Suka Makan Sebelum Tidur? 5 Macam Bahaya Siap Ancam Tubuh Anda

PalingMales.com - Tidur merupakan salah satu aktivitas pemenuhan kebutuhan yang dilakukan seorang manusia untuk melepas lelah dan tentunya memulihkan tenaga. Tidur malam yang baik adalah tidur yang dilakukan tidak terlalu larut selama kurang lebih 7 - 9 jam. Namun terkadang yang namanya godaan sebelum tidur sering menghampiri kita seperti ingin ngemil atau makan dengan porsi berat. Para ahli di bidang medis menyarankan sebelum kita tidur, minimal 2 - 3 jam sebelumnya kondisi perut dalam keadaan kosong agar kita terhindar dari berbagai resiko penyakit yang siap mengintai tubuh kita.

Pada dasarnya, makan sebelum tidur memiliki efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, PalingMales.com akan mencoba share beberapa dampak yang ditimbulkan apabila kita konsumsi makanan mendekati waktu tidur kita. Dan berikut ulasan selengkapnya

5 Macam Bahaya Yang Muncul Akibat Makan Sebelum Tidur
1. Tenggorokan panas
Rasa panas yang terjadi pada tenggorokan seperti terbakar ini terjadi karena dipicu oleh refluks asam. Refluks asam atau Gastroesophageal reflux diseases (GERD) adalah tidak menutupnya katup antara kerongkongan dan perut. Hal ini akan membuat asam lambung menjalar ke tenggorokan sehingga muncul sensasi seperti tenggorokan panas dan kering.
2. Dada terasa panas dan sesak (Heart Burn)
Ketika sedang istirahat atau tidur, sebenarnya sistem pencernaan justru bekerja lebih keras. Jika Anda langsung tidur sesudah makan maka organ pencernaan akan bekerja dua kali lipat. Ini menimbulkan  kadar asam pada lambung akan meningkat dan menjadi penyebab sakit maag. Gejala ini juga dapat mengakibatkan rasa panas yang terjadi pada perut, dada dan tenggorokan. Selain rasa panas terkadang anda akan merasakan yang namanya sesak baik di bagian dada atau perut ketika anda bangun dari tidur.
3. Berat Badan Naik (Obesitas)
Perlu anda ingat, bahwa setiap makanan dan cemilan yang masuk ke dalam tubuh anda memiliki kandungan kalori. Terlebih jika makanan yang anda konsumsi ini mengandung banyak karbohodrat berminyak atau bahkan berlemak maka penumpukan lemak yang terjadi akan lebih banyak. Hal ini wajar karena tidak ada aktivitas produktif yang anda lakukan sesudah anda menyantap makanan tersebut. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan sangat membantu anda menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan.
4. Serangan Jantung
Akibat penumpukan lemak berlebih karena kurangnya aktivitas sesudah anda makan maka lemak - lemak tersebut akan beresiko menyumbat saluran pembuluh darah anda. Maka potensi anda terserang terkena serangan jantung pastinya akan meningkat.
5. Terkena stroke
Efek terburuknya ialah anda bisa terserang stroke. Kebiasaan tidur setelah makan dapat memicu Anda terkena serangan stroke. Penelitian yang dilakukan University of Ioannina, Yunani, mengungkap bahwa perilaku tidur setelah makan akan meningkatkan risiko mengalami serangan stroke. Berdasarkan penelitian ini, orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur memiliki risiko paling rendah mengalami stroke.

Nah itulah beberapa dampak yang ditimbulkan akibat makan sebelum tidur. Ingat kesehatan adalah set yang mahal harganya. Memang makan sebelum tidur itu sangat dianjurkan. Namun kita juga harus tau kapan saat tidur yang kita butuhkan, kapan juga makanan yang kita makan kita konsumsi. Mungkin memang tidak terasa pada awalnya, namun apabila sudah menjadi sebuah kebiasaan, maka kebiasaan tersebut akan sangat mengganggu kesehatan anda. Khusunya bagi anda yang sedang melakukan diet, jika anda melakukan hal ini maka program diet anda menjadi sia - sia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »