Sensasi Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?

PalingMales.com - Kalau ngomongin masalah pariwisata di Kota Magelang pasti tak jauh dari yang Namanya Candi Borobudur dan objek Wisata pemandangan alamnya yakni Ketep Pass. Namun jika kita mau lebih "blusukan" sedikit, sebenarnya masih banyak spot wisata tersembunyi di Magelang khususnya untuk wisata airnya yang masih perlu di jelajahi pesonanya. Salah satunya ialah dengan kegiatan wisata air Tubing. 

Tubing sendiri merupakan suatu kegiatan dimana kita meluncur bebas di permukaan aliran air sungai yang berarus ringan hingga sedang menggunakan media karet ban dalam truk. Tubing juga bisa dikatakan sebagai rafting dengan skala kecil / mini rafting. Bagi anda khususnya para pecinta wahana air tak ada salahnya untuk menjajal salah satu spot tubing terbaik di Kota Magelang yang bernama Mangu River Tubing atau Tubing di Sungai / Kali Mangu. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya :
Sekilas Tentang Mangu River Tubing
Mangu River Tubing atau Tubing di Kali Mangu merupakan salah satu destinasi wisata air terbaru dan menantang di Kota Magelang. Lokasinya berada di Desa Senden, Kec. Mungkid, Kab Magelang yang berdiri sejak awal tahun 2017.

Kali Mangu sendiri yang mana merupakan arena tempat petualangan wisata air tubing ini merupakan salah satu sungai di Kabupaten Magelang yang aliran berhulu di Gunung Merbabu. Aliran airnya sendiri melewati beberapa wilayah seperti Kec. Sawangan dan Kec. Mungkid dan berakhir menyatu dengan aliran kali Elo. Mata airnya sendiri cukup terjaga belum tercemar dengan limbah - limbah pabrik karena sumber mata air nya berasal dari aliran - aliran sungai kecil maupun mata air murni yang muncul di sepanjang tebing kali Mangu. 

Mangu River Tubing sendiri dikelola secara mandiri oleh para pemuda dari Dusun Kempulan - Bangsan, Desa Senden. Lokasi start tempat memulai petualangan jeram ini berada di Dusun Sembungan, Desa Gondang sedangkan Finishnya berada di bawah Jembatan perbatasan desa Jetis dan Desa Senden.
Bagaimana Sensasinya?
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Wisatawan bersuka cita memacu adrenalin di aliran jeram Mangu River Tubing

Aliran air Sungai Mangu mempunyai karakter tenang hingga sedang sehingga pastinya aman untuk dilewati. Rute yang dilaluipun cukup bervariasi sehingga kita tidak akan merasa jenuh apalagi sampai terdengar kata bosan. Terdapat beberapa spot jeram yang tentunya dapat memacu adrenalin dan menantang untuk kita jajal. Rute pengarungan tubing ini sepanjang sepanjang 2 sampai dengan 3 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 Menit hingga 2 jam dengan kedalaman air bervariasi antara 0.5 - 3 meter.

Sensasi Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Menikmati seluncur jeram di salah satu spot di Mangu River Tubing, membuat wisatawan ketagihan untuk mencobanya kembali

Sobat semua juga akan di arahkan untuk merasakan sensasi 'Ular Tubing' yakni semua rombongan membentuk suatu barisan seperti ular dengan memegang kaki dari personil di depannya. Selain itu ditengah - tengah perjalanan, sobat juga akan di beri semacam "salam hangat" dari para pengelola Mangu River Tubing ini yakni ban milik sobat akan di balik kan sehingga akan tercebur ke dalam sungai. Dijamin ga bakal nyesel, kalau maen ke tempat tubing yang satu ini.
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Sensasi "Ular Tubing" salah satu yang dinantikan selama perjalanan mengarungi jeram Kali Mangu

Sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan hijau dan rindangnya susanan alam pedesaan seperti akar - akar pohon yang menggantung di beberapa spot sungai. Terdapat pula beberapa aliran air terjun kecil / mini waterfall yang berasal dari mata air yang keluar dari sepanjang tebing aliran sungai Mangu tentunya akan menambah suasana mengasyikan. Wisatawan juga akan dipandu melewati hijaunya terowongan pepohonan bambu. Bagi para pecinta photo selfie, dijamin akan banyak menemukan spot yang cukup ciamik untuk dijadikan latar belakang perjalanan petualangan tubing di sepanjang aliran Kali Mangu ini.

Tentu saja dengan pengalaman adventure yang begitu luar biasa diiringi riuhnya suara kicauan burung, ditambah keramahtamahan dan kearifan warga sekitar pedesaan, terlebih iringan anak - anak kecil berlari riang selama kita mengikuti jalur pengarungan tubing ini, membuat siapa saja akan merasa betah untuk terus mengeksplorasi pengalaman yang luar biasa di setiap sudut aliran Mangu River Tubing.
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Beberapa spot "mini waterfall" siap dijadikan background untuk mengabadikan setiap momen tubing di Kali Mangu

Selama perjalanan, para wisatawan akan dipandu oleh beberapa pemandu / local guide yang berjaga di setiap jeram maupun juga ikut menemani sepanjang menikmati wahana air ini. Karena di beberapa jeram yang dilewati cukup curam sehingga pemandu bisa langsung memberikan pengamanan pada wisatawan yang sedang menikmati derasnya air tersebut.
Bagaimana Fasilitas & Peralatan Keamanannya?
Tak perlu khawatir. Selama perjalanan mengarungi lika - liku derasnya aliran air sungai Mangu. Kita dibekali dengan baju pelampung / body protector dan helm khusus sebagai pelindung kepala dari batu - batuan sungai. Begitu pula dengan ban sebagai sarana kita buat mengarungi aliran air sungai juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga nyaman dan pastinya aman untuk dinaiki.
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Keamanaan dan keselamatan wisatawan adalah prioritas utama. Para guide selalu siap mengawal dan memandu perjalanan petualangan sobat selama berada di Mangu River Tubing

Untuk menuju spot lokasi awal tubing rekan - rekan dibawa menggunakan angkutan sejenis mobil bak terbuka atau pickup. Jadi untuk peralatan pribadi lainnya seperti tas, baju jaket, sandal, dompet, handphone bisa dititipkan di basecamp tubing terlebih dahulu.

Para guide lokal pun tentunya sudah profesional dan pastinya sudah berkoordinasi dengan beberapa orang di bagian hulu sungai, bilamana di bagian hulu terjadi banjir atau hujan lebat maka kegiatan tubing akan dihentikan atau di pending menunggu hingga kondisi aliran air dan cuaca membaik.
Udah Ga Sabar Buat Merasakan Sensasinya?
Tubing Kali Mangu, Wisata Tubing Terbaik di Magelang, Berani Mencoba?
Image : Melewati derasnya jeram Kali Mangu bersama bersama sahabat dan keluarga tercinta menjadi petualangan yang tiada duanya

Jika sobat sedang liburan di kawasan Magelang dan sekitarnya sangat direkomendasikan buat menikmati spot wahana air yang super murah meriah ini. Harga untuk menikmati permainan air Di Mangu River Tubing cukup terjangkau, pengelola hanya mematok harga Rp 25.000 per orang ketika weekend (Sabtu & Minggu) dan Rp. 20.000 per orang (Hari kerja Senin - Jumat) tanpa kudapan dan makan.

Disarankan melakukan konfirmasi terlebih dahulu / reservasi booking beberapa hari sebelum berwisata di Mangu River Tubing. Setidaknya dalam satu rombongan terdapat minimal 5 orang untuk dapat menikmati wisata air ini. Karena khususnya di Hari Weekend seperti Sabtu & Minggu akan sangat ramai. Untuk reservasi, booking, pemesanan atau tanya - tanya bisa menghubungi kontak person dibawah ini.
Informasi Reservasi Booking dan Kontak Person Pengelola
Lokasi Basecamp : Jl. Candimulyo Km 01, Dusun Kempulan, Desa Senden, Kec. Mungkid, Kab. Magelang.

Travel Map :


Keterangan :
Jika anda berada di Jl. Raya Jogja - Magelang silahkan menuju Perempatan Blabak. Masuk yang ke arah objek wisata ketep Pass. Sekitar 500 meter dari perempatan Blabak anda akan menemui Masjid Nursalim di sebelah kanan jalan dan menemui pertigaan Sanggrahan. Dari pertigaan Sanggrahan belok kiri ambil jalur ke Jl. Candimulyo. Jalan lurus sekitar 500 meter sebelah kanan jalan anda akan menemukan basecamp Mangu River Tubing. 
Tarif : Rp 30.000/Orang
Wisatawan : 1 Rombongan min. 5 Orang. 
Instagram @mangurivertubing
No. HP / WhatsApp : Aditya (085 601 506 030).

"Happy Nice Weekend and Dont forget to make your holiday Truly Memorable"

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »