Keseleo Saat Olahraga? Lakukan 4 Hal Berikut Ini

PalingMales.com - Ketika sedang asik - asiknya membakar kalori dengan olahraga jogging, tiba - tiba anda merasakan hal yang tidak wajar pada kaki anda. Tiba - tiba kaki anda menjadi kaku dan mengalami sedikit bengkak, agak sakit jika disentuh atau digerakkan. Akhirnya anda hanya bisa terduduk lemas dna aktivitas olahragpun menjadi terhenti. Kalau itu yang terjadi maka anda mengalami yang namanya keseleo. Ketika keseleo seseorang biasanya langsung berpikiran untuk dilakukan pemijatan untuk mengobati keseleonya, lalu apakah tindakan seperti ini dibenarkan?

Keseleo atau terkilir paling sering terjadi pada pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan ruas jari. Gejala yang sering muncul adalah nyeri, bengkak, kulit tampak kemerahan, dan tentunya akan mengganggu fungsi bagian yang terkena. Lalu apa perlu dipijat? dalam dunia medis tentu memijat tidak dianjurkan karena pada saat terjadi trauma pada otot, ligament maupun tendon justru saat dengan melakukan pengurutan hanya akan memperberat kondisi trauma dan proses peradangan yang terjadi. Lalu bagaimana seharusnya jika terjadi keseleo?

Lakukan 4 Macam hal ini jika Anda Mengalami Keseleo Saat Berolahraga

Penganganan untuk keseleo sebenarnya mudah dan sederhana, dalam dunia medis dikenal dengan teknik RICE. Rice disini bukan berarti nasi atau makanan. Biar tidak salah paham berikut ulasan selengkapnya :

1. R - Rest / Istirahat. 

Berisitirahtlah sejenak jika keseleo terjadi pada diri anda. Biarkan otot - otot ligamen beristirahat diiukuti dengan gerakan meluruskan kaki anda.

2. I = Ice / Es. 

Kompress bagian yang cidera dengan ice. Ingat bukan air hangat melainkan Air Es. Pemberian kompres es bertujuan untuk menyempitkan pembuluh darah yg melebar sehingga mengurangi bengkak. Lakukanlah kompres dingin ini 1-2 kali perhari selama kurang lebih 20 menit tidak lebih. Karena jika terlalu lama juga akan mengganggu aliran darah.

3. C = Compression / Penekanan. 

Tekan area yang mengalami keseleo menggunakan sejenis kantong kain berisi es mengurangi pembengkakan. Atau bisa menggunakan perban elastis sejenis peran untuk pembebatan untuk menekan area keseleo. Dalam pembebatan menggunakan perban, usahakan jangan terlalu erat agar aliran darah tidak terganggu yang justru dapat menghambat proses penyembuhan.

4. E = Elevation / Pengangkatan.  

Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari anatomi jantung. Sebagai contoh jika pergelangan kaki anda yang cedera maka bagian tersebut dapat diganjal dengan bantal setinggi diatas jantung untuk mengurangi proses pembengkakan.

Setelah proses diatas dilakukan maka kita tinggal menunggu selama 3 - 5 hari nantinya bengkak akan berkurang sendiri. Namun jika penangan diatas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, segera untuk konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mungkin itu bisa saya share terkait dengan penganganan keseleo secara medis. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait ' '

First