6 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman, Legal dan Terpercaya

PalingMales.com - Pinjaman Online (Pinjol) merupakan salah satu inovasi perkembangan teknologi dibidang keuangan atau Finansial Technology (FinTech). Banyak perusahaan berlomba - lomba menyediakan kebutuhan pinjaman dana tunai secara cepat, proses mudah serta syarat yang tidak ribet dibanding pinjaman secara konvensional.

5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman, Legal dan Terpercaya
Aplikasi Pinjaman Online

Masyarakatpun juga tentunya akan sangat terbantu dengan kehadiran teknologi pinjaman online ini, tanpa adanya proses survey kelayakan kredit yang berbelit - belit, umumnya siapapun bisa mengajukan pinjaman secara online.

Namun kehadiran pinjaman online di tengah - tengah masyarakat terkadang menimbulkan pro dan kontra. Disatu sisi hadirnya Pinjaman online memberikan solusi kemudahan kebutuhan finansialmu. Namun masalah privasi data sewaktu - waktu mengancam diri para penggunanya, ketika mereka terjerat masalah dengan penyedia jasa pinjaman online tersebut.

5 Tips Aman Memilih Pinjaman Online

Maka dari itu, PalingMales.com akan kasih tips aman buat kamu yang akan melakukan kegiatan transaksi melalui aplikasi pinjaman online, supaya bisa lebih bijak memanfaatkan aplikasi penyedia pinjaman online. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Perusahaan Resmi Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Perusahaan penyedia aplikasi pinjaman online yang baik tentu saja harus sudah terdaftar resmi legalitasnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang bertugas mengawasi dan mengelola sektor jasa keuangan dan perbankan di Indonesia.

Kamu bisa lakukan pengecekan melalui laman resmi pinjaman online ojk di https://www.ojk.go.id. Jika aplikasi pinjaman online pilihanmu terdaftar, maka layak kamu pertimbangkan. Jika tidak sebaiknya kamu hindari terlebih dahulu.

Aplikasi Pinjaman Online yang tidak terdaftar dan berijin resmi dari OJK tidak direkomendasikan untuk digunakan. Mengapa? karena potensi penyalahgunaan dan perlindungan data penggunannya masih sangat dipertanyakan. Bahkan potensi tindak pidana pencucian uang seperti pendanaan terorisme juga riskan terjadi. Maka, berhati-hatilah.

2. Pelajari Besaran Biaya Tambahan / Potongan Biaya Lain

Ketika kamu meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah), tidak semerta - merta Rp. 1.000.000,- utuh langsung dicairkan ke rekeningmu. Ada biaya tambahan tertentu maupun potongan biaya.

Perusahaan penyedia pinjaman online yang baik akan pastinya akan mencantumkan biaya - biaya tambahan tersebut atau potongan biaya jika ada.  Biaya yang sering muncul dalam proses pinjaman antara lain :

  • Biaya Administrasi : Biaya jasa yang dibebankan kepada pengguna pinjaman online ketika melakukan pinjaman online. Biaya administrasi sering digunakan  untuk kebutuhan perawatan / maintenance maupun wujud pengambilan keuntungan perusahan penyedia pinjaman online ini. 
  • Biaya Provisi :  Biaya yang dipangkas dari nominal biaya pinjaman dalam bentuk persentase. Hampir mirip dengan biaya administrasi.
  • Biaya Denda : Biaya yang muncul akibat keterlambatan pembayaran angsuran pinjaman online. Persentase perhitungan denda bisa dikenakan secara harian, mingguan maupun bulanan. Tergantung yang ditetapkan oleh perusahan penyedia jasa pinjaman onlinenya.  
  • Biaya Bunga : Merupakan besaran harga yang harus dibayar oleh nasabah pinjaman online kepada perusahaan pemberi pembiayaan untuk fasilitas yang diterima oleh nasabah dalam bentuk pinjaman atau kredit yang dinyataan dalam bentuk persentase.
  • Biaya Penalti : Potongan biaya yang muncul ketika kamu melakukan pelunasan cicilan yang dipercepat dari jatuh tempo.
  • Biaya Asuransi  : Biaya yang diambil sebagai jaminan apabila nantinya ketika dalam masa cicilan kamu mengalami permasalahan pembayaran cicilan. Pihak ketiga yakni perusahaan asuransi bisa membantu atau mem backup sesuai dengan kasus yang telah disepakati di dalam syarat dan ketentuan.

Potongan biaya - biaya tersebut nilainya bervariasi tergantung syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia pinjaman online. Harap perhatikan ini secara saksama.

3. Syarat Pengajuan yang Mudah

Teknologi pinjaman online diciptakan untuk mempermudah kehidupan di tengah - tengah masyrakat dengan kebutuhan yang semakin kompleks. Tentunya persyaratan pengajuan pinjamannya pun tidak serumit dengan pinjaman di bank konvensional.

Foto E-KTP, Foto KK, Foto Penghasilan / Slip Gaji, NPWP merupakan syarat yang umum sering dipakai perusahaan penyedia pinjaman online sebagai objek jaminan.

Namun jika suatu aplikasi pinjaman online sudah memberlakukan foto kartu kredit, foto kartu ATM secara bolak balik harap kamu waspada. Informasi nomor kartu yang tertera di kartu - kartu tersebut sangat sensitif dan bersifat rahasia. Sebab, nomor itu bisa dijadikan alat untuk validasi suatu transaksi pembayaran.

4. Informasi Aplikasi Pinjaman Online Jelas dan Mudah Dihubungi

Aplikasi Pinjaman Online yang baik memiliki aksesbilitas yang mudah dan transparan. Informasi situs resmi (website), email official, Kontak telepon perusahaan yang jelas maupun customer service secara real time harus bisa diakses sewaktu - waktu, kapanpun dimanapun kamu berada.

Keberadaan customer service yang handal dan memadai mempermudah para penggunannya jika sewaktu - waktu mengalami permasalah terkait dengan pendanaanya yang akan maupun sedang dijalaninya.

5. Suku Bunga Rendah dan Tidak Memberatkan

Tentu saja salah satu indikator anda memilih aplikasi pinjaman online ialah suku bunga yang ringan. Sehingga tidak memberatkan kemampuan bayar maupun kondisi finansial yang kamu miliki.

Suku bunga cicilan yang tinggi hanya akan menjadikan beban dikemudian hari jika kamu tidak sanggup melakukan pembayarn cicilan angsuran. Selain harus membayar bunga yang tidak wajar, ancaman dendapun sudah siap mengintaimu. Maka pertimbangkan ini baik - baik.

6. Memakai Aplikasi Pinjaman Online di Tunaiku

Tunaiku
merupakan salah satu produk Teknologi finansial (Fintech) yang menyediakan jasa pinjaman uang secara online tanpa agunan (KTA) atau jaminan. 

Aplikasi Pinjaman Online di Tunaiku
Aplikasi Pinjaman Online di Tunaiku

Tunaiku merupakan produk keuangan digital di bawah naungan PT. Bank Amar Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1911 dan berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. 

Bank ini dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. Karena sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014, sehingga dari sisi keamanan data nasabahnya terjamin.

Plafon pinjaman yang disediakan adalah mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta dengan masa pinjaman antara 6 bulan hingga 12 bulan. Kamu bisa melakukan simulasi jumlah Pinjaman dan Lama Cicilan melalui laman resmi Tunaiku https://tunaiku.com/.

Simulasi Perhitungan Pinjaman Online di Website Tunaiku.com
Simulasi Perhitungan Pinjaman Online di Website Tunaiku.com

Suku bunga cicilan yang ringan berkisar 3 - 4 % per bulannya, prosedur pengajuan secara online dan mudah, proses pencairan dana yang cepat, serta diawasinya produk keuangan ini oleh OJK, menjadikan Tunaiku bisa dijadikan pilihan tepat buat kamu yang ingin memperoleh pinjaman secara online tanpa takut perlu rasa khawatir privasimu menjadi terusik.

Yuk Download Tunaiku di playstore sekarang juga dan rasakan manfaatnya.

Share this

Add Comments

Koment yang baik yaaa
EmoticonEmoticon