ulasan berikut ini.

1. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan

Dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar, kerajinan tangan yang unik dan cantik akan menjadi pilihan bisnis yang tepat. Pastinya kekayaan alam di desa masih sangat asli dan melimpah. Sehingga jangan sia-siakan kekayaan tersebut. Kerajinan tangan dari dulu hingga saat ini masih sangat populer.

Apalagi orang yang memulainya merupakan pribadi yang kreatif dan suka menciptakan hal-hal baru, peluang usaha unik di desa ini akan semakin besar. Bisa mulai dengan membuat gerabah, tas dari rotan, hiasan tembok atau ruangan, dan beberapa kerajinan tangan lainnya.

2. Mengembangkan Desa Wisata

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang

Apabila desa yang ditempati memiliki tempat yang berpotensi menjadi objek wisata, itu merupakan peluang besar. Selain itu, dengan adanya desa wisata, tentu perekonomian desa tersebut juga akan meningkat.

Lapangan-lapangan kerja tentu akan bermunculan untuk masyarakat desa. Apalagi yang sebelumnya memiliki usaha kerajinan tangan, produk tersebut bisa ditawarkan di tempat tersebut. Setiap desa tentu memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri.

3. Membuat Makanan atau Minuman Kekinian

Membuat Makanan atau Minuman Kekinian
Usaha Minuman Kekinian

Desa pun tak boleh ketinggalan dengan makanan dan minuman kekinian. Mungkin kadang masyarakat untuk mencoba minuman atau makanan tersebut harus menempuh jarak yang jauh. Untuk itu, anda bisa membuka usaha unik di desa tersebut atau bahkan ingin menciptakan hal yang baru.

Untuk awal-awal, anda bisa membuat minuman kekinian yang sedang populer, sehingga sudah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat. Nah, apabila usaha anda sudah mulai berkembang, anda bisa memulai membuat makanan atau minuman ciptaan anda sendiri. Modalnya juga tidak besar, anda bisa memanfaatkan teras rumah anda.

4. Membuat Tempat Nongkrong Sederhana

Tempat Nongkrong Sederhana
Tempat Nongkrong Sederhana

Jika modal anda cukup kecil, anda bisa memulai dengan membuat tempat nongkrong yang sederhana. Tentu di desa juga banyak anak muda yang suka nongkrong. Nah, itu bisa menjadi peluang anda untuk membuat usaha di desa modal kecil ini. Nanti apabila usaha sudah mulai berkembang, anda bisa mulai memberikan fasilitas WiFi. Menu-menu awal yang bisa disajikan seperti kopi panas, teh, minuman dingin atau panas, camilan ringan, dan berbagai menu lainnya.

Itulah beberapa usaha unik di desa yang bisa dicoba. Namun tentu dalam memulai usaha tidak boleh sembarangan. Harus ada niat yang kuat agar usaha dapat berkembang dengan baik. Intinya, diperlukan niat, perencanaan, skill, usaha, dan pembacaan peluang dengan baik. Do’a tentu juga penting. Karena usaha tanpa do’a akan menjadi sia - sia.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon