5 Tips Cermat Membeli dan memilih Sepeda Motor Bekas Second

PalingMales.com - Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang cukup familiar di Indonesia. Alat transportasi yang satu ini hampir di miliki oleh setiap kalangan masyarakat. Dala satu keluarga kecil misalnya yang terdiri dari satu orang sayah, satu orang ibu dan dua ornag anak biasanya minimal memiliki 2 buah kendaraan sepeda motor.

Beberapa produsen banyak bersaing untuk menarik pasar masyarakat dengan berbagai macam teknologi dan fitur dari sepeda motor itu sendiri. Namun khususnya bagi kalangan menengah, umumnya masyarakat lebih memilih untuk memiliki atau membeli sepeda motor bekas. Karena sepeda motor bekas / second dinilai cukup sesuai dengan kemampuan budget masyarakat kelas menengah.

5 Tips Cermat Membeli dan memilih Sepeda Motor Bekas Second
Cermat Membeli dan memilih Sepeda Motor Bekas Second

Memilih sepeda motor bekas tidak bisa sembarangan asal pilih. Diperlukan kejelian agar sepeda motor bekas pakai ini tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Berikut ulasan selengkapnya mengenai tips membeli dan memilih sepeda motor bekas :

1. Tentukan dulu Tujuan dan Beli Motor Seperti Apa

Hal pertama yang perlu anda ketahui ialah menentukan dahulu sepeda motor apa yang sebaiknya anda beli. Rekomendasi kami jika anda tinggal di wilayah perkotaan atau desa dimana memiliki dominasi kontur tanah yang flat motor jenis bebek atau matic. Sedangkan untuk jalur naik turun atau tingkat elevasinya tinggi seperti medan pegunungan motor berjenis sport biasa dikenal dengan motor cowok lebih prefer untuk digunakan.

2. Tentukan Tempat Dimana Akan Anda Beli Sepeda Motor

Sepeda motor bekas umumnya dijual oleh perseorangan. Namun ada juga yang melalui Dealer atau Shorum yang tidak hanya Jual Mobil Bekas Jakarta namun juga sepeda motor bekas.. Saran kami pilih dan carilah dealer yang sudah terkenal akan kredibilitasnya serta banyak memiliki konsumen atau pelanggan. Perhatikan pula harga pasaran agar anda tidak salah perhitungan dalam membeli sepeda motor.

3. Cek Kelengkapan Surat - Surat Kendaraan

Penting sekali untuk mengetahui bagiamana kelengkapan surat untuk kendaraan yang akan anda beli seperti STNK dan BPKB. Pastikan keaslian dari surat - surat tersebut. Pastikan kendaraan tidak dalam kasus hukum atau ada perjanjian hutang piutang dengan pihak ketiga seperti dijadikan jaminan di lembaga pembiayaan atau perbankan.

4. Cek Kelengkapan Fisik Sepeda Motor

Pengecekan fisik wajib hukumnya. Cocokkan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di dalam surat dengan yang tertera di mesin kendaraan sepeda motor. Ajak seorang teknisi yang paham tentang cara pengecekan fisik sepeda motor jika anda awam seputar mesin sepeda motor. Cek beberapa sparepart bagian penting seperti Pengereman, karburator / injeksi, rantai, Kelistrikan dan kelengkapan fisik sepeda motor pada umumnya. Pastikan jika kendaraan yang dijual tersebut dalam keadaan Normal dan siap pakai.

5. Saatnya Test Drive

Test drive untuk mengetahui kondisi mesin secara riil. Rasakan akselerasinya, tarikan dan pengeremanan. Jika dirasa ada yang janggal di bagian part mesin, langsung tanyakan kepada penjual apakah pernah terjadi trouble yang signifikan. Tanyakan hingga ke sparepart detail. Karena terkadang ada beberapa penjual atau oknum tertentu yang mereka Jual Motor Second Murah memiliki prinsip yakni tidak akan memberi tahu ke calon pembeli jika si pembeli tersebut tidak menanyakannya.

Memutuskan membeli motor bekas memang menjadi pilihan anda. Poin pentingnya adalah selalu jeli dan teliti agar mendapatkan motor yang diinginkan dengan harga murah namun tetap nyaman untuk digunakan kedepannya. Semoga beberapa tips yang kami share diatas dapat bermanfaat. Selamat berburu Motor Bekas.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »