7 Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan Ginjal

PalingMales.com - Salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pemompa, penyerap dan penyaring kotoran khususnya kadar urea dalam darah adalah Ginjal. Semua kotoran yang disaring tersebut nantinya yang akan dibuang melalui saluran kencing dan menjadi urin. Batu ginjal sendiri merupakan salah satu kelainan yang sering terjadi pada organ yang satu ini. Batu ginjal dapat berkembang karena mineral yang berlebihan terakumulasi dalam tubuh sehingga membentuk suatu endapan dalam saluran ginjal.

Kita pastinya sudah sering mendengar istilah mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Sebelum penyakit pada ginjal terjadi, ada baiknya kita tanggulangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran. Beberapa sayuran berikut ini dipercaya mampu menjaga kinerja ginjal anda tetap sehat sehingga tetap berfungsi sebagai mana mestinya. Dan berikut ulasan selengkapnya :

7 Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan Ginjal
1. Bawang
Kandungan pada bawang memiliki senyawa antioksidan utama untuk membantu mengurangi radang ginjal. Bawang putih juga dapat mengurangi kadar kolesterol, sedangkan bawang merah dapat membantu dalam mengurangi kekentalan darah, sehingga dapat mencegah kristalisasi dan pertumbuhan batu ginjal.
2. Bunga Kol
Tingginya kandungan serat pada sayuran ini sangat direkomendasikan untuk anda onsumsi. Bunga kol sangat baik untuk mengurangi peradangan dan oksidasi demi mengoptimalkan fungsi ginjal.
3. Kubis
Bagi anda yang menderita penyakit ginjal, sayuran kubis adalah solusinya. Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C dan juga tinggi serat. Selain itu, sayuran ini juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
4. Wortel
Selain kandungan vitamin A nya untuk kesehatan mata anda, wortel juga membantu Anda untuk mengontrol diabetes yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Orang dengan penyakit ginjal kronis disarankan untuk makan wortel secara teratur. Wortel adalah salah satu sayuran yang dapat mengurangi hipertensi.
5. Lobak
Lobak atau rebung sangat bergizi dan rendah kalori. Lobak juga membantu untuk membersihkan racun yang terakumulasi dalam ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal.
6. Biji Labu
Biji labu kaya akan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral. Biji labu mempromosikan kesehatan fungsi ginjal dan dapat mengurangi risiko batu ginjal.
7. Buncis
Kontribusi sayuran buncis terhadap batu ginjal juga sangat luar biasa. Buncis mengandung serat yang tinggi dan rendah kolesterol. Selain meningkatkan kesehatan jantung, kandungan buncis juga akan membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Itulah beberapa macam sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda apabila dikonsumsi secara teratur. Selain makan sayuran, ada baiknya juga ditambah dengan aktivitas berolahraga. Karena cairan keringat yang keluar dari aktivitas olahraga juga membantu kinerja ginjal supaya tidak dua kali kerja membersihkan racun di dalam darah dan tubuh anda. Sekian yang bisa PalingMales.com share pada kesempatan kali ini. Keep Healthy and Keep Sporty.

Artikel Terkait ' '

Previous
Next Post »