7 Kuliner Makanan Khas Boyolali, Yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

PalingMales.com - Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah Timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Umumnya orang luar mengenal Boyolali sebagai kota penghasil susu sapi maupun kota pemasok daging sapi terbesar ke seluruh kota di Indonesia. Wajar jika berbagai macam olahan kuliner berbahan dasar susu sapi dapat dengan mudah kita jumpai di Boyolali.

Nah untuk semakin melengkapi khasanah wawasan kuliner anda, terlebih jika anda sedang berkunjung di Kabupaten Boyolali. PalingMales.com menghidangkan referensi beberapa sajian kuliner atau makanan khas dari kota tersebut. Pastinya akan rugi rasanya bilamana berkunjung ke sana tanpa menikmati sajian makanan khas atau jajanan kulinernya. Mau tau apa sajakah itu, berikut ulasan selengkapnya :
1. Susu Sapi Segar
Susu Segar Boyolali
Foto : Susu Segar Boyolali (kompasiana.com)
Sesuai dengan julukannya, jika berkunjung ke Boyolali maka tak lengkap rasanya bila kita tidak menikmati susu segarnya. Segar disini dalam artian susu murni alias masih mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Namun jangan kuatir, umumnya para penjual susu sapi di Boyolali pastinya akan menawarkan ke kita terlebih dahulu, mau minum susu sapi original maupun yang sudah dimasak / diolah.
2. Dodol Susu Sapi
Dodol Susu Sapi Boyolali
Foto: Dodol Susu Sapi Boyolali (kompasiana.com)
Kalau di Jawa Barat kita familiar dengan Dodol Garut. Kalau di Boyolali Dodol Susu merupakan buah tangan yang wajib anda gondol. Bahan dasar dodol sapi ni serupa dengan dodol di tempat lain yakni menggunakan tepung ketan dan gula. Namun karena campuran susu sapi segar di dalamnya membuat tektur dan kelezatan dodol susu ini membuat para penikmat kuliner ingin nambah dan nambah lagi. Kuliner ini bisa dengan mudah kita jumpai di kawasan sekitar agrowisata alam Selo. Umumnya untuk 1 box kotak berisi 8 - 10 dodol susu kita hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7000,- sampai dengan Rp. 10.000,-
3. Jenang Pecel
Jenang Pecel Boyolali
Foto : Jenang Pecel Boyolali (kabarkuliner.com)
Pecel umumnya terdiri dari sayuran rebus yang diatasnya disiram dengan kuah kacang kemudian disajikan dengan nasi putih. Di Boyolali kita akan bisa menemukan kuliner yang sama namun disajikan dengan jenang putih (bubur sumsum). Pedas gurihnya sambal kacang ditambah segarnya sayuran rebus, dipadukan dengan tektur lembut dari bumbur sumsum maka akan tercipta rasa unik, mengenyangkan dan pastinya menyehatkan bagi siapa saya yang menikmatinya.
4. Nasi Tumpang Sambel Lethok
Nasi Tumpang Sambel Lethok Boyolali
Foto : Nasi Tumpang Boyolali (citizen6.liputan6.com)
Disebut nasi tumpang karena dalam penyajiannya dilakukan dengan cara meletakkan sambal Lethok diletakkan dan dicampurkan diatas nasi. Umumnya kuliner ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu dengan santan hingga matang. Cita rasa dan aroma tempe busuk inilah yang nantinya menjadi cita rasa tersendiri. 

Bumbu - bumbu ini biasanya akan dipadukan dengan sayuran segar sehingga kandungan gizi dari kuliner yang satu ini cukup baik dan sudah pasti menyehatkan. Terlebih jika disajikan menggunakan alas daun pisang maka akan menambah kenikmatan tersendiri bagi siapa saja yang memakannya. Soal harga dijamin tidak akan membuat kantong anda mengempis, karena hanya dengan menyiapkan kurang lebih antara Rp. 5000 - Rp. 10.000 per porsinya, kita sudah bisa membuat lidah anda merasakan gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini.
5. Aneka Soto
Soto Mbok Giyem Boyolali
Foto : Soto Mbok Giyem Boyolali (diahdidi.com)
Di musim hujan yang dingin memang paling nikmat menikmati sajian yang segar dan membuat keringat kita berucucuran. Iya Soto Boyolali, di tempat ini ada bisa menemukan berbagai aneka soto. Bagi yang tinggal di Boyolali mungkin sudah tak asing lagi dengan warung Soto Mbok Giyem, Soto Ndelik, maupun Soto Rumput. Masalah harga tak perlu kawatir cukup sisihkan uang Rp. 7.000 - Rp. 15.000 anda sudah bisa membuat kening anda mengeluarkan keringat tanpa henti, ditambah pula dengan sajian pelengkapnya seperti sate telur puyuh, tahu tempe bacem maupun krupuk rambak.
6. Iga Sapi Bakar
Iga Sapi Bakar Boyolali
Foto : Iga Sapi Bakar Boyolali (wisatasoloraya.com)
Kalau kuliner yang satu memang cocok sekali dengan kearifan budaya lokal di Boyolali. Namanya Iga Bakar Sapi. Kuliner berbahan dasar daging sapi ini disajikan dnegan cara diberi bumbu - bumbu rempah yang menggoda kemudian baru di bakar menggunakan api kecil. Perpaduan rasa daging yang empuk dan lezat gurihnya bumbu tradisional yang meresap, membuat siapapun ingin menghabiskan kuliner yang stau ini hingga ke tulang - tulangnya. Kuliner iga sapi bakar ini bisa kita jumpai di kawasan Jl. Merapi, kecamatan Boyolali. Mau Mencoba?
7. Abon Lele
Abon Lele Boyolali
Foto : Abon Lele Boyolali (pasarikan.net)
Di salah satu kampung di kecamatan Sawit, Boyolali terdapat sentra pengolahan ikan lele. Dan abon lele menjadi salah satu hasil olahan dari tempat tersebut. Rasa abon yang gurih terlebih berbahan dasar ikan lele yang jarang kita jumpai di tempat lain akan menjadi cita rasa tersendiri dalam menemani sajian makan utama Anda. Selain Abon lele, buah tangan kuliner seperti kripik berbahan dasar ikan lelepun bisa anda dapatkan di tempat tersebut.

Nah itulah beberapa referensi kuliner makanan khas dari Kabupaten Boyolali yang bisa. Jika anda sedang berkunjung di Boyolali sempatkan untuk mehadirkan salah satu kuliner ditas sebagai menu makan anda. Tak lupa siapkan dana yang cukup supaya anda tidak menyesal bilamana hanya bisa membawa sedikit buah tangan dari sana. Sekian dan selamat berburu kuliner di Boyolali. . . ..

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »