5 Bahaya Bila Kafein Dikonsumsi oleh Anak Kecil

PalingMales.com - Kafein merupakan zat alkaloid yang bisa kita temukan pada tanaman atau dalam kandungan minuman seperti soda, teh atau kopi. Seseorang yang mengkonsumsi kafein ini maka akan memberikan efek perangsang bagi sistem syaraf pusat untuk mencegah rasa kantuk berlebih. Bagi orang dewasa mengkonsumsi minuman ber kafein boleh boleh saja asal dosis nya tidak berlebihan. Bagaimana bila anak kecil yang mengkonsumsinya?

Seperti yang dilansir dari boldsky, terkadang sebagai orang tua tidak terlalu memikirkan dampak negatif jika si anak diberikan minuman berkafein. Karena para orang tua berpikiran dengan memberikan minuman sejenis itu, asal anak senang dan tidak rewel orang tuapun tenang. Sejatinya orangtua harus tahu kafein memiliki beberapa efek samping yang dapat membahayakan kesehatan seorang anak. Apa saja bahayanya? berikut ulasan selngkapnya

5 Bahaya Konsumsi Kafein pada Anak Kecil
1. Merusak Gigi
Minuman berkafein dapat merusak pertumbuhan gigi anak anda. Umumnya minuman berkafein ini sering dibarengi dengan kandungan gula didalamnya. Gigi berlubang, gigi berwarna kuning dan masalah mulut lainnya merupakan efek dari konsumsi minuman ini.
2. Kekurangan vitamin dan mineral
Anak-anak yang terlalu dini menikmati segelas atau sekaleng minuman berkafein cenderung menderita kekurangan vitamin dan mineral. Seharusnya, orangtua fokus dalam memberikan makanan ke anak-anaknya, dengan tidak mengisi perut si kecil dengan minuman jenis ini. Sebab, selain kafein, minuman ringan kalengan juga mengandung gula cukup tinggi.
3. Kegemukan atau Obesitas
Tidak beda jauh dengan poin ke 2, kandungan gula pada minuman berkafein dapat menimbulkan Obesitas atau kelebihan berat badan akan muncul jika si anak terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein ini.
4. Rasa Gelisah
Kafein berlebih juga dapat menyebabkan gelisah pada anak-anak. Karena fungsinya sebagai perangsang syaraf pusat agar tubuhnya terus beraktivitas. Jadi ketika si kecil ingin beristirahat hal terjadi ialah rasa gelisah karena syaraf tubuh menolak untuk melakukukan kegiatan bersifat statis.
5. Sakit Perut
Wajar jika sakit perut terjadi. Tubuh si kecil masih memiliki imunitas yang rendah dibanding orang dewasa, jika saluran pencernaannya diisi minuman berkafein ini ditakutkan saluran tersebut tidak kuat dan malah menimbulkan efek sakit perut sehingga proses belajar mengajar si anak menjadi terganggu.

Mulai sekarang kurangi atau jauhi anak anda dari minuman berkafein. Perbanyak minum air putih atau meminum segelas susu akan lebih baik daripada memberikan minuman sejenis ini. Semoga info yang kami berikan dapat bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »