6 Tips Memilih Nama Domain Website Yang Baik dan Tepat

PalingMales.com - Ketika anda memiiki suatu usaha dan anda ingin memperkenalkan usaha anda tersebut secara online, maka pastinya anda akan membutuhkan suatu alat promosi online berupa website. Dalam membuat suatu website makan ada dua komponen utama yang harus anda pikirkan secara matang yakni perihal hosting dan domain. Hosting berkaitan dengan tempat dimana anda akan menyewa tempat untuk file - file website anda. Sedangkan domain berhubungan dengan penamaan alamat website anda supaya bisa diakses secara online.

6 Tips Memilih Nama Domain Website Yang Baik dan Tepat
Photo : Tips Memilih Nama Domain Website Yang Baik dan Tepat

Dan yang akan kita bahas perihal nama Domain. Pemilihan nama domain alangkah baiknya dipikiran secara matang - matang. Karena nantinya ini akan berdampak dengan keberlangsungan branding dari produk - produk yang anda pasarkan melalui website yang anda kelola nantinya. Nah pada kesempatan kali ini PalingMales.com akan sharing beberapa hal yang wajib anda perhatikan dalam memilih nama domain untuk website yang anda kelola. Berikut ulasannya :

1. Sesuaikan Tujuan Anda Membuat Website

Tujuan anda membuat website menentukan pemilihan nama domain anda. Sebagai contoh :
  • Jika usaha yang anda kelola sudah berbadan hukum seperti CV atau PT kami sarankan nama domain merupakan Nama dari PT / CV yang anda tersebut. Sebagai contoh www.sariroti.com, www.facebook.com, www.tokopedia.com. Hal ini jelas ada kolerasinya dengan branding usaha / perusahaan yang anda kelola
  • Jika usaha yang anda kelola belum berbadan hukum sebagi contohnya anda merupakan distributor jam tangan pria atau berjualan kaos polos atau berjualan produk makanan hits. Anda bisa gunakan teknik keyword on domain. Sebagai contoh nama domain bisa anda pakai seperti www.kaospolosjogja.com, www.makaronihits.com, www.jamtangansemarang.com. Teknik ini bisa digunakan untuk menaikan ranking SEO terbaik website anda di search engine. Tentu didukung dengan faktor - faktor lainnya. 
  • Jika tujuan anda hanya untuk dijadikan website pribadi atau blog pribadi tempat berbagi sharing cerita keseharian anda. Maka anda bisa gunakan nama anda sendiri untuk penamaan domain sendiri. Sebagai contoh www.masbagus.com, www.catatanrio.com, www.adityanugroho.com.

2. Ekstensi Domain Wajib Top Level Domain (TLD)

Ekstensi domain adalah karakter huruf yang letaknya setelah titik terakhir dalam sebuah nama file. Sedangkan Top Level Domain adalah jenis ekstensi domain yang cukup baik dan profesional. Di Urutan pertama ialah ekstensi .com diurutan selanjutnya ialah .net dan .org. Mengapa harus menggunakan Top Level Domain? Jawabannya Mudah. Silahkan anda cek di daftar teratas di situs mesin pencari seperti Google. Hampir sebagian besar situs - situs berdomain .com berada di urutan halaman pertama pencarian. Lupakan soal domain gratisan. Banyak kasus domain gratis menjadi masalah di tahun - tahun berikutnya.

3. Nama Domain Mudah Dingat dan Mudah Dicuapkan

Pemilihan nama domain sebaiknya yang mudah dingat dan mudah juga untuk dieja atau diucapkan secara lesan. Nama domain yang bagus sebaiknya terdiri tidak lebih dari 3 suku kata. Sehingga jika pada suatu momment tertentu sesorang ingin tahu alamat website atau blog yang kita miliki secara misal secara lisan maka orang yang mendengar tidak membuat bingung serta mudah ditangkap.

4. Hindari Penggunaan angka untuk Nama Domain Anda

Penggunaan angka untuk nama domain sangat tidak direkomendasikan. Pengunjung blog atau website anda akan kesulitan tentunya untuk mengakses nama domain anda. Karena angka termasuk hal yang susah untuk diingat dan resiko misstype / salah ketik untuk angka sangatah besar. Semisal www.c0b4-c0b4.com. Mengganti huruf O dengan angka nol, dan huruf A dengan angka 4 memang terkesan unik. Tapi siapa yang bisa ingat dengan nama domain seperti itu?

5. Hindari Nama Domain Yang Berhubungan Dengan Merk Dagang Tertentu

Jangan sesekali menggunakan nama domain yang sudah digunakan untuk merk dagang tertentu karena itu bisa melanggar hak cipta. Mungkin jika ditegur oleh si owner nya tidak masalah ya, bagaimana jika anda bisa dituntut secara hukum. Apa tidak merepotkan kedepannya. Sebagai contoh karena anda suka belanja di Online E-Commerce seperti Lazada.co.id. Anda memilih menggunakan nama domain Lazadagrup.com untuk website anda untuk mempromosikan kembali belanjaan online anda. Saran saya hindari yang seperti ini ya gaess? Mungkin sekarang atau hari ini tidak ketahuan oleh pemilik brandnya, tapi kedepannya who knows lah ya. :)

6. Memilih Web Hosting Yang Handal dan Mumpuni

Dan tips yang terakhir adalah Mengunakan Web Hosting yang tepat dan mumpuni. Web hosting adalah suatu jasa atau fasilitator dimana kita bisa membeli menyewa nama domain yang kita inginkan untuk website kita.

Diluar sana banyak jasa Web Hosting terpercaya. Namun disini PalingMales.com merekomendasikan untuk menggunakan NiagaHoster.co.id

Mengapa Niagahoster? 

Domain PalingMales.com sendiri sudah mempercayakan kepada web hosting yang satu ini sekitar 3 Tahun hingga artikel ini terbit sebagai tempat untuk membeli domain. Harga Domain Murah pun bisa anda dapatkan di web hosting yang satu ini. Anda cukup menyiapkan dana sekitar RP. 100.000,- Hingga RP. 130.000,- saja maka anda sudah bisa memberikan nama domain untuk website yang anda kelola.

6 Tips Memilih Nama Domain Website Yang Baik dan Tepat
Photo : Web Hosting NiagaHoster

Keunggulan lainnya dari web hosting Niagahoster adalah Layanan Customer Support yang profesional bekerja 24 jam / 7 hari. Jika kita masih awam dengan dunia webiste hosting dan domain itu semua bukanlah suatu kendala. Niagahoster adalah tempatnya tenaga - tenaga ahli yang sudah sangat mahir dibidangnya. Segala macam kendala berhubungan dengan web hosting tentu akan dilayani dengan sepenuh hati dan profesional. Mereka cukup cepat dan responsive dalam menjawab permasalahan yang terjadi oleh para user atau clientnya

Promo - promo menarik seperti harga Domain Murah maupun potongan harga hosting tentu akan menghemat budget anda untuk mengonline website anda.. Dengan Kualitas server uptime 99.98% dijamin website yang anda kelola tidk akan down. Sehingga profit usaha anda bisa akan diperoleh secara maksimal.

Nah itu dia beberapa rekomandasi dari kami mengenai pemilihan nama domain yang tepat untuk keberlangsungan website anda. Semoga anda bisa segera menemukan nama domain yang sesuai dan cocok dengan tema website anda. Selamat mencari.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »