Cara Kerja Dalam Sebuah Jasa Logistik

PalingMales.com - Salah satu jenis usaha yang tidak pernah kehilangan pamor ialah perusahaan penyedia jasa logistik. Ada banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang atau logistik yang representatif salah satunya ialah Sera Astra. Jenis pengiriman pun tidak hanya berkutat pada pengiriman lokal atau antar daerah di Indonesia saja, tetapi juga melayani pengiriman internasional atau ke luar negeri. Nah Anda tentu merasa heran bagaimana cara kerja sebuah perusahaan penyedia jasa pengiriman barang itu? Berikut ulasannya!

Bagaimana Cara Kerja Sebuah Jasa Logistik Serta Hal-hal yang Perlu Dilakukan?

Cara Kerja Dalam Sebuah Jasa Logistik
Photo : Ilustrasi Cara Kerja Dalam Sebuah Jasa Logistik

.

Perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa pengiriman barang haruslah memperhatikan betul keinginan dari konsumennya. Berikut adalah cara kerja sebuah perusahaan jasa logistik dalam melayani konsumen.

Pembayaran

Pembayaran sendiri bisa diukur dari berbagai cara mulai dari berat barang yang ingin Anda kirim serta dihitung berdasarkan jarak atau lokasi pengiriman barang yang akan Anda kirimkan. Semakin jauh lokasinya, maka akan semakin besar pula biaya yang akan dikenakan. Pengiriman yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penyedia jasa logistik seperti Sera Astra bisa melakukan sejumlah pengiriman dalam jumlah besar maupun kecil. Pengiriman tersebut tentu saja akan mempunyai jangka waktu yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi dimana barang itu akan dikirimkan. Semakin jauh dan terpencil lokasi, maka waktu yang diperlukan juga akan semakin lama. Normalnya, pengiriman barang partai kecil akan memakan waktu sekitar tiga hari sampai lima hari untuk sampai di tempat tujuan, akan tetapi jika lokasinya jauh, maka waktu yang diperlukan bisa lebih dari tujuh hari.

Pengiriman Barang

Tidak dapat dipungkiri jika ada berbagai masalah yang bisa timbul dalam suatu pengiriman barang misalnya pada transportasi yang dipakai, kurir, atau bahkan pada pusatnya dimana pengiriman tersebut bermula. Apabila terjadi demikian, maka sebagai konsumen Anda mempunyai hak untuk melakukan protes kepada layanan pelanggan atau customer service. Atau secara langsung Anda bisa mendatangi kantor cabang atau bahkan kantor pusat untuk menyampaikan keluhan Anda. Kebanyakan konsumen banyak yang mengeluh mengenai waktu menyangkut barang yang mereka kirimkan. Hal tersebut tentu saja bukan hanya kesalahan dari pusat tetapi bisa juga pada kurir yang bertugas mengirimkan barang pada daerah tujuan. Jika keterlambatan tersebut bersifat darurat, maka Anda bisa saja mendapatkan ganti rugi.

Pelayanan Konsumen

Konsumen merupakan elemen terpenting dari sebuah perusahaan, begitupun juga dengan perusahaan penyedia jasa logistik. Sebagai konsumen, Anda tentu saja berharap untuk mendapatkan pelayanan prima seperti yang Anda harapkan. Kepuasan konsumen tentu saja merupakan prioritas utama sebuah perusahaan jasa logistik dimana sangat bermanfaat untuk kelangsungan perusahaan ke depannya.

Kepuasan Konsumen Sebagai Sarana Promosi

Tidak perlu melakukan promosi yang masif, kepuasan konsumen bisa Anda jadikan sebagai sarana meningkatkan jumlah konsumen perusahaan jasa logistik. Pelayanan yang baik juga akan berdampak baik pula terhadap kualitas serta peningkatan jumlah konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang atau logistik. Jika satu konsumen sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka ia akan mengajak konsumen lain untuk menggunakan jasa logistik yang mereka sukai dan begitu juga seterusnya.

Dalam hal keamanan, sebuah perusahaan jasa logistik haruslah mampu menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pengiriman. Misalnya saja, ketika Anda ingin mengirimkan barang pecah belah, maka perusahaan haruslah memfasilitasi barang kiriman Anda supaya nanti tidak mengalami kerusakan, misalnya dengan menambahkan kertas atau wadah khusus. Pun ketika konsumen hendak mengirimkan komputer, perusahaan jasa logistik terbaik akan menyediakan peti kemas supaya komputer tersebut aman dan selamat sampai ke tempat tujuan tanpa ada kerusakan apapun.

Share this

Add Comments