Mau Makan Malam Tapi Takut Gemuk? Ini Solusinya

PalingMales.com - Sebagian diantara kita pasti menghindari apa yang namanya makan malam terlalu larut atau makan sebelum menjelang tidur. Kita tahu karena berbagai efek buruk bagi kesehatan tubuh siap mengintai, utamanya ialah Obesitas atau Kegemukan. Baca juga Suka Makan Sebelum Tidur? 5 Macam Bahaya Siap Ancam Tubuh Anda.

Ketika malam hari, organ atau saluran pencernaan manusia akan mengalami penurun aktivitas. Itu wajar karena di malam hari itulah saatnya manusia untuk berisitirahat. Apabila anda beri asupan makan, pastinya organ pencernaan akan bekerja lebih keras lagi, ditambah dengan kurangnya aktivitas di malam hari berakibat timbunan lemak di tubuh kita menjadi meningkat. Seperti yang dilansir dari self.com inilah beberapa solusi yang bisa Anda terapkan jika and aingin makan di malam hari :

Mau Makan Malam Tapi Takut Gemuk? Ini Solusinya
1. Makanlah Minimal 3 Jam Sebelum Tidur.
Atur waktu makan anda di malam hari. Setidaknya 3 - 4 jam sebelum anda tidur. Hal ini akan memberikan waktu untuk makanan yang anda makan dicerna oleh organ pencernaan. Semakin dekat waktu makan dan waktu tidur, semakin sulit tubuh mencernanya. Tidak hanya berpotensi membuat gemuk, tetapi juga memberatkan kerja sistem pencernaan.
2. Batasi Porsi Makan Anda
Kita tahu di malam hari dengan frekuensi aktivitas yang minim, tubuh hanya membutuhkan sedikit kalori dibanding dengan aktivitas di siang hari. Untuk itu makanlah dengan porsi lebih sedikit dari porsi makan siang siang anda. Makanlah secukupnya dan hindari makan dalam porsi yang besar atau bahkan sampai anda kekenyangan.
3. Jangan Banyak Karbohidrat
Hindari terlalu banyak konsumsi nasi putih, daging, mie, kentang dan karbohidrat lainnya. Saat malam, kadar gula darah cenderung meningkat dan akan semakin buruk jika Anda memasukkan banyak karbohidrat karena akan diubah menjadi gula. Kadar gula tinggi akan membuat Anda makin mudah lapar di malam hari. Buruk bukan?
4. Perbanyak Buah dan Sayur 
Makan buah atau sayur bisa dijadikan alternatif menggantikan asupan makan malam anda. Selain bergizi tinggi, kaya nutrisi dan vitamin. Tentunya buah tersebut mudah dicerna oleh tubuh manusia karena kandungan yang seratnya yang tinggi. Ini juga baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet.
5. Hindari Minuman Berkafein
Hindari kafein menjelang malam. Selain membuat tubuh sulit tidur, mengonsumsi kafein akan membuat tubuh sulit mencerna makanan. Maka minumlah kopi atau kafein jauh sebelum malam. Minumlah susu hangat rendah lemak atau teh hangat menjelang tidur, karena bisa membuat tubuh lebih rileks.

Nah itulah ke lima solusi makan di malam hari yang bisa PalingMales.com share. Jaga selalu kesehatan dan pola makan anda supaya anda tidak menyesal dikemudian hari. Makan malam itu boleh saja asal kita bisa mengatur kapan waktunya, berapa porsinya dan baik tidaknya makanan yang akan kita konsumsi tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »